Birthday Spotlight: Happy Chen Day
Selebriti

Chen merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (31 tahun menurut perhitungan Korea) pada 21 September lalu. Simak perjalanan karir pemilik nama asli Kim Jongdae tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Chen EXO.

Chen merayakan ulang tahunnya yang ke-30 (31 tahun menurut hitungan Korea) pada 21 September lalu. Chen secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-M dan EXO, dan debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012.

Chen kini dikenal karena perannya sebagai vokalis utama EXO. Selain aktivitas grupnya, Chen juga merekam lagu untuk berbagai drama televisi, terutama "Best Luck" untuk "It's Okay, That's Love" (2014) dan "Everytime" untuk "Descendants of the Sun" (2016). Simak perjalanan karir Chen mulai debut hingga kini.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Chen lahir pada 21 September 1992 di Daejeon dan dibesarkan di lingkungan Jeongwang-dong di Siheung. Ia menjadi trainee di SM Entertainment melalui Casting System perusahaan pada tahun 2011 pada usia 19 tahun.

Pada tanggal 29 Desember 2011, Chen secara resmi diperkenalkan sebagai anggota keempat dari EXO. Dia membuat penampilan publik pertamanya sebagai anggota EXO bersama Luhan, Tao, dan Kai di SBS Gayo Daejeon 2011.

2. Debut


Debut
SM Entertainment

Chen secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-M dan EXO, dan debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012. EXO-M menjalani kegiatan promosi selama beberapa bulan dengan menjalani sejumlah wawancara dan tampil di berbagai variety show populer di Tiongkok termasuk "Happy Camp".

Baik EXO-M maupun "grup kembaran" mereka, EXO-K, meraih hasil yang sangat baik dalam penjualan album fisik di mana mini album "MAMA" versi Korea dan Mandarin terjual sekitar 500 ribu copy di 2012. EXO juga menjalani masa hiatus yang cukup panjang sebelum mereka comeback dengan full album pertama yang berjudul "XOXO".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
SM Entertainment

Album "XOXO" memuat title track berjudul "Wolf" yang mengantarkan EXO meraih piala kemenangan pertama mereka di acara musik. D.O. dan kawan-kawan membawa pulang trofi "Music Bank" pada 14 Juni 2013.

Pada 5 Agustus 2013, EXO merilis album repackage berjudul "Growl" di mana title track-nya sukses menjadi mega hits dan membuat mereka menjadi boy grup nasional. "Growl" juga berjasa memberikan EXO beberapa trofi Daesang dari ajang penghargaan Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards serta Seoul Music Awards.

Dan lewat album "Growl" pula EXO dinobatkan sebagai million seller dan sukses menghidupkan kembali pasar album fisik yang sempat lesu. EXO juga menjadi penyanyi pertama di Korea Selatan yang berhasil menjual satu juta copy album dalam 12 tahun.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
SM Entertainment

Pada tahun 2014, Chen bergabung dengan grup balada SM the Ballad. Pada Juli 2014, Chen merilis lagu solo pertamanya sejak debut berjudul "Best Luck" sebagai soundtrack untuk drama SBS "It's Okay, That's Love". Lagu ini dianugerahi Best OST by a Male Artist dan Best OST Song masing-masing di 5th So-Loved Awards dan the 16th Seoul International Youth Film Festival. Chen juga diundang sebagai penampil spesial di APAN Star Awards ke-3 pada 11 November 2014, di mana ia menampilkan lagu tersebut secara langsung.

Pada Januari 2017, Chen berkolaborasi dengan Dynamic Duo dalam lagu berjudul "Nosedive", menjadi artis pertama yang ditampilkan dalam proyek kolaborasi grup "Mixxxture". Pada 16 Oktober 2018, Chen merilis soundtrack berjudul "Cherry Blossom Love Song" untuk drama "100 Days My Prince".

Pada tanggal 8 Maret 2019, SM Entertainment mengkonfirmasi bahwa Chen sedang mempersiapkan album solo pertamanya, yang akan dirilis pada bulan April. Berjudul "April, and a Flower" dan terdiri dari enam lagu, album ini dirilis pada tanggal 1 April dengan title track "Beautiful Goodbye".

Pada bulan Mei 2019, Chen berkolaborasi dengan penyanyi Korea Selatan Onestar untuk single berjudul "May We Bye". Pada bulan Juli, ia tampil di lagu Ailee, "Love" dari albumnya, "Butterfly". Pada tanggal 1 Oktober, Chen merilis mini album keduanya, "Dear My Dear" dengan enam lagu termasuk lagu utama "Shall We?". "Dear My Dear" debut di nomor 1 di chart album fisik dan chart album teratas iTunes di total 36 negara.

Pada tanggal 23 Januari 2020, Chen dan Dynamic Duo merilis lagu kolaborasi lainnya berjudul "You". Pada bulan September, ia merilis sebuah soundtrack berjudul "Your Moonlight" untuk drama "Do You Like Brahms?". Pada 16 Oktober, Chen merilis sebuah single digital berjudul "Hello" sebelum mengumumkan bahwa ia akan mendaftar untuk wajib militer. Dia mendaftar sebagai tentara tugas aktif pada 26 Oktober 2020 dan menyelesaikan tugasnya pada 25 April 2022.

5. Kontroversi


Kontroversi
GQ Korea

Sejak debutnya pada 2012 hingga sekarang, Chen belum pernah sekali pun dililit kontroversi. Ia itu dikenal memiliki imej dan reputasi yang bersih dan jauh dari skandal, bersama dengan kemampuannya yang mumpuni baik di bidang musik.

Namun, Chen mendapat banyak komentar negatif dari fans EXO di Korean usai mengumumkan kehamilan sang kekasih sekaligus pernikahannya. Komentar-komentar sinis dari fans Korea masih ditujukan kepadanya hingga kini saat ia tampil di konser "SMTOWN LIVE 2022" di Suwon Agustus 2022 lalu

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
TV Report

Di 2022, Chen lebih banyak disibukkan dengan kegiatan solo dengan tampil di banyak festival musik. Chen akan menyapa para penggemar di Indonesia lewat acara "We All Are One Kpop Concert 2022" yang akan digelar pada 10-12 November 2022 mendatang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait