Usai Kunjungan Nancy Pelosi, Kini Anggota Parlemen AS 'Berbondong-bondong' Pergi ke Taiwan
AP/Taiwan Ministry of Foreig
Dunia

Hampir dua minggu setelah kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, delegasi anggota parlemen Amerika juga mengunjungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi telah mengunjungi Taiwan. Hal ini lantas membuat hubungan antara AS dengan Tiongkok semakin memanas, bahkan negara yang dipimpin oleh Xi Jinping itu telah memutuskan kontak vital.

Meski begitu, hal tersebut rupanya tidak membuat AS gentar. Hal ini terlihat dari kunjungan delegasi anggota parlemen AS ke Taiwan, beberapa hari setelah Pelosi.

Melansir The Associated Press, Delegasi anggota parlemen Amerika tiba di Taiwan pada Minggu (14/8). Delegasi yang beranggotakan lima orang itu diketahui dipimpin oleh Senator Demokrat Ed Markey dari Massachusetts.

Para delagasi anggota parlemen Amerika itu disebut akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan pejabat lainnya, serta anggota sektor swasta, untuk membahas kepentingan bersama termasuk mengurangi ketegangan di Selat Taiwan dan investasi di semikonduktor.


Sementara itu, penyiar Taiwan menunjukkan sebuah video pesawat pemerintah AS yang mendarat sekitar pukul 7 malam waktu setempat, Minggu (14/8), di Bandara Songshan di Taipei, ibukota Taiwan. Dalam pesawat tersebut, diketahui ada empat orang anggota delegasi.

Di sisi lain, Markey disebut bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada Minggu (14/8) pagi di Korsel, sebelum akhirnya mendarat di Taiwan. Markey pun terbang secara terpisah di Bandara Internasional Taoyuan, yang juga melayani Taipei.

Markey yang merupakan Kepala Subkomite Hubungan Luar Negeri Senat Asia Timur, Pasifik, dan Keamanan Siber Internasional, dan anggota delegasi akan menegaskan kembali dukungan Amerika Serikat untuk Taiwan.

Sedangkan anggota delegasi lainnya adalah Republikan Rep. Aumua Amata Coleman Radewagen, seorang delegasi dari Samoa Amerika, dan anggota Dewan Demokrat John Garamendi dan Alan Lowenthal dari California dan Don Beyer dari Virginia.

Sama halnya dengan waktu kunjungan Pelosi ke Taiwan, pada saat kedatangan delegasi anggota parlemen AS itu, pesawat-pesawat tempur Tiongkok terus melintasi titik tengah Selat Taiwan setiap hari bahkan setelah latihan militer berakhir Rabu lalu, dengan setidaknya 10 melakukannya pada hari Minggu. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru