Gempa Guncang Mexico Tepat Saat Peringatan Bencana Dahsyat Masa Lalu, 19/9 Buat Warga Takut?
Dunia

Gempa besar mengguncang Mexico saat warga memperingati dua bencana dahsyat di masa lalu. Bahkan sistem peringatan Tsunami menunjukkan adanya risiko di dekat pantai.

WowKeren - Gempa dahsyat 7,5 SR mengguncang Meksiko barat pada Senin (19/9) waktu setempat. Bencana itu terjadi saat peringatan dua gempa dahsyat sebelumnya (2017 dan 1985).

Alarm untuk gempa baru datang kurang dari satu jam setelah simulasi gempa nasional menandai gempa 1985 dan 2017. Gempa 2017 terjadi pada 7 September, sementara gempa 1985 terjadi tepat 19 September, 37 tahun lalu.

Melansir The Guardian, gempa terbaru terjadi di dekat kota La Placita de Morelos pada pukul 13.05 waktu setempat. Gempa itu berpusat di daerah perbatasan antara negara bagian Michoacan dan Colima pada kedalaman sekitar 15 km (9 mil), menurut US Geological Survey (USGS). Gempa itu menewaskan sedikitnya satu orang dan menyebabkan banjir di pantai Pasifik.


Hal itu disampaikan oleh Presiden Andrés Manuel López Obrador di Twitter yang mendapat laporan dari sekretaris angkatan laut. Ia melaporkan bahwa satu orang tewas di kota pelabuhan Manzanillo, Colima ketika sebuah tembok di sebuah mal runtuh. Sementara pihak berwenang Michoacán mengatakan tidak ada laporan segera tentang kerusakan signifikan di negara bagian itu di luar beberapa retakan di gedung-gedung di kota Coalcomán.

Perintah evakuasi wajib dikeluarkan di Mexico City, tetapi walikota, Claudia Sheinbaum, mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada laporan kerusakan di ibu kota. Namun, sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan ada risiko tsunami di dekat pantai, dan rekaman yang diposting di media sosial tampaknya menunjukkan banjir di kota Manzanillo.

Gempa ini terjadi tepat lima tahun setelah gempa yang menewaskan 370 orang dan menyebabkan kerusakan parah di bagian tengah dan selatan negara itu. Sementara gempa sebelumnya pada hari yang sama pada tahun 1985 menewaskan sekitar 5.000 orang. Hal itu tampaknya telah menimbulkan ketakutan tersendiri bagi warga mengenai bulan Sembilan, terutama tanggal 19.

“Ini tanggal ini, ada sesuatu tentang tanggal 19. Tanggal 19 adalah hari yang harus ditakuti," pungkas Ernesto Lanzetta,seorang pemilik bisnis di wilayah Cuauhtémoc di ibu kota.

(wk/amel)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait