Ribuan Umat Muslim di Thailand Berkumpul Protes Pembangunan Patung Dewi Kuan Im
Dunia

Patung Dewi Kuan Im terbesar di dunia rencananya akan dibangun di gunung Khao Lon, Thailand. Namun pembangunan itu mendapat protes dari 4 ribu lebih umat Muslim yang merupakan penduduk di sekitar kawasan tersebut.

WowKeren - Setidaknya ada 4 ribu lebih umat Muslim thailand yang berkumpul untuk memprotes pembangunan patung Kuan Yin (Kuan Im) terbesar di dunia. Patung itu dibangun di gunung Khao Lon di provinsi Songkhla, Thailand selatan.

Presiden Komite Islam Provinsi Songkhla, Sakkriya Bilsal bersama seorang imam dari setiap masjid di provinsi tersebut termasuk di antara mereka yang menentang pembangunan patung dewi Tiongkok setinggi 200 meter di gunung. Di mana wilayah itu dikelilingi oleh komunitas Muslim.

Kuan Yin (juga ditulis Guanyin atau Kuan Im) adalah "Dewi Belas Kasihan dan Welas Asih" Tiongkok. Ia adalah bodhisattva populer yang dipuja oleh umat Buddha di Tiongkok, Tibet, Jepang, Korea, Thailand, Vietnam, dan beberapa gerakan Buddhis Barat.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan "Warga Jana-Thepa Tidak Menyambut TPIPP". Muslim setempat percaya bahwa pembangunan patung itu “tidak dibangun dengan iman” karena investasi modal yang besar dalam proyek oleh TPIPP.


TPI Polene Power Plc adalah operator pembangkit listrik limbah-ke-energi yang berencana membangun patung dan kawasan industri kontroversial di distrik Chana. Muslim Songkhla juga memprotes pembangunan patung raksasa Kuan Yin pada bulan April. Seorang imam setempat menjelaskan alasan perlawanan.

"Anda mungkin memiliki hak untuk membangun apa pun di tanah Anda, tetapi kami ingin Anda memikirkan rencananya… bagaimana hidup berdampingan dengan komunitas Muslim," ujar imam tersebut, melansir The Thaiger.

Bagi umat Buddha Thailand, kehadiran infrastruktur dan karya seni dari berbagai agama di satu tempat adalah hal biasa. Karya seni dewa agama juga memainkan peran besar dalam agama populer Thailand, seperti yang dicontohkan di setiap kuil Buddha di negara ini.

Namun, agama Ibrahim seperti Kristen dan Islam menekankan pentingnya menyembah hanya satu Tuhan. Anikonisme adalah prinsip utama Islam, yang merupakan penghindaran penggambaran Tuhan dalam karya seni keagamaan. Islam tidak mengizinkan penyembahan berhala, yaitu menyembah objek fisik seolah-olah itu adalah Tuhan. Jadi, tidak mengherankan bahwa konsep patung dewi Cina setinggi 200 meter di kota Islam itu membuat marah Muslim monoteistik setempat.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts