Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Buckingham Palace, Anak-Cucu Akan Dampingi ke Westminster Hall
Dunia

Pesawat militer C-17 Globemaster yang membawa peti mati Ratu Elizabeth dari Skotlandia mendarat di pangkalan angkatan udara di sebelah barat London sekitar satu jam setelah meninggalkan Edinburgh.

WowKeren - Peti mati Ratu Elizabeth II telah tiba di Istana Buckingham, London, Inggris, pada Selasa (13/9) malam waktu setempat. Pesawat militer C-17 Globemaster yang membawa peti mati Ratu Elizabeth dari Skotlandia mendarat di pangkalan angkatan udara di sebelah barat London sekitar satu jam setelah meninggalkan Edinburgh.

Sebelum dimasukkan ke dalam mobil jenazah, peti mati Ratu Elizabeth disambut oleh Perdana Menteri Inggris Liz Truss, Menteri Pertahanan Ben Wallace dan seorang penjaga kehormatan militer. Para pengemudi menepi dan berhenti untuk menunjukkan rasa hormat saat mobil jenazah tersebut berjalan di bawah pengawalan polisi di jalan raya London.

Mobil jenazah Ratu Elizabeth melaju melewati London yang gerimis di antara orang banyak yang berbaris untuk mengucapkan selamat tinggal pada pemimpin terlama Kerajaan Inggris tersebut. Ribuan orang di luar istana bersorak, berteriak, “Tuhan selamatkan Ratu!” dan bertepuk tangan saat mobil jenazah berputar di sekitar bundaran di depan Istana Buckingham.

Raja Charles III dan anggota keluarga dekat Ratu Elizabeth yang lain telah menyambut mobil jenazah di gerbang istana. Peti mati pemimpin terlama Kerajaan Inggris tersebut akan ditempatkan di Buckingham Palace sebelum dibawa ke Westminster Hall untuk disemayamkan selama empat hari.


Raja Charles, Pangeran William, dan Pangeran Harry, akan berjalan di belakang peti mati Ratu dari Istana Buckingham ke Westminster Hall pada Rabu (14/9) sore. Pangeran Andrew, Putri Anne dan Pangeran Edward, juga akan berjalan mendampingi perjalanan mendiang ibu mereka ke tempat persemayaman terakhirnya.

Anak dan suami Putri Anne, serta Duke of Gloucester hingga Earl of Snowdon turut berjalan kaki dalam prosesi tersebut. Sedangkan Permaisuri Camilla, Putri Catherine (Kate Middleton), istri Pangeran Edward, serta Meghan Markle akan melakukan perjalanan dengan mobil.

Peti mati Ratu Elizabeth dijadwalkan meninggalkan Istana Buckingham pada hari Rabu pukul 14:22 dan diperkirakan tiba di Westminster Hall pada pukul 15:00. Kebaktian yang berlangsung sekitar 20 menit akan dipimpin langsung oleh Uskup Agung Canterbury.

Di sisi lain, pemakaman Ratu Elizabeth dijadwalkan berlangsung pada Senin (19/9) pekan depan. Orang-orang dari seluruh penjuru Inggris dan negara-negara lain pun akan mengunjungi London untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth.

Akibatnya, pemesanan kamar hotel di London pun meningkat. Di tengah meningkatnya permintaan akomodasi, beberapa operator hotel tampaknya telah menaikkan harga. Melansir The Guardian, beberapa hotel dilaporkan menaikkan tarif mereka hingga lebih dari 300 persen.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru