Suhu Panas Capai 52 Derajat Hingga Hujan Tanpa Henti Ancam Dunia Jika Gagal Atasi Global Warming
Pxhere
Dunia

Sekelompok peneliti di Universitas Tokyo mengungkap bencana mengerikan jika dunia tak segera meningkatkan upaya mereka dalam mengatasi global warming dan krisis iklim.

WowKeren - Ramalan mengerikan mengenai krisis iklim diungkap oleh sekelompok peneliti di Universitas Tokyo. Kegagalan untuk mengatasi global warming alias pemanasan global dapat mengakibatkan sepertiga populasi dunia menghadapi suhu melebihi 52 derajat dan tingkat curah hujan harian 300 milimeter pada akhir abad ini.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah untuk menangani perubahan iklim berdasarkan pengalaman masa lalu tidak akan cukup dan bahwa ada kebutuhan untuk pengurangan lebih lanjut dalam emisi gas rumah kaca dan dukungan dan kerjasama internasional yang lebih besar,” ungkap Taichi Sano, kandidat doktor di sekolah pascasarjana teknik dan salah satu anggota kunci dari kelompok itu.

Melansir Asahi Shimbun, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan yang mungkin terjadi selama abad ini sehubungan dengan kemungkinan bencana iklim dalam skala yang terjadi setiap dua dekade sekali akibat pemanasan global. Hasil penelitian diharapkan akan segera diterbitkan dalam jurnal di Britain’s Institute of Physics.

Jika tidak ada upaya pencegahan yang dilakukan, para peneliti memproyeksikan bahwa ada 2,52 miliar orang, atau 34 persen dari populasi dunia yang akan menghadapi risikonya. Berupa suhu tinggi yang tak terbayangkan hingga curah hujan deras yang tiada henti.


Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa bahkan jika tujuan awal yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris tentang perubahan iklim untuk menjaga peningkatan suhu global rata-rata di bawah 2 derajat dari tingkat sebelum Revolusi Industri tercapai, sekitar 1,1 miliar orang, atau 16 persen dari total, masih akan menghadapi risiko iklim yang sama pada akhir abad ini.

Daerah yang akan terkena dampak adalah daerah berpenduduk padat, seperti Asia Selatan dan wilayah Sahel di Afrika, yang telah menyaksikan dampak buruk dari pemanasan global.

Jika tidak ada lebih banyak upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini, dampaknya hanya akan menjadi lebih parah. Di mana mereka yang tinggal di daerah terdampak akan menghadapi kesulitan luar biasa untuk mengatasi efek pemanasan global.

Karena orang-orang yang tinggal di wilayah lain suatu hari nanti juga dapat menghadapi risiko iklim yang serupa, akan ada kebutuhan untuk belajar dari langkah-langkah yang diterapkan di wilayah yang terkena dampak terlebih dahulu, kata anggota kelompok peneliti.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru