Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR Dengan Baju Adat Paksian, Ungkap Makna Motif Pucuk Rebung
Twitter/@setkabgoid
Nasional

Pada Selasa (16/8) hari ini, Presiden Jokowi hadir di Gedung Rakyat guna menyampaikan pidato kenegaraan sekaligus Sidang Tahunan MPR. Dalam kesempatan kali ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Paksian.

WowKeren - Presiden Joko Widodo pada Selasa (16/8) hari ini, diketahui menghadiri Sidang Tahunan MPR. Dalam sidang kali ini, Jokowi tampak mengenakan baju adat Paksian asal provinsi Bangka Belitung.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi pun mengungkapkan makna dari motif baju adat yang dikenakannya dalam pidato kenegaraan tersebut. Baju adat yang dikenakan Jokowi itu tampak bernuansa hijau dengan tutup kepala berwarna kuning emas.

Melalui Instagram resminya, @jokowi, Jokowi mengungkapkan makna di balik motif baju adat Paksian tersebut. Ia menyebut bahwa busana yang dipakainya itu memiliki motif pucuk rebung yang melambangkan kerukunan. Kemudian warna hijau berarti kesejukan, harapan, serta pertumbuhan.

"Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian, dari provinsi Bangka Belitung," ujar Jokowi dalam video yang diunggah di Instagram, Selasa (16/8). "Dengan motif pucuk rebung, yang melambangkan kerukunan dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan dan tumbuhan."


Adapun detail baju adat yang dikenakan Jokowi dalam pidato kenegaraan itu terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang, dan kain tenun cual khas Bangka. Sementara untuk penutup kepalanya dipakaikan sungkon. Kemudian pada bajunya terdapat ornamen hiasan bermotif pucuk rebung.

Sebagaimana diketahui, setiap tahunnya, baju yang dikenakan oleh Jokowi dalam kegiatan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPR RI selalu berhasil menyita perhatian publik, termasuk dengan di tahun 2022 ini. Sebelumnya, di tahun 2021, Jokowi mengenakan baju adat Baduy, Banten.

Kemudian, di tahun 2020, Jokowi memakai baju adat Sabu asal provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara di tahun 2019, Jokowi memakai baju adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Diketahui bahwa baju adat Paksian yang digunakan Jokowi itu biasanya berwarna merah. Namun Jokowi memilih warna hijau lantaran ada pesan yang ingin disampaikannya.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait