Obat Sirup Dilarang, Lakukan 8 Cara Alami Ini untuk Sembuhkan Flu Anak
Pexels/cottonbro
Health

Tim redaksi WowKeren akan menunjukkan beberapa cara alami untuk menyembuhkan flu pada anak. Dengan begitu, orangtua memiliki alternatif yang lebih aman di tengah pelarangan konsumsi obat sirup.

WowKeren - Fenomena gangguan ginjal akut misterius yang terjadi pada anak-anak tengah menjadi perhatian serius di Tanah Air. Apalagi, tingkat kematian karena penyakit ini mencapai angka yang cukup tinggi yakni mendekati 50 persen.

"Mengingat balita yang teridentifikasi AKI (acute kidney injury) sudah mencapai 70-an (kasus) per bulan. Realitasnya pasti lebih banyak dari ini, dengan fatality atau kematian rate mendekati 50 persen," papar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kamis (20/10).


Karena alasan itu, Kementerian Kesehatan telah menginstruksikan tenaga medis agar tidak meresepkan obat dalam bentuk cair atau sirup. Kemenkes juga telah meminta apotek agar tidak menjual obat dalam bentuk cair untuk sementara waktu.

Imbauan ini membuat banyak orangtua kebingungan, apalagi anak rentan terserang flu di musim penghujan seperti saat ini. Jika Anda merasakan hal serupa, sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir. Sebab Anda bisa menggunakan metode pengobatan tradisional dengan bahan-bahan alami.

Sehubungan dengan hal ini, tim redaksi WowKeren telah merangkum beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati flu anak-anak. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Konsumsi Air Putih Hangat


Konsumsi Air Putih Hangat
Pixabay/Abbat1

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan si kecil. Pastikan anak tetap terhidrasi ketika sedang sakit karena air dapat meredakan gejala flu seperti batuk, pilek dan bersin. Mengkonsumsi banyak air juga akan membasuh lendir yang terjebak di tenggorokan.

Beri air hangat pada anak setiap satu atau dua jam sekali. Anda bisa menambahkan gula, madu atau perasan lemon untuk menambah rasa. Yang perlu Anda perhatikan adalah anak membutuhkan lebih banyak air jika mereka mengkonsumsi sedikit susu dan makanan.

2. Mengkonsumsi Sup Ayam


Mengkonsumsi Sup Ayam
Pexels/Istvan Szabo

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengobati flu pada anak adalah dengan memberinya sup ayam. Sup ayam terbuat dari berbagai macam bahan dan rempah seperti daging ayam, bawang merah, bawang putih serta sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk meredakan berbagai gejala flu dan memulihkan kondisi tubuh saat sakit.

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam sup ayam adalah zat antiinflamasi yang dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas. Makanan hangat ini juga mengandung zat karnosin yang bisa mengatasi kesulitan bernapas karena hidung tersumbat.

3. Berkumur dengan Air Garam


Berkumur dengan Air Garam
Pexels/Mikhail Nilov

Air garam memang terasa asin, sehingga anak-anak mungkin tidak akan menyukainya. Kendati demikian, larutan air garam hangat dapat meredakan iritasi yang menyebabkan batuk. Untuk membuat larutan ini, Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam dengan 1/4 liter air, lalu berikan pada anak untuk berkumur.

Selain dijadikan sebagai larutan, Anda juga bisa menyemprotkan air garam ke hidung anak untuk menghilangkan lendir yang menyumbat. Caranya, tuangkan setengah sendok teh garam ke dalam 1/4 liter air lalu masukkan ke dalam botol tetes. Posisikan anak agar menghadap ke atas, lalu semprotkan air garam dengan hati-hati.

4. Minum Rebusan Bawang Putih


Minum Rebusan Bawang Putih
Pixabay/MaisonBoutarin

Bawang putih juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang efektif menyembuhkan pilek si kecil. Pasalnya, bawang putih merupakan antibiotik, antijamur dan antibakteri alami yang dapat menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan membuat air rebusan bawang putih. Caranya adalah dengan merebus 250 ml air dengan 4 siung bawang putih cincang dan sedikit garam. Berikan rebusan ini dua kali sehari pada anak untuk menghilangkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

5. Berikan Madu


Berikan Madu
Pixabay/fancycrave1

Madu mengandung anti mikroba yang dapat membantu melawan virus penyebab flu. Bahan alami ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga sangat cocok diberikan saat anak mengalami flu. Bahkan rasa manisnya dapat membantu produksi saliva yang bisa mengencerkan lendir agar lebih mudah dikeluarkan.

Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda bisa mencampur madu dengan air hangat, perasan lemon atau air jahe. Berikan secara berkala pada anak sampai mereka benar-benar sembuh. Namun ingat, jangan pernah memberikan madu untuk bayi di bawah 1 tahun karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti keracunan, kerusakan gigi hingga obesitas.

6. Buat Wedang Jahe


Buat Wedang Jahe
Pixabay/WebTechExperts

Jahe juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Kandungan antivirus di dalam jahe mampu melawan batuk dan pilek pada anak. Selain itu, jahe juga dianggap sebagai pereda nyeri dan demam alami.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut. Pertama, campur perasan air jahe dengan teh atau madu untuk mengurangi aromanya yang kuat. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai wedang jahe yang dapat menghangatkan tenggorokan dan tubuh si kecil.

7. Beri Si Kecil Air Lemon


Beri Si Kecil Air Lemon
Pixabay/azzurrodesign

Lemon juga dianggap sebagai salah satu obat flu yang paling efektif. Buah ini mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun dan menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Lemon juga mengandung asam sitrat yang mampu meredakan pilek pada anak.

Berikan jus lemon hangat saat si kecil terserang flu. Perasan jeruk lemon yang dicampur dengan madu akan lebih baik karena dapat meningkatkan efek bakterisida. Selain itu, Anda juga bisa memberikan potongan lemon untuk diisap jika anak menyukai rasanya.

8. Buat Perasan Kunyit


Buat Perasan Kunyit
Pixabay/stevepb

Kunyit yang biasa kita temukan di dapur juga dianggap sebagai salah satu obat flu paling efektif. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat antiseptik yang dapat mengobati infeksi virus seperti batuk dan pilek. Bahan ini bahkan dapat melembapkan tenggorokan kering dan melancarkan pernapasan.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, sebaiknya parut kunyit lalu peras hingga airnya keluar. Berikan perasan kunyit pada anak atau tambah dengan madu untuk memperkaya rasanya. Anda juga bisa mencampur kunyit ke dalam segelas susu hangat, lalu berikan pada anak setiap malam.

Nah itu dia delapan cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan flu pada anak. Anda juga harus memastikan agar si kecil mendapat istirahat yang cukup dan tidak berolahraga untuk sementara waktu agar kondisi tubuhnya cepat pulih. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru