Presiden Jokowi Bakal Laksanakan Upacara HUT RI di IKN Nusantara Tahun 2024 Mendatang?
BPMI Setpres
Nasional
HUT RI Ke-77

Pada tahun 2024 mendatang, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di IKN Nusantara.

WowKeren - Masyarakat Indonesia tengah merayakan peringatan HUT RI ke-77 hari ini, Rabu (17/8). Upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI pun akan digelar di Istana Negara seperti tahun-tahun sebelumnya, Namun, tampaknya akan ada yang berbeda pada pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI ke-79 di tahun 2024 mendatang.

Pasalnya, ada rencana penyelenggaraan upacara peringatan HUT RI di tahun 2024 akan dilaksanakan di kawasan Ibu Kota Negara yang baru, di Kalimantan Timur. Rencana itu pun telah dilontarkan sejak jauh hari.

Salah satunya diungkap oleh Menko Polhukam (Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan), Mahfud MD. Mahfud MD sempat mengungkap bahwa upacara peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 akan dipusatkan di IKN.

"Pada 2024 bulan Juli atau Agustus, pemerintah akan mulai pindah ke sana, dan Insya Allah 17 Agustus 2024 upacara diselenggarakan atau dipusatkan di IKN yang baru ini," ungkap Mahfud MD, melansir CNNIndonesia.com, Rabu (17/8).


Sementara itu, Presiden Jokowi juga sempat menegaskan agar pembangunan IKN terus dijaga keberlanjutannya. Hal itu disampaikan Jokowi saat berpidato di Sidang Istimewa MPR tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Jakarta.

"Pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dijaga keberlanjutannya. IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan," ujar Jokowi, Selasa (16/8).

Sementara untuk tahun ini, upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI masih akan digelar di Istana Negara. Presiden Jokowi pun telah resmi mengukuhkan Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) pada Senin (15/8) lalu. Jokowi mengukuhkan 68 anak Indonesia dari seluruh wilayah Tanah Air sebagai Paskibraka yang akan melaksanakan upacara bendera di Istana hari ini, Rabu (17/8).

"Dengan memohon ridha Allah yang maha kuasa, pada hari ini, saya mengukuhkan sodara-sodara sebagai Pengibar Bendera Pusaka, yang akan bertugas di istana merdeka pada tanggal 17 agustus 2022, semoga tuhan yang mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara, jakarta, 15 Agustus 2022, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo", pungkas presiden Jokowi saat momen pengukuhan tersebut.

(wk/amel)

You can share this post!

Artikel Terkait