Prince George-Princess Charlotte Ambil Peran, Begini 8 Potret Pemakaman Ratu Elizabeth II
AP
Dunia

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II telah dilaksanakan pada Senin (19/9) waktu setempat. Kedua anak Prince William dan Kate Middleton, Prince George, dan Princess Charlotte juga hadir selama prosesi pemakaman sang nenek buyut. Berikut potretnya!

WowKeren - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II telah dilaksanakan pada Senin (19/9) waktu setempat. Sebelumnya, jenazah Ratu Elizabeth II disemayamkan di Istana Westminster, London sejak 14 September lalu. Setelah menjalani prosesi di Westminster Abbey, jenazah mendiang ratu yang telah memimpin Inggris selama 70 tahun lamanya ini pun dibawa menuju ke Wellington Arch dan diberangkatkan menuju Kastil Windsor.

Kedua anak Prince William dan Kate Middleton, Prince George, dan Princess Charlotte juga hadir selama prosesi pemakaman sang nenek buyut atas keputusan kolektif keluarga. Keduanya, berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth II dalam prosesi di pemakaman.


Prince George, dan Princess Charlotte disebut dianggap termuda yang pernah ada untuk mengambil peran sentral dalam peristiwa penting seperti itu. Hal itu terjadi setelah mereka juga muncul di pemakaman Prince Philip, sang kakek buyut tahun lalu.

Di sisi lain, prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II berjalan dengan khidmat dan penuh haru. Terdapat serangkaian momen yang mencuri perhatian. Simak berikut ini:

(wk/rosi)

1. Peti Ratu Menuju Ke Kapel St. George Dari Westminster Hall


Peti Ratu Menuju Ke Kapel St. George Dari Westminster Hall
Twitter/AP

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II ke Westminster Abbey telah dimulai pada Senin (19/9). Dalam prosesi ini, tampak tentara kerajaan tengah bersiap untuk membawa peti dari Westminster Hall menuju ke Kapel St. George.

Peti Ratu dibawa menggunakan kereta pemakaman negara yang ditarik oleh 142 pelaut dari Royal Navy. Selain itu di barisan belakang akan ada keluarga kerajaan yang ikut mengiringi. Seperti King Charles III, Princess Anne, Prince Edward, Prince Andrew. Adapula cucu dari ratu Elizabeth II yakni Prince William dan Prince Harry.

2. Momen Kedatangan Keluarga Kerajaan di Kapel St. George


Momen Kedatangan Keluarga Kerajaan di Kapel St. George
Twitter

Sementara itu beberapa keluarga kerajaan lainnya sudah terlebih dahulu berada di Kapel St. George. Terlihat istri Raja Charles III, Permaisuri Ratu Camilla. Lalu ada istri dari Prince William yakni Kate Middleton beserta anaknya Prince George dan Princess Charlotte. Tak ketinggalan istri dari Prince Harry, Meghan Markle beserta dengan keluarga kerajaan lainnya yang sama-sama menunggu kedatangan peti Ratu Elizabeth II.

3. King Charles III, Meghan Markle dan Princess Charlotte Tak Kuasa Tahan Tangis


King Charles III, Meghan Markle dan Princess Charlotte Tak Kuasa Tahan Tangis
Berbagai Sumber

Duka dan air mata selama proses pemakaman terus terlihat sepanjang acara. King Charles III tampak menangis saat menatap peti mati sang Ibu selama upacara pemakaman Westminster Abbey berlangsung. Princess Charlotte juga tak kuasa menahan tangis kehilangan nenek buyut tercintanya. Secara khusus gadis berusia 7 tahun itu, menambahkan aksesori bros berbentuk tapal kuda di bagian dada. Ia mengenakannya untuk mengenang mendiang nenek buyutnya yang dikenal menyukai kuda.

Duchess Of Sussex, Meghan Markle juga meneteskan air mata di prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Ia setia mendampingi Prince Harry dan berusaha menguatkan sang suami. Sepanjang prosesi pemakaman, ia pun kerap terlihat menggandeng tangan Pangeran Harry.

4. Karangan Bunga di Atas Peti Ratu Yang Diminta Khusus Oleh King Charlles III


Karangan Bunga di Atas Peti Ratu Yang Diminta Khusus Oleh King Charlles III
YouTube/BBC

Melalui akun resmi Twitter @RoyalFamily, terungkap pula makna karangan bunga yang ditaruh di atas peti jenazah Ratu Elizabeth II. Atas permintaan Raja Charles III, karangan bunga itu terangkai atas susunan dedaunan Rosemary yang melambangkan kenangan, Oak Inggris melambangkan kekuatan dan cinta serta daun Myrtle yang melambangkan pernikahan bahagia.

Dedaunan Myrtle dipotong langsung dari tanaman pohon yang tumbuh dari buket pernikahan Ratu Elizabeth sebelumnya. Beberapa bunga dengan nuansa merah muda, merah anggur dan putih dipotong dari taman Royal Residence.

5. Hadirnya Royal Corgi Selama Proses Pemakaman


Hadirnya Royal Corgi Selama Proses Pemakaman
Twitter/AP

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II rupanya juga membuat perhatian publik tertuju pada dua anjing corgi milik mendiang, Muick dan Sandy. Ditemani dua staf kerajaan, dua anjing mungil itu menunggu di Kastel Windsor. Bak setia hingga akhir hayat, Muick dan Sandy begitu tenang sepanjang prosesi acara. Kabarnya, setelah kepergian Ratu Elizabeth II, dua anjing tersebut akan tinggal bersama Pangeran Andrew.

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II memperlakukan anjing corginya dengan baik. Muick dan Sandy selalu menemani sang Ratu. Beberapa di antaranya bahkan pernah menemani perjalanan tur Ratu hingga ikut naik ke helikopter.

6. Kehadiran Kuda Kesayangan Ratu


Kehadiran Kuda Kesayangan Ratu
BBC AMERICA

Ratu Elizabeth II diketahui memiliki 12 kuda yang paling disukai semasa hidup. Dari keseluruhan daftar, Emma, yang merupakan kuda poni jenis Fell milik sang Ratu juga berdiri tegak sepanjang prosesi pemakaman. Kuda yang pernah menjadi tunggangan luar biasa bagi sang Ratu ini berdiri gagah didampingi oleh staf Kastil Windsor.

7. Pelayat Yang Berjajar Sepanjang Jalan Untuk Melemparkan Bunga Pada Ratu


Pelayat Yang Berjajar Sepanjang Jalan Untuk Melemparkan Bunga Pada Ratu
Twitter/bbc

Duka mendalam juga dirasakan oleh rakyat Inggris atas kepergian sang Ratu. Saat mobil jenazah melintasi kerumunan warga, jutaan warga yang datang langsung memberikan penghormatan. Tidak sedikit yang memberikan tepuk tangan meriah untuk mendiang Ratu Elizabeth II. Hal ini menunjukkan bahwa mendiang Ratu sangat dicintai oleh rakyatnya.

8. Momen Pengangkatan Mahkota Dari Peti Ratu


Momen Pengangkatan Mahkota Dari Peti Ratu
YouTube/BBC

Peti mati Ratu Elizabeth II diselimuti dengan panji Royal Standard, bendera yang mewakili Kerajaan dan Inggris. Peti juga dihiasi dengan karangan bunga penuh makna, mahkota, tongkat dan bola kerajaan, yang berada diatasnya. Mhakota Ratu dikatahui memiki nilai sejarah sendiri sekaligus sebagai simbol kempemimpinan.

Mahkota kemudian dipindahkan dari bagian atas peti mati sehingga memisahkan Ratu dari mahkotanya untuk terakhir kalinya. Mahkota dengan seberat 2,2 kg tersebut di altar tinggi selama kebaktian di Kapel St. George di Kastil Windsor.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait