Cinta Tanah Air, 8 Potret Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Kala Sambut Perayaan Kemerdekaan RI
Instagram/jokowi
SerbaSerbi

Presiden Jokowi selalu mencuri fokus di momen HUT RI. Pasalnya, orang nomor 1 di Indonesia ini kerap mengenakan baju adat Nusantara pada perayaan hari bersejarah itu. Lantas, apa saja?

WowKeren - Tanggal 17 Agustus merupakan momen spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tak yal jika setiap tahunnya, seluruh pelosok Nusantara mengadakan upacara sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan. Selama dua tahun terakhir, pihak Istana Negara tidak menggelar upacara dan perayaan secara terbuka karena pandemi COVID-19. Akan tetapi, tahun ini pada saat HUT RI ke-77 perayaan akan diadakan kembali.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo alias Jokowi selalu menjadi sorotan publik dalam momen peringatan HUT RI. Pasalnya, orang nomor 1 di Indonesia ini selalu mengenakan baju adat Nusantara yang berbeda setiap tahunnya dalam rangka perayaan kemerdekaan RI. Oleh karena itu, publik pun menerka-nerka pakaian adat mana yang akan dikenakan sang presiden. Berikut adalah sederet baju adat Nusantara yang pernah dikenakan Jokowi kala menyambut perayaan kemerdekaan Indonesia. Yuk, intip di bawah inI!

(wk/raud)

1. Linto Baro, Aceh


Linto Baro, Aceh
Twitter/jokowi

Jokowi diketahui mengenakan Linto Baro, pakaian adat pria yang berasal Aceh pada perayaan HUT RI ke-73. Sang presiden mengenakan Linto Baro yang didominasi warna hitam dan dipadukan dengan penutup kepala warna merah pada 17 Agustus 2018 lalu. Masyarakat Aceh biasanya menggunakan pakaian adat itu untuk menghadiri upacara adat atau pemerintahan. Linto Baro diperkirakan ada sejak zaman kerajaan Perlak dan Samudra Pasai.

2. Baju Adat Sasak, NTB


Baju Adat Sasak, NTB
Twitter/jokowi

Pada 16 Agustus 2019, Jokowi mengenakan baju adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika menyampaikan pidato kenegaraan. Jokowi memakai pegon yang berbentuk seperti jas warna krem. Lalu, ikat kepala dan leang (kain penutup luar} berwarna hitam dengan motif emas. Sang presiden juga mengenakan slewoq atau selembar kain yang diikatkan di bagian bawah.

3. Baju Adat Sabu, NTT


Baju Adat Sabu, NTT
Twitter/jokowi

Mantan Walikota Solo ini sempat mengenakan Jokowi mengenakan baju adat Suku Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menyampaikan pidato kenegaraan pada 2020 silam. Baju yang dikenakan Jokowi terdiri dari kemeja hitam lengan panjang, kain selempang dengan corak bunga berwarna emas, serta ikat kepala bercorak senada. Masyarakat Suku Sabu biasanya mengenakan baju tersebut untuk menghadiri acara adat, seperti pemakaman.

4. Baju Adat Baduy, Banten


Baju Adat Baduy, Banten
Twitter/jokowi

Ketika menyampaikan pidato kenegaraan di tahun 2021, Jokowi memakai baju adat Baduy, Banten. Mantan Gubernur Jakarta itu terlihat mengenakan telekung biru, baju kutung hitam, serta tas koja. Menariknya, Jokowi memakai ikat kepala hasil tenun masyarakat Baduy.

5. Baju Adat Bali


Baju Adat Bali
Twitter/jokowi

Presiden Jokowi menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-75 RI di Istana Merdeka, Jakarta bersama sang cucu. Pada momen tersebut, Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Bali lengkap dengan kain batik dominan merah sebagai bawahan serta penutup kepala warna serupa.

6. Baju Adat NTT


Baju Adat NTT
Twitter/jokowi

Selanjutnya, Jokowi memakai baju adat Timor Tengah dari NTT pada 17 Agustus 2020, Jokowi sempat menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari NTT. Jokowi disebut mengenakan baju adat yang memiliki motif Kaif berantai nunkòlo. Agar semakin sempurna, sang presiden memakai dester berupa ikat kepala berbentuk dua tanduk kecil yang menjadi tanda kebesaran Raja.

7. Baju Paksian, Bangka Belitung


Baju Paksian, Bangka Belitung
Twitter/jokowi

Tahun ini, Jokowi mengenakan baju Paksian dari Bangka Belitung saat menyampaikan pidato kenegaraan. Pakaian yang dikenakan Jokowi terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka, serta sungkon sebagai penutup kepala. Baju adat ini bermotif Pucuk Rebung yang melambangkan kerukunan. Sedangkan warna hijau sendiri mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

8. Baju Dolomani, Buton


Baju Dolomani, Buton
Twitter/jokowi

Jokowi menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI dengan baju Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Baju adat tersebut didominasi merah dan putih, selaras dengan warna bendera Indonesia.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru