Rudal Tiongkok Diyakini Mendarat di ZEE Jepang, Korea Selatan Sampai Batalkan Penerbangan ke Taiwan
Dunia

Jepang sendiri telah menyatakan keprihatinannya yang mendalam tentang latihan militer Tiongkok di lokasi dekat Taiwan, mengatakan bahwa daerah tersebut tumpang tindih dengan ZEE.

WowKeren - Rudal balistik yang ditembakkan oleh Tiongkok diyakini telah mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang untuk pertama kalinya. Hal itu sebagaimana dilaporkan oleh menteri pertahanan Tokyo Nobuo Kishi pada Kamis (4/8), ketika Tiongkok mengadakan latihan militer besar-besaran di perairan sekitar Taiwan.

Kishi menyebut masalah itu sebagai persoalan yang serius bagi Jepang. Oleh sebab itu, Negeri Sakura telah mengajukan protes kepada Tiongkok melalui saluran diplomatik.

Bagian dari wilayah pulau paling selatan Jepang Okinawa dekat dengan Taiwan. Kishi mengatakan itu adalah pertama kalinya rudal balistik Tiongkok mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

ZEE membentang hingga 200 mil laut dari garis pantai Jepang, di luar batas perairan teritorialnya. Angka sembilan rudal yang ditembakkan merupakan penilaian pihak Jepang, kata Kishi.


Sementara itu, aksi unjuk gigi Tiongkok dipicu oleh kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan meskipun ada peringatan keras dari Beijing. Rudal-rudal itu jatuh di area pelatihan yang ditunjuk oleh Tiongkok, yang terletak di barat daya Pulau Hateruma di prefektur selatan Okinawa. Jepang mendesak Beijing untuk segera menghentikan latihan militer tersebut.

"Ini adalah masalah serius yang menyangkut nasional negara kita," kata Kishi yang menambahkan bahwa aksi tersebut dapat mempengaruhi keamanan dan keselamatan warga Jepang.

Jepang sendiri telah menyatakan keprihatinannya yang mendalam tentang latihan militer Tiongkok di lokasi dekat Taiwan dari Kamis hingga Minggu, dengan mengatakan bahwa daerah tersebut tumpang tindih dengan ZEE.

Latihan militer ini juga membuat tetangga yang lain, Korea Selatan, resah. Korean Air Lines Korea Selatan dan Asiana Airlines membatalkan penerbangan ke Taiwan selama satu atau dua hari karena latihan militer Tiongkok di daerah tersebut, sebagaimana media lokal melaporkan pada Kamis.

Kantor berita News 1 dan media berita lainnya melaporkan jika Korean Air membatalkan penerbangan antara Incheon dan Taiwan pada hari Jumat dan Sabtu, sementara Asiana Airlines membatalkan penerbangan langsung hari Jumat ke Taiwan dan akan memantau situasinya.

(wk/zodi)


You can share this post!

Related Posts