Ponpes Ngruki Akan Gelar Upacara HUT RI, Abu Bakar Baasyir Muncul di Momen Gladi Bersih
Nasional
HUT RI Ke-77

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah milik Abu Bakar Baasyir telah melakukan persiapan upacara peringatan HUT RI ke-77 sejak Minggu (14/8) dan menggelar gladi bersih pada Selasa (16/8) hari ini.

WowKeren - Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah milik Abu Bakar Baasyir akan menggelar upacara peringatan HUT RI ke-77 pada Rabu (17/8) besok. Persiapan upacara telah dilakukan oleh Ponpes Al Mukmin Ngruki sejak Minggu (14/8). Adapun gladi kotor telah digelar pada Senin (15/8), dan gladi bersih dilaksanakan pada Selasa (16/8) hari ini.

Abu Bakar Baasyir sendiri sempat muncul dan menjumpai sejumlah pejabat dalam gladi bersih upacara pada hari ini. Melansir detikJateng, gladi bersih dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dan Abu Bakar Baasyir yang duduk di kursi roda didorong santri ke salah satu ruangan saat persiapan.

Sang ustaz tampak mengucapkan salam kepada orang-orang yang dilewatinya sambil tersenyum. Ia juga memberi sambutan hangat kepada Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achiruddin, Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Staf Khusus Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ravik Karsidi.

Sementara itu, Sekretaris Kemenko PMK Y.B Satya Sananugraha mengungkapkan bahwa para ustaz dan santri Ponpes Al Mukmin Ngruki akan menjadi personil upacara. "Untuk para personil upacara nanti adalah dari para ustaz dan santri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Mereka telah dilatih oleh Dandim Sukoharjo, Polres Sukoharjo, dan Pemkab Sukoharjo," papar Satya.


Menurutnya, Menko PMK Muhadjir Effedy sendiri dijadwalkan menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-77 di Ponpes Al Mukmin Ngruki. Satya mengungkapkan bahwa Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki telah mengirimkan surat kepada Kemenko PMK per tanggal 10 Agustus 2022 dengan hal: Permohonan Menjadi Inspektur Upacara kepada Menko PMK Muhadjir Effendy.

"Bapak Menko PMK Muhadjir Effendy telah dijadwalkan untuk hadir dan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke-77 di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki," terang Satya.

Adapun peserta upacara yang akan hadir rencananya meliputi santri pesantren Al Mukmin Ngruki tingkat SD, SMP dan SMA. "Mari kita manfaatkan momentum peringatan HUT RI ke-77 ini untuk bergerak bersama demi kemajuan Indonesia serta demi pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," tukas Satya.

Di sisi lain, Abu Bakar Ba'asyir yang merupakan mantan napi terorisme diketahui telah mengakui Pancasila sebagai dasar negara. Abdul Rochim Baasyir selaku putra Abu Bakar Baasyir menjelaskan bahwa ayahnya sudah menerima Pancasila sejak lama.

Abdul Rochim menjelaskan bahwa sang ayah pada prinsipnya tak pernah menolak Pancasila. Baasyir disebut hanya menolak Pancasila sebagai paham yang anti-Islam atau yang dibenturkan dengan Islam. Namun Baasyir mengakui Pancasila sesuai dengan maksud para pendiri bangsa.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts