Nancy Pelosi Nekat Kunjungi Taiwan, Tiongkok Langsung Panggil Dubes AS
Dunia

Sebelummya, Pelosi terbang dengan jet penumpang Angkatan Udara AS dan disambut di landasan di bandara internasional Taipei oleh Menteri Luar Negeri Taiwan pada Selasa (2/8) malam.

WowKeren - Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi akhirnya mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8) malam. Kunjungan Pelosi tersebut menuai reaksi keras dari Tiongkok yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya sendiri.

Tiongkok bahkan memanggil Duta Besar AS di Beijing untuk menegurnya terkait kunjungan Pelosi ke Taiwan. Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Xie Feng menyuarakan "protes keras" atas kunjungan Pelosi.

"Langkah ini sangat mengerikan dan konsekuensinya sangat serius," kata Xie, dikutip dari kantor berita Xinhua. "Tiongkok tidak akan tinggal diam."

Sebagai informasi, Pelosi merupakan pejabat AS dengan profil tertinggi yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun terakhir. Namun hal ini menimbulkan ketegangan antara Tiongkok dan AS, dengan Beijing menganggap kunjungan tersebut sebagai provokasi besar.


Xie mengatakan Amerika Serikat "akan membayar harga untuk kesalahannya sendiri". Ia juga mendesak Washington untuk "segera mengatasi kesalahannya, mengambil langkah-langkah praktis untuk membatalkan efek buruk yang disebabkan oleh kunjungan Pelosi ke Taiwan".

Militer Tiongkok mengatakan pihaknya berada dalam "siaga tinggi" dan akan meluncurkan serangkaian aksi militer yang ditargetkan sebagai tanggapan atas kunjungan tersebut. Mereka bahkan mengumumkan rencana untuk serangkaian latihan militer di perairan sekitar Taiwan yang akan dimulai Rabu (3/8) hari ini.

"Taiwan adalah Taiwan-nya Tiongkok, dan Taiwan pada akhirnya akan kembali ke pelukan ibu pertiwi. Orang-orang China tidak takut pada hantu, tekanan, dan kejahatan," ujar Xie kepada Burns.

Di sisi lain, pemerintahan Presiden Joe Biden sebenarnya disebut menentang kunjungan Pelosi di Taiwan. Meski begitu, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan bahwa Pelosi berhak pergi ke mana pun dia mau.

Sebelummya, Pelosi terbang dengan jet penumpang Angkatan Udara AS dan disambut di landasan di bandara internasional Taipei oleh Menteri Luar Negeri Taiwan. sejumlah pejabat Taiwan dan Amerika lain turut menyambut kedatangan Pelosi.

(wk/Bert)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait