Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan Pada 19 September 2022
AP Photo/Alastair Grant
Dunia

Istana Buckingham telah mengumumkan tanggal pemakaman Ratu Elizabeth II, beserta serangkaian prosesi pemakaman. Pengumuman ini disampaikan pada Sabtu (10/9).

WowKeren - Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia pada 8 September 2022 lalu di usia 96 tahun. Pada Sabtu (10/9), Istana Buckingham mengumumkan pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada 19 September 2022 nanti.

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Istana Buckingham juga merilis rincian pengaturan pemakaman Ratu Elizabeth II. Nantinya pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung di Westminster Abbey, mulai pukul 11 pagi waktu setempat.

Sementara menjelang pemakaman, Ratu Elizabeth II akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari untuk memberi penghormatan kepada publik. Sama halnya dengan mendiang ayahnya, Raja George VI yang diadakan di Kapel St George di Kastil Windsor, peti mati Ratu Elizabeth II pada akhirnya juga akan dibawa ke kastil tersebut untuk dikebumikan di brankas kerajaan.

Berdasarkan informasi yang didapat dari UPI, untuk saat ini peti mati Ratu Elizabeth II masih berada di Kastil Balmoral, Skotlandia. Namun akan melakukan perjalan ke Edinburgh melalui jalan darat ke Istana Holyroodhouse. Selanjutnya akan beristirahat di ruang singgasana sampai Senin (12/9) sore waktu setempat.


Kemudian, Raja Charles III beserta anggota keluarga kerajaan lainnya akan memimpin prosesi dengan peti mati ke Katedral St Giles di Edinburgh guna melangsungkan kebaktian. Setelah itu, peti mati Ratu Elizabeth II akan beristiraha di katedral untuk memungkinkan masyarakat Skotlandia memberi penghormatan.

Di sisi lain, Raja Charles III secara resmi diproklamasikan sebagai raja dalam sebuah upacara hari Sabtu (10/9), di Istana St. James di London. Pada 13 September, Angkatan Udara Kerajaan akan membawa peti mati dari Skotlandia ke pangkalan udara di London, ditemani oleh saudara perempuannya yakni Ratu Anne, sang Putri Kerajaan.

Lalu di hari berikutnya, peti mati Ratu Elizabeth II akan diistirahatkan di Ruang Busur di Istana Buckingham, sebelum diangkut dalam prosesi dengan kereta meriam Artileri Kuda Kerajaan Pasukan Raja ke Istana Westminster untuk disemayamkan.

Lalu, setelah pemakaman kenegaraan, peti mati Ratu Elizabeth II akan melakukan perjalanan dalam prosesi dari Westminster Abbey ke Wellington Arch dan ke Windsor untuk layanan komitmen di Kapel St. George.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru