Kabar Gembira, Hong Kong Sunat Masa Karantina Hotel Jadi 3 Hari Untuk Para Pendatang
Unsplash/Chapman Chow
Dunia
Pandemi Virus Corona

Sebagai informasi, perbatasan Hong Kong hampir sepenuhnya disegel sejak 2020 karena pandemi COVID-19. Kedatangan internasional yang memasuki Hong Kong harus menjalani karantina dan testing yang ketat.

WowKeren - Pemerintah Hong Kong mengumumkan keputusannya untuk menyunat masa karantina hotel bagi semua kedatangan dari tujuh hari menjadi tiga hari pada Senin (8/8). Ini merupakan langkah terbaru Hong Kong dalam melonggarkan pembatasan pandemi COVID-19 yang ketat secara bertahap.

Menurut pemimpin Hong Kong, John Lee, masa karantina yang lebih singkat ini akan berlaku efektif mulai Jumat (12/8). Para pelancong yang masuk ke Hong Kong perlu memantau dirinya sendiri selama empat hari pasca karantina hotel, di mana mereka masih akan dilarang memasuki tempat seperti restoran dan bar.

"Kita perlu menyeimbangkan antara mata pencaharian masyarakat dan daya saing Hong Kong untuk memberikan momentum maksimal dan vitalitas ekonomi kepada masyarakat," papar Lee dalam konferensi pers.

Nantinya, orang yang masih menjalani masa karantina akan diberi kode merah pada aplikasi yang diamantkan pemerintah. Setelah selesai karantina, kode tersebut akan berganti menjadi kuning yang menandakan mereka masih tidak boleh memasuki tempat ramai.


Sebagai informasi, perbatasan Hong Kong hampir sepenuhnya disegel sejak 2020 karena pandemi COVID-19. Kedatangan internasional yang memasuki Hong Kong harus menjalani karantina dan testing yang ketat.

Sebelumnya, Hong Kong mengharuskan semua orang yang masuk ke wilayahnya untuk dikarantina selama tiga minggu. Namun saat ini, mereka hanya perlu menjalani setidaknya satu minggu karantina hotel, mematuhi perintah pengujian yang sering dilakukan, memberikan sampel tinja untuk bayi, hingga mengisi berbagai formulir.

Namun hanya ada segelintir hotel tertentu yang bisa digunakan sebagai tempat karantina para pendatang. Tarif kamar untuk karantina hotel biasanya mahal dan harus dipesan berbulan-bulan sebelumnya.

Pembayaran dilakukan di muka dan pengembalian uang tidak diizinkan kecuali ada perubahan kebijakan pemerintah atau pembatalan penerbangan. Para eksekutif bisnis mengungkapkan bahwa pembatasan ketat terkait pandemi COVID-19 itu membuat daya saing Hong Kong terhantam. Mereka berharap Lee membatalkan aturan karantina bagi para pendatang.

Lee yang menjabat sebagai pemimpin Hong Kong sejak 1 Juli 2022 itu telah berjanji untuk menghubungkan kembali Hong Kong dengan daratan dan seluruh dunia. Acara Rugby Sevens internasional yang populer di Hong Kong bahkan akan kembali digelar untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun pada tanggal 4-6 November 2022 mendatang.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts