Kelompok Bersenjata Kuasai Hotel Populer di Ibu Kota Somalia, Kelompok Ini Klaim Serangan
Pxhere
Dunia

Sebuah penyerangan terjadi di Ibu Kota Somalia, Mogadishu. Terjadi ledakan bom mobil, serangan penembakan hingga penguasaan sebuah hotel terkenal di Ibu Kota Somalia itu.

WowKeren - Ledakan bom mobil dan serangan tembakan terjadi di Ibu Kota Somalia, Mogadishu. Menyusul setelahnya, para penyerang itu menguasai Hotel Hayat, salah satu tempat poluler di Ibu Kota Somalia. Hayat adalah sebuah tempat populer di Mogadishu yang sering dikunjungi oleh pejabat pemerintah dan warga sipil.

Abdikadir Abdirahman, direktur dan pendiri layanan ambulans Aamin Mogadishu, Jumat (19/8) malam mengatakan bahwa sejauh ini sembilan orang terluka yang dibawa pergi dari hotel. Dua petugas intelijen, yang tidak mau disebutkan namanya, juga membenarkan kejadian tersebut.

“Dua bom mobil menargetkan Hotel Hayat. Satu menabrak penghalang di dekat hotel dan kemudian yang lain menabrak gerbang hotel. Kami yakin para pejuang ada di dalam hotel,” kata Ahmed, seorang petugas polisi, melansir Al Jazeera

Kelompok bersenjata al-Shabab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, menurut terjemahan oleh SITE Intelligence Group. Kelompok al-Shahab sendiri masih terkait dengan jaringan al-Qaeda. Serangan itu memicu baku tembak sengit antara pasukan keamanan dan orang-orang bersenjata yang masih bersembunyi di dalam gedung, kata pejabat keamanan Abdukadir Hassan.


"Kami tidak memiliki rincian sejauh ini tetapi ada korban, dan pasukan keamanan sekarang terlibat dengan musuh yang bersembunyi di dalam gedung," kata Hassan.

Al-Shabab diketahui telah berjuang untuk menggulingkan pemerintah Somalia selama lebih dari 10 tahun. Kelompok ini ingin mendirikan aturannya sendiri berdasarkan interpretasi hukum Islam yang ketat.

Serangan hari Jumat ini adalah serangan besar pertama sejak Presiden Hassan Sheikh Mohamud menjabat pada Mei. Petugas polisi sedang melakukan operasi yang bertujuan untuk menghentikan serangan itu, kata Kantor Berita Nasional Somalia di akun Twitter-nya, mengutip juru bicara polisi. Agensi memposting gambar yang menunjukkan asap mengepul dari atas tempat kejadian.

Awal pekan ini, Amerika Serikat mengumumkan bahwa pasukannya telah membunuh 13 pejuang al-Shabab dalam serangan udara di bagian tengah-selatan negara itu ketika kelompok itu menyerang pasukan Somalia. AS telah melakukan beberapa serangan udara terhadap para pejuang dalam beberapa pekan terakhir.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait