Google Minta Maaf Usai Sempat   Down, Ini Biang Keroknya
Unsplash/Pawel Czerwinski
Tekno

Situs pelacakan gangguan realtime Downdetector.com juga menyatakan bahwa Google telah kembali aktif usai sempat mengalami gangguan global singkat pada Selasa (9/8).

WowKeren - Para pengguna sempat mengeluhkan gangguan pada mesin pencarian Google pada Selasa (9/8) pagi ini. Pihak Google sendiri telah meminta maaf atas pemadaman internasional besar-besaran yang dialami pengguna tersebut.

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa tim telah "bekerja cepat" untuk mengatasi kesalahan dan layanan sudah kembali berjalan seperti biasa. Dijelaskan bahwa gangguan itu disebabkan oleh masalah pembaruan perangkat lunak.

"Kami mengetahui masalah pembaruan perangkat lunak yang terjadi sore ini Waktu Pasifik dan secara singkat mempengaruhi ketersediaan pencarian Google dan Maps," demikian penjelasan pihak Google. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami bekerja untuk mengatasi masalah ini dengan cepat dan layanan kami sekarang kembali online."

Situs pelacakan gangguan realtime Downdetector.com juga menyatakan bahwa Google telah kembali aktif usai sempat mengalami gangguan global singkat. Menurut situs tersebut, laporan pemadaman turun menjadi kurang dari 500 kasus di Amerika Serikat.


Pada puncak pemadaman, lebih dari 30.000 laporan pengguna telah mengindikasikan masalah dengan Google di Amerika Serikat saja. Hampir 5.900 pengguna melaporkan masalah di Jepang. Layanan Google juga dilaporkan sempat down di Kanada dan Australia.

Sementara itu, perusahaan intelijen jaringan ThousandEyes Inc melaporkan pemadaman Google mempengaruhi setidaknya 1.338 server secara global di lebih dari 40 negara. Termasuk Amerika Serikat, Australia, Afrika Selatan, Kenya, Israel, sebagian Amerika Selatan, Eropa dan Asia termasuk Tiongkok serta Jepang.

Pengguna yang mencoba menggunakan mesin pencarian itu akan menemui kesalahan 502 atau 500. "Server mengalami kesalahan sementara dan tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda," demikian tulisan di laman error Google tersebut.

Gangguan mesin pencari Google ini semapt ramai dibicarakan oleh warganet di Twitter. Kata kunci "Google" bahkan masuk dalam jajaran trending topic Twitter Indonesia pada Selasa pagi ini.

Sejumlah warganet "bermigrasi" ke Twitter untuk memastikan apakah Google benar-benar mengalami gangguan. Beberapa mengaku terpaksa menggunakan mesin pencari alternatif seperti Bing dan DuckDuckGo kala Google tak bisa dipakai.

(wk/Bert)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait