Di Lesotho Afrika, Orang-Orang Asyik Main Ski Saat Eropa Berkutat dengan Suhu Panas Ekstrem
Dunia

Fenomena ini bukan bagian dari dampak perubahan iklim melainkan anomali yang menarik di Lesotho, sebuah kerajaan kecil yang sepenuhnya dikelilingi oleh Afrika Selatan.

WowKeren - Suhu panas yang melanda Eropa telah menjadi perhatian selama beberapa waktu terakhir. Bahkan Prancis telah mengaktifkan gugus tugas krisis untuk mengkoordinir upaya mengurangi dampak kekeringan yang diperburuk dengan gelombang panas yang ekstrem.

Namun, ketika jutaan orang di negara-negara Eropa berkutat dengan suhu panas yang memecahkan rekor, orang-orang di Lesotho justru asyik bermain ski. Lesotho merupakan sebuah kerajaan pegunungan kecil yang wilayahnya sepenuhnya dikelilingi oleh Afrika Selatan.

Fenomena ini bukan bagian dari dampak perubahan iklim melainkan anomali yang menarik di Lesotho. Lesotho diklaim sebagai satu-satunya negara di Bumi di mana setiap inci wilayahnya berada lebih dari 1.000 meter (3.280 kaki) di atas permukaan laut. Kondisi semacam itu memberikan Lesotho salju di musim dingin di belahan bumi selatan.

Meski musim dingin tidak jarang terjadi di Afrika selatan, salju dan resor ski lebih jarang. Pada ketinggian 3.000 meter (9.842 kaki), Afriski di Pegunungan Maluti Lesotho adalah satu-satunya resor ski yang beroperasi di selatan khatulistiwa Afrika.


Kafi Mojapelo seorang warga yang telah melakukan perjalanan jarak pendek dari Afrika Selatan untuk menikmati liburan ski, mengatakan bahwa itu adalah liburan yang luar biasa. "Saya belum pernah melihat salju dalam hidup saya. Jadi, ini adalah pengalaman yang luar biasa," ujarnya.

Kegembiraan lain juga dirasakan oleh Bafana Nadida, yang berasal dari kotapraja Soweto yang luas di Johannesburg. Dia mengaku senang bisa mengenakan sepatu ski untuk pertama kalinya.

Banyak pemula yang datang untuk menikmati salju, dengan Hope Ramokotjo, yang berasal dari Lesotho, akan memberikan petunjuknya. Dia telah bekerja sebagai instruktur ski dan snowboard otodidak selama 12 tahun dan bertugas memandu para pemain ski yang belum berpengalaman untuk meluncur di atas salju.

Taman Salju Kapoko Afriski adalah satu-satunya taman salju gaya bebas di benua itu. Pesaing berbaris bulan lalu untuk kompetisi snowboard dan ski tahunan Winter Whip Slopestyle.

(wk/zodi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait