PM Kanada Jadikan Hari Pemakaman Ratu Elizabeth II Sebagai Hari Libur
AP/Adrian Wyld
Dunia
Queen Elizabeth II Meninggal

Seperti yang diketahui, Ratu Elizabeth II akan dimakamkan pada 19 September 2022. Atas hal ini, PM Kanada Justin Trudeau lantas menjadikannya sebagai hari libur.

WowKeren - Saat ini Kerajaan Inggris masih berduka setelah kepergian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 lalu. Saat ini, peti mati Ratu Elizabeth II diketahui telah tiba di Buckingham Palace.

Sementara untuk pemakaman Ratu Elizabeth II sendiri akan digelar pada 19 September 2022. Atas hal ini, Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mengatakan bahwa 19 September 2022 akan menjadi hari libur, sehingga pegawai federal dapat meratapi Ratu Elizabeth II pada hari pemakaman kenegaraannya.

Melansir The Associated Press, Trudeau juga mengatakan dia bekerja dengan provinsi-provinsi tersebut pada hari libur umum yang memungkinkan bagi pekerja lain, tetapi Ontario dan Quebec, dua provinsi terpadat di Kanada menolak untuk menjadikannya hari libur.

"Ontario akan menandai 19 September 2022 sebagai Hari Berkabung provinsi sebagai pengganti hari libur provinsi. Orang-orang Ontario dapat mengheningkan cipta pada pukul 1 siang pada hari itu," ujar Perdana Menteri Ontario Doug Ford dalam sebuah pernyataan, dilihat Rabu (14/9).


Sementara itu, Perdana Menteri Quebec Fran├žois Legault mengatakan kepada wartawan bahwa Senin (19/9), juga akan menjadi hari peringatan, tetapi bukan hari libur umum di provinsi yang berbahasa Prancis itu. Kemudian, Saskatchewan juga tidak akan mengakui hari itu sebagai hari libur.

Meski begitu, pemerintah British Columbia diketahui mengatakan akan mengikuti langkah pemerintah federal. Selanjutnya, pemerintah provinsi di seluruh Atlantik Kanada juga telah mengumumkan hari libur termasuk New Brunswick yang akan menutup sekolah dan kantor pemerintah. Tapi liburan akan opsional untuk bisnis sektor swasta dan pengusaha.

Selanjutnya, Manitoba akan menutup semua layanan dan kantor pemerintah yang tidak penting untuk hari itu, tetapi sekolah dan fasilitas penitipan anak akan tetap buka. Sebagai informasi, Ratu Elizabeth II merupakan kepala negara yang selama 45 persen dari keberadaan Kanada, dan mengunjungi negara tersebut sebanyak 22 kali selama sebagai Raja Inggris.

"Mendeklarasikan kesempatan bagi warga Kanada untuk berkabung pada hari Senin akan menjadi penting," terang Trudeau. "Untuk bagian kami, kami akan memberi tahu karyawan federal bahwa Senin akan menjadi hari berkabung di mana mereka tidak akan bekerja."

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait