Sempat Dilarang, Kini Pangeran Andrew Tampak Mengenakan Seragam Militer Saat Kumpul di Westminster
Dunia
Queen Elizabeth II Meninggal

Pada persemayaman Ratu Elizabeth II lalu, Pangeran Andrew dilarang mengenakan seragam militernya. Namun kini pada prosesi menjelang pemakaman Sang Ratu, Pangeran Andrew tampak mengenakan seragam militer.

WowKeren - Pada prosesi pemindahan peti mati Ratu Elizabeth II dari Buckingham Palace ke Westminster Hall pada Rabu (14/9) lalu, Pangeran Andrew dilarang memakai seragam militernya. Hal ini lantaran Pangeran Andrew telah dilucuti dari perlindungan militer serta penggunaan gelar HRH (His Royal Highness) terkait skandal pelecehan seksual yang menyeret namanya.

Namun kini, Pangeran Andrew terlihat mengenakan kembali seragam militer untuk pertama kalinya saat anak-anak Sang Ratu berkumpul di Westminster Hall untuk berjaga-jaga di sekitar peti mati. Acara ini sendiri dianggap sebagai salah satu upacara yang paling mengharukan sebelum pemakaman raja, Vigil of the Princess.

Dalam acara tersebut, juga tampak anak dari Ratu Elizabeth II lainnya yakni Raja Charles III, Princess Anne, dan Pangeran Edward yang tampak berjaga di empat sisi catafalque (platform yang dinaikkan), bergiliran untuk menjaga peti mati.

Setelah sampainya di gedung bersejarah London bersama, anak-anak dari Ratu Elizabeth II itu tampak muram dan melaksanakan upacara dalam diam haru, disertai dengan kepala yang menunduk.


Berdasarkan informasi yang didapat dari Sky News, Pangeran Andrew yang dalam upacara tersebut tampak mengenakan kembali seragam militernya untuk pertama kali dalam beberapa waktu terakhir, setelah diberikan dispensasi khusus untuk memakainya.

Sebagaimana diketahui, Pangeran Andrew diberhentikan menjadi bangsawan yang bekerja setelah perselingkuhan Jeffery Epstein, dan kehilangan hak otomatis untuk mengenakan pakaian militer pada acara-acara seremonial. Setelah mendapat dispensasi khusus, Pangeran Andrew kini tampak mengenakan seragam wakil laksamana kehormatan di Angkatan Laut Kerajaan.

Kemudian pada saat anggota keluarga kerajaan perlahan berbaris untuk mengambil posisi mereka, anggota masyarakat, yang telah memasuki gedung pun memberi hormat, berhenti dan terdiam. Lalu Raja Charles III yang berdiri di salah satu ujung peti mati Ratu, dengan Pangeran Andrew di ujung lainnya, dan Putri Anne serta Pangeran Edward ditempatkan di kedua sisinya.

Sementara anggota keluarga kerajaan lainnya termasuk Permaisuri, suami Putri Anne, Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, dan Countess of Wessex terlihat berdiri di balkon aula, menyaksikan acara jaga berlangsung. Di sisi lain, beberapa cucu Ratu juga ada di sana, termasuk Putri Eugenie, Putri Beatrice, dan Zara Tindall yang bergabung dengan suaminya, mantan pemain rugby Mike Tindall.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait