KKB Kembali Mengamuk-Bakar Fasilitas Pemerintah Intan Jaya, Aksi Disebut Bersamaan Pidato Kenegaraan
pexels.com/Stephan Seeber
Nasional

KKB kembali berulah, dalam hal ini merusak hingga membakar sejumlah fasilitas milik pemerintah Kabupaten Intan Jaya di Sugapa. Adapun aksi brutal ini berlangsung pada Selasa (16/8) hari ini.

WowKeren - Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB kembali mengamuk. Bahkan pada kali ini, KKB disebut juga membakar sejumlah fasilitas pemerintah di Kabupaten Intan Jaya di Sugapa, Papua.

Tidak hanya itu, KKB disebut juga melakukan perlawanan hingga terjadi baku tembak dengan aparat keamanan TNI-Polri pada Selasa (16/8). Berdasarkan informasi yang didapat dari Antara, hingga saat ini, aparat keamanan masih terlibat baku tembak dengan KKB.

Adapun insiden tersebut juga telah dibenarkan oleh Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gustoro. Aksi brutal yang dilakukan KKB itu disebut bertepatan dengan Pidato Kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Terkait dengan jumlah korban yang ditimbulkan dalam insiden tersebut, saat ini masih belum diketahui pasti apakah ada korban jiwa atau tidak. Sebagaimana diketahui, KKB memang kerap menyerang warga sipil secara brutal, bahkan tak jarang menimbulkan korban jiwa.


Beberapa waktu lalu, KKB juga terlibat dalam tragedi penembakan yang menewaskan 11 warga sipil di Nogolaid, Kabupaten Nduga. Dalam tragedi ini, bahkan ada seorang mantan anggota TNI AD yakni Yotam Bugiangge yang ikut berperan dalam penyerangan warga tersebut.

Yotam Bugiangge sendiri diketahui merupakan mantan anggota TNI AD di Batalion Infantri 756/MWS dengan pangkat prajurit dua. Ia dilaporkan bergabung dengan KKB di Papua yang dipimpin oleh Egianus Kogoya. Tidak hanya itu, terungkap bahwa keduanya merupakan dalang di balik penyerangan yang menewaskan belasan warga sipil tersebut.

Tidak hanya itu, KKB juga sempat membakar perumahan guru di Ilaga, Kabupaten Puncak. Lalu juga sempat melakukan serangan dari dua arah yang menyebabkan anggota TNI-Polri tertembak saat mengamankan gereja di Distrik Okbibab.

KKB itu sendiri diketahui juga menjadi isu yang menjadi perhatian pemerintah. Teror yang kerap dilakukan KKB ini sendiri juga membuat resah warga setempat, dan menjadi ketakutan tersendiri.

(wk/tiar)

You can share this post!

Artikel Terkait