Alasan Pangeran Harry dan Pangeran Andrew Tak Ikut Beri Hormat ke Peti Mati Ratu Elizabeth II
AFP/Ben Stansall
Dunia

Saat iring-iringan yang dipimpin Raja Charles III tiba di Westminster Abbey pada Senin (19/9), keluarga kerajaan dan ratusan prajurit memberikan hormat kepada peti mati Ratu Elizabeth II.

WowKeren - Dalam pemakaman kenegaraan Ratu Elizabet II pada Senin (19/9) hari ini, para anak dan cucu Sang Ratu berjalan mengikuti peti mati dari Westminster Hall ke Westminster Abbey. Saat iring-iringan yang dipimpin Raja Charles III tiba di Westminster Abbey, keluarga kerajaan dan ratusan prajurit memberikan hormat kepada peti mati Ratu Elizabeth.

Namun tampak ada beberapa orang dalam rombongan yang tidak ikut memberi hormat. Di antaranya adalah Pangeran Harry serta Pangeran Andrew.

Diketahui, Pangeran Harry dan Pangeran Andrew bukan lagi bangsawan yang bekerja sehingga mereka tak diperbolehkan memakai seragam militer. Dan karena mereka tidak terlibat dengan militer, mereka tidak diperkenankan untuk turut memberi hormat kepada peti mati Ratu Elizabeth.

Sebagai informasi, Pangeran Harry yang merupakan putra kedua Raja Charles telah bertugas di Afghanistan dan sangat bangga dengan waktunya di militer. Suami Meghan Markle tersebut menerima bintang KCVO dan Medali Layanan Operasional untuk pelayanannya di Afgahnistan.


Setelah memutuskan untuk berhenti sebagai bangsawan yang bekerja bersama istrinya, Pangeran Harry tak bisa lagi mengenakan seragam militernya. Duke of Sussex tersebut mempertahankan pangkat kaptennya tetapi tidak lagi menjadi Kapten Jenderal Marinir Kerajaan.

Sementara itu, Pangeran Andrew sempat menjadi pilot helikopter selama Perang Falklands. Namun gelar militer Pangeran Andrew dicopot usai ia terlibat skandal tuduhan pelecehan seksual yang berkaitan dengan pemodal pedofil Jeffrey Epstein.

Baik Pangeran Harry maupun Pangeran Andrew diberi izin luar biasa untuk mengenakan pakaian militer mereka selama momen Vigil Ratu Elizabeth di Westminster Hall. Meski begitu, Pangeran Harry tetap dilarang mengenakan inisial Ratu (ER atau Elizabeth Regina) di bahu seragam Blues dan Royals-nya karena inisial tersebut hanya khusus untuk orang-orang yang "bertugas" untuk raja.

Anggota keluarga lain yang tidak memakai seragam militer di pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth adalah anak Putri Anne, Peter Phillips. Phillips yang bukan bangsawan yang bekerja mengenakan setelan berkabung.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait