Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Diangkat Jadi Perdana Menteri
Instagram/mbsalsaud1
Dunia

Perdana menteri merupakan jabatan yang dipegang oleh raja. Sehingga dengan menunjuk MBS sebagai perdana menteri, Raja Salman telah melanjutkan transfer kekuasaan yang stabil.

WowKeren - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman telah ditunjuk untuk menjadi perdana menteri. Menurut dekret kerajaan yang diterbitkan oleh Saudi Press Agency pada Selasa (27/9), putra mahkota diangkat menjadi perdana menteri dalam perombakan kabinet yang diperintahkan oleh Raja Salman.

Sebagaimana diketahui, pangeran Mohammed telah menjadi penguasa de facto Arab Saudi. Dengan penunjukannya sebagai perdana menteri, itu artinya dia secara resmi berperan sebagai pemimpin pemerintahan kerajaan.

Sebelumnya, putra mahkota yang dikenal dengan inisial MBS tersebut menjabat sebagai wakil perdana menteri sekaligus menteri pertahanan. Sedangkan untuk posisi menteri pertahanan itu akan digantikan oleh adiknya, Khalid bin Salman, yang merupakan wakil menteri pertahanan.

Perdana menteri merupakan jabatan yang dipegang oleh raja. Sehingga dengan menunjuk MBS sebagai perdana menteri, Raja Salman telah melanjutkan transfer kekuasaan yang lambat namun stabil di kerajaan.


Keputusan kerajaan juga menegaskan kembali semua menteri senior lainnya di posisi mereka, termasuk Menteri Keuangan Mohammed al-Jadaan, Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, dan Menteri Investasi Khalid al-Falih. Meski begitu, dalam dekret tersebut tidak dijelaskan alasan di balik penunjukan MBS.

Kantor berita negara Saudi Press Agency mengatakan jika raja yang tetap menjadi kepala negara akan terus memimpin rapat kabinet. MBS, putra mahkota kerajaan yang saat ini berusia 37 tahun, sudah bertanggung jawab atas banyak portofolio utama kerajaan, termasuk ekonomi, pertahanan, minyak, dan keamanan internal.

MBS menjadi pewaris takhta pada 2017, setelah sebelumnya menjabat menteri pertahanan. Sebelumnya pada Mei, Raja Salman sempat dirawat di rumah sakit untuk pemeriksaan dan perawatan medis, sebagaimana dilaporkan SPA.

Sejak naik ke tampuk kekuasaan, MBS telah secara radikal mengubah Arab Saudi. ia telah memimpin upaya untuk mendiversifikasi ekonomi dari ketergantungan pada minyak. Namun, reformasinya juga dibarengi dengan tindakan keras besar-besaran terhadap perbedaan pendapat, melansir Al Jazeera. Sejumlah aktivis, bangsawan, aktivis hak-hak perempuan dan pengusaha telah dipenjara.

(wk/zodi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel