10 Potret Perjalanan Hidup Ratu Elizabeth II, Meninggal Dunia Di Usia 96 Tahun
Instagram/theroyalfamily
Dunia

Ratu Elizabeth II diketahui menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9) waktu setempat. Ia diketahui sebagai pemegang tahta kerajaan Inggris terlama, yakni selama 70 tahun, periode 1952-2022. Simak potret perjalanan hidupnya sebelum tutup usia.

WowKeren - Suasana duka tengah menyelimuti kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II diketahui menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9) waktu setempat. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh pihak Istana Buckingham. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, di usianya yang ke-96.

Sebelumnya kondisi sang Ratu dilaporkan sempat menurun. Ia dilarikan ke rumah sakit dan berada di bawah pengawasan medis. Kepergian Ratu Elizabeth II tentu membuat pihak kerajaan dan warga Inggris berduka. Lautan manusia pun mulai terlihat memadati sekitaran Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth II naik tahta pada 2 Juni 1953, setelah ayahnya, King George VI, meninggal dunia satu tahun sebelumnya karena kondisi kesehatan yang terus menurun. Ratu Elizabeth II diketahui sebagai pemegang tahta kerajaan Inggris terlama, yakni selama 70 tahun, periode 1952-2022. Simak potret perjalanan hidup sang ratu sebelum tutup usia:

(wk/rosi)

1. Lahir Pada Tahun 1926


Lahir Pada Tahun 1926
/theroyalfamily/royal.uk

Elizabeth merupakan anak dari pasangan pangeran Albert Frederick Arthur George, Adipati York (kemudian menjadi Raja George VI) dan Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon (kemudian lebih dikenal sebagai Ratu Elizabeth). Ia lahir pada 6 Februari 1926 dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary. Elizabeth diturunkan dari nama ibundanya, Alexandra diturunkan dari nama ibu Raja George V, sementara Mary adalah nama neneknya dari pihak ayah.

2. Panggilan Khusus 'Lilibet'


Panggilan Khusus 'Lilibet'
Instagram/theroyalfamily

Elizabeth kecil terlihat tumbuh menjadi sosok yang penuh keceriaan. Keluarga dekat terungkap memiliki panggilan khusus untuknya yakni "Lilibet". Raja George V sendiri juga sangat menyayangi cucunya. Sepupunya, Margaret Rhodes menggambarkan Elizabeth kecil sebagai "seorang gadis kecil yang periang, namun pada dasarnya bijaksana dan berperilaku baik".

3. Kakak Dari Putri Margaret


Kakak Dari Putri Margaret
Instagram/theroyalfamily

Elizabeth diketahui memiliki seorang adik perempuan yakni Putri Margaret, yang usianya empat tahun lebih muda darinya. Elizabeth dan Margaret diketahui dididik secara privat di rumah dengan pengawasan dari ibu dan pengasuh mereka. Potret di atas diambil ketika Putri Elizabeth yang berusia 11 tahun, bersama Putri Margaret setelah penobatan ayah mereka.

4. Putri Mahkota


Putri Mahkota
/royal.uk

Saat lahir, Elizabeth memiliki gelar Her Royal Highness Princess Elizabeth of York dan berada di posisi ketiga dalam garis suksesi takhta. Usai Raja George V meninggal dunia, pamannya, Edward VIII naik takhta menjadi raja. Namun sang paman turun tahta sehingga ayah Elizabeth menggantikannya sebagai Raja. Elizabeth pun otomatis menjadi putri mahkota atau penerus takhta berikutnya dengan gelar Her Royal Highness The Princess Elizabeth.

5. Masa Perang Dunia


Masa Perang Dunia
/royal.uk

Pada masa Perang Dunia II, keluarga Kerajaan Inggris disarankan berlindung di luar negeri, khususnya Kanada. Akan tetapi, Raja dan Ratu tak mengambil keputusan itu, sedangkan Elizabeth dan Margaret diungsikan ke Kastil Windsor. Pada tahun 1940, Elizabeth yang pada saat itu berusia 14 tahun melakukan siaran radio pertamanya dalam program BBC, Children's Hour.

6. Pesona Masa Muda


Pesona Masa Muda
Instagram/theroyalfamily

Elizabeth tumbuh menjadi perempuan yang cantik dan cerdas. Ia menerima beasiswa pribadi dari Eton College dan kemudian mulai mempelajari bahasa Prancis. Ia juga sempat terdaftar sebagai anggota kepanduan Sea Ranger pada tahun 1937. Potret di atas, Elizabeth telah berusia 20 tahun dan memesona.

7. Menikah dengan Pangeran Philip


Menikah dengan Pangeran Philip
Instagram/theroyalfamily

Pada 20 November 1947, Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip di Westminster Abbey. Mereka berdua merupakan sepupu dalam garis kedua berdasarkan silsilah Raja Christian IX dari Denmark dan sepupu ketiga dalam garis Ratu Victoria. Dari pernikahannya ini, Elizabeth dan Philip dikaruniai empat orang anak, yakni Charles Philip Arthur George, Andrew Albert Christian Edward, Edward Anthony Richard Louis, dan Anne Elizabeth Alice Louise.

8. Dinobatkan Sebagai Ratu


Dinobatkan Sebagai Ratu
/royal.uk

Kesehatan Raja George VI menurun dan Elizabeth sering diutus untuk mewakilinya dalam acara-acara publik. Pada tahun 1952, ia tengah berada di Kenya saat mendapat kabar bahwa sang ayah meninggal dunia. Elizabeth kemudian pulang ke London dan resmi dinobatkan pada Juni 1953. Ia juga memutuskan untuk tetap menggunakan nama Elizabeth, atau lebih tepatnya, Elizabeth II sebagai nama untuk penyandang kekuasaan.

9. Pemegang Tahta Terlama


Pemegang Tahta Terlama
Instagram/theroyalfamily

Ratu Elizabeth II telah berada di atas takhta kerajaan Inggris selama tujuh dekade pada Februari 2022 lalu. Selama berada di atas takhta, Ratu Elizabeth II telah menjadi simbol stabilitas saat negara itu merundingkan akhir Kekaisaran, kelahiran era komputer, dan migrasi massal yang mengubah Inggris menjadi masyarakat multikultural. Pada Juni lalu, telah diadakan Perayaan Platinum Jubilee untuk merayakan 70 tahun masa berkuasa Ratu Elizabeth II.

10. Meninggal di Usia 96 Tahun


Meninggal di Usia 96 Tahun
Instagram/theroyalfamily

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II di Skotlandia, maka Operasi Unicorn juga mulai berlaku. Sementara itu jenazah sang ratu kemudian akan dibawa ke Katedral St Giles di Royal Mile sebelum naik Kereta Kerajaan dan melakukan perjalanan ke London. Setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles yang merupakan putra sulungnya pun naik takhta.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait