Gempa Kuat Guncang Taiwan, Sempat Picu Peringatan Tsunami
Dunia

Biro cuaca juga menyatakan jika gempa bisa dirasakan di seluruh Taiwan. Bangunan yang ada di sekitar ibu kota Taipei ikut berguncang singkat dengan gempa susulan.

WowKeren - Gempa kuat telah mengguncang Taiwan bagian tenggara pada Minggu (18/9). Biro cuaca setempat mengatakan jika gempa berkekuatan 6,8 Magnitudo itu terjadi di wilayah yang jarang penduduknya.

Meski begitu, guncangan telah menyebabkan gerbong kereta tergelincir dan meruntuhkan sebuah toko serba ada di sana. Ratusan orang juga terjebak di jalan pegunungan.

Biro cuaca menuturkan jika pusat gempa berada di Taitung yang mengikuti gempa berkekuatan 6,4 pada Sabtu (16/9) malam di daerah yang sama, yang tidak menimbulkan korban jiwa. Survei Geologi AS mengukur gempa hari Minggu dengan kekuatan 7,2 dan pada kedalaman 10 km (enam mil).

Biro cuaca juga menyatakan jika gempa bisa dirasakan di seluruh Taiwan. Bangunan yang ada di sekitar ibu kota Taipei ikut berguncang singkat dengan gempa susulan.


Menurut pihak pemadam kebakaran, gempa menyebabkan satu orang tewas dan 146 lainnya terluka. Sedangkan Administrasi Kereta Api Taiwan mengatakan enam gerbong keluar dari rel di stasiun Dongli di Taiwan timur setelah bagian dari kanopi platform runtuh. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Gempa juga menyebabkan lebih dari 600 orang terjebak di daerah pegunungan Chike dan Liushishi lantaran jalanan yang terblokir. Para penyelamat bekerja untuk membuka kembali jalan, kata departemen pemadam kebakaran.

Gempa yang terjadi sempat memicu dikeluarkannya peringatan tsunami. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS mengeluarkan peringatan untuk Taiwan setelah gempa, namun kemudian akhirnya mencabut peringatan itu. Guncangan juga menyebabkan badan cuaca Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk Prefektur Okinawa, sebelum kemudian mencabutnya.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi. Gempa sebelumnya pernah melanda Taiwan selatan pada tahun 2016 lalu. Sedangkan pada tahun 1999, gempa berkekuatan 7,3 SR menewaskan lebih dari 2.000 orang.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait