London Tawarkan Booster Vaksin Polio ke Anak-Anak Usai Banyak Virus Terdeteksi di Selokan Kota
AP/Fareed Khan
Dunia

Polio merupakan infeksi yang disebarkan melalui batuk dan bersin, yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Infeksi ini terutama mempengaruhi anak-anak di bawah usia lima tahun.

WowKeren - Pemerintah London telah menawarkan booster vaksin polio untuk anak-anak yang berusia antara satu sampai sembilan tahun. Tawaran itu muncul ketika semakin banyak virus polio ditemukan di selokan kota.

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris pada Rabu (10/8) memperingatkan bahwa ada beberapa penularan virus tersebut setelah mendeteksi virus polio dalam limbah di Barnet, Brent, Camden, Enfield, Hackney, Haringey, Islington dan Waltham Forest. Namun belum ada kasus yang benar-benar dikonfirmasi sejauh ini.

Polio merupakan infeksi yang disebarkan melalui batuk dan bersin, yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Infeksi ini terutama mempengaruhi anak-anak di bawah usia lima tahun. Secara keseluruhan risikonya dianggap rendah karena kebanyakan orang dilindungi oleh vaksin, sebagaimana dikatakan Dr. Vanessa Saliba, konsultan epidemiologi di Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

"Tidak ada kasus polio yang dilaporkan dan untuk sebagian besar populasi, yang divaksinasi lengkap, risikonya rendah," ujarnya. "Tapi kita tahu daerah di London di mana virus polio ditularkan memiliki beberapa tingkat vaksinasi terendah."


Saliba menambahkan, "Inilah mengapa virus menyebar di komunitas ini dan menempatkan penduduk yang tidak divaksinasi sepenuhnya pada risiko yang lebih besar."

"Semua anak berusia 1 hingga 9 tahun di London perlu mendapat dosis vaksin polio entah itu dosis tambahan atau hanya untuk mengejar vaksinasi rutin mereka," kata Saliba. "Ini akan memastikan perlindungan tingkat tinggi dari kelumpuhan. Ini juga dapat membantu menghentikan penyebaran virus lebih lanjut."

Pada Rabu (10/8), Walikota London Sadiq Khan mendesak agar semua anak di bahwa usia 10 tahun mendapatkan vaksin booster.

Pejabat kesehatan Inggris mengumumkan insiden nasional pada bulan Juni setelah jejak virus ditemukan di air limbah London selama pemeliharaan rutin di Beckton Sewage Treatment Works. Meski virus telah diberantas di sebagian besar dunia karena vaksinasi masa kanak-kanak, polio masih ditemukan di Afghanistan, Nigeria dan Pakistan.

Kasus polio liar terakhir yang dikonfirmasi di Inggris adalah pada tahun 1984. Negara itu dinyatakan bebas polio pada tahun 2003.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait