Pidato Perdana, Raja Charles III Akui Kehilangan Sosok Ibu Hingga Ungkap Janji Ini
Twitter/RoyalFamily
Dunia

Charles akan secara resmi dinobatkan sebagai raja pada Sabtu (10/9) waktu setempat. Ia juga akan disibukkan dengan prosesi pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II.

WowKeren - Setelah naik tahta menjadi raja, Raja Charles III akhirnya menyampaikan pidato perdananya di hadapan publik pada Jumat (9/9) waktu setempat. Di awal pidato, Raja Charles III menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya sang ibu, Ratu Elizabeth II.

Menyampaikan langsung dari Istana Buckhingham, Charles mengaku kehilangan sosok ibunya. Ia pun menyebut Ratu Elizabeth II sebagai inspirasi.

"Saya berbicara kepada Anda hari ini dengan perasaan duka yang mendalam. Sepanjang hidupnya Yang Mulia Ratu, ibuku tercinta, adalah inspirasi dan contoh bagi saya dan seluruh keluargaku," ungkap Charles. "Dan kami berutang padanya atas ketulusan yang bisa dimiliki, atas cinta, kasih sayang, bimbingan, pengertian, dan teladannya."

Pidato Perdana Raja Charles III

Twitter


Dalam pidatonya, Charles juga mengaku akan berusaha melayani warga Inggris seperti yang telah dilakukan Ratu Elizabeth II semasa hidup. Ia akan memegang teguh prinsip konstitusi Inggris.

"Di mana pun Anda tinggal, di Inggris atau di wilayah seluruh dunia dan apa pun latar belakang dan keyakinanmu, saya akan berusaha melayanimu dengan kesetiaan, rasa hormat, dan cinta, seperti yang telah saya lakukan sepanjang hidupku," janji Charles.

"Jadi bukan tidak mungkin bagi saya untuk memberikan begitu banyak waktu dan energi untuk hal-hal yang selama ini begitu saya pedulikan. Saya tahu pekerjaan penting ini akan terus berlanjut di tangan orang lain yang dapat dipercaya," lanjutnya.

Charles akan secara resmi dinobatkan sebagai raja pada Sabtu (10/9). Ia juga akan disibukkan dengan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9) waktu setempat. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh pihak Istana Buckhingham. Ratu Elizabeth meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, di usianya yang ke-96.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait