Terbaru Bunga Zainal, Deretan Artis Ini Pilih Melipir Kerja Di Belakang Layar
Instagram/bungazainal05
Selebriti

Tak hanya akting di depan kamera, sejumlah artis Tanah Air ada yang ingin mencoba tantangan baru dengan ikut berkecimpung di dapur produksi pembuatan film.

WowKeren - Akting para selebriti Tanah Air di layar kaca maupun layar lebar memang sering kali membuat penggemarnya kagum. Mereka selalu berusaha untuk membawakan peran mereka dengan baik untuk menghidupkan karakter fiksi mereka. Tentu saja, ini bukan hal yang mudah namun memerlukan fokus yang tinggi dan juga kemampuan yang bukan kaleng-kaleng.

Namun, meski sudah mampu menghasilkan karya-karya terbaik lewat peran yang dimainkannya, tak sedikit dari artis Tanah Air yang masih merasa tertantang untuk melakukan sesuatu yang lebih. Sehingga hal ini pun membuat mereka melirik dunia di balik layar di mana serangkaian proses produksi berlangsung.


Berbicara mengenai pekerjaan di balik layar, perlu digarisbawahi bahwa untuk bisa sukses, sebuah film perlu melalui serangkaian proses yang panjang. Tak hanya kemampuan artis untuk menghidupkan karakter mereka, namun kru yang bekerja di balik layar juga bekerja keras untuk menghasilkan sebuah film hingga bisa dinikmati oleh para pemirsa di rumah.

Tantangan inilah yang menjadi salah satu alasan artis Tanah Air mencoba pekerjaan di balik layar. Tak hanya akting, mereka juga ingin mencoba tantangan baru dengan ikut terlibat di dapur produksi. Beberapa dari mereka ada yang menjadi sutradara maupun produser. Tentu saja, setiap profesi memiliki risiko dan tantangan yang berbeda.

Namun, justru itulah yang menjadi kesenangan para artis yang berkecimpung di dalamnya. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak para pembaca sekalian untuk mengetahui siapa saja artis Tanah Air yang kemudian turut mencoba untuk ikut terlibat dalam pekerjaan di balik layar. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Bunga Zainal


Bunga Zainal
Instagram/bungazainal05

Artis yang baru-baru ini memutuskan untuk beralih bekerja di balik layar adalah Bunga Zainal. Baru-baru ini, ia memulai debutnya sebagai produser eksekutif film dari rumah produksi ScreenMedia Films yang berjudul "Crazy Stupid Love". Meski mengalami kesulitan, ia dibantu oleh sang suami yang juga menjabat sebagai produser, Sukhdev Singh.

Bunga mengatakan jika sang suami mengajarinya dengan telaten mulai dari nol. "Si bapak ini (Sukhdev) cukup mengajarkan saya tentang pekerjaan sekarang, yaitu di tim produksi. Bedanya hanya enggak turun lapangan," katanya saat jumpa pers. Kendati begitu, Bunga mengaku bahwa ia tidak menutup pintu untuk kembali ke dunia akting jika memang ada peran yang cocok.

2. Ernest Prakasa


Ernest Prakasa
Instagram/ernestprakasa

Setelah puas menjalani profesinya sebagai seorang aktor, Ernest Prakasa mulai menjajal dunia balik layar dengan menjadi sutradara. Ia debut sebagai sutradara sekaligus penulis skenario lewat filmnya yang berjudul "Ngenest". Seakan ketagihan dengan profesinya itu, Ernest kembali menjadi sutradara dan penulis lagi lewat "Cek Toko Sebelah".

Ia mengakui bahwa bekerja di balik layar memang lebih menyenangkan. Menurutnya, hal itu bisa melengkapi proses untuk berkarya di industri layar lebar. "Saya lebih menikmati proses berkarya dari ide cerita, kemudian ditulis jadi skenario, kemudian masuk ke perancangan dan syuting. Hingga kemudian proyek itu menghasilkan produk jadi," ujarnya.

3. Umay Shahab


Umay Shahab
Instagram/umayshahab

Umay Shahab yang pernah dikenal sebagai artis cilik telah membintangi berbagai judul film, serial televisi, maupun serial web. Ingin menjajal pekerjaan di balik layar, Umay pun mulai terjun menjadi seorang sutradara. Ia debut lewat film pertamanya yang berjudul "Kukira Kau Rumah". Jadi awal yang baik, film yang dibintangi Prilly Latuconsina itu mendapatkan sambutan positif.

Rupanya, keinginan Umay untuk menjadi seorang sutradara sudah ada sejak kecil. Sehingga berbekal pengalaman yang ia dapat dari berbagai peran yang dilakoninya di layar kaca maupun layar lebar, Umay pun mulai membuat film pendek pada tahun 2014 lalu dengan judul "Cinta di Balik Awan".

4. Chicco Jerikho


Chicco Jerikho
Instagram/chicco.jerikho

Aktor kenamaan Chico Jericho selain dikenal hebat dalam membawakan peran, juga ingin menjajal rasanya kerja di balik layar. Chicco yang mencoba untuk menjadi produser pun bergabung dengan rumah produksi Visinema Pictures. Beberapa film yang ikut ia produseri termasuk "Filosofi Kopi 2", "Bukaan 8", dan "Love for Sale". Terbaru, ia memproduseri "Ben & Jody" pada 2021 lalu.

Terjun menjadi produser, Chicco mengaku ingin belajar sesuatu yang belum pernah dilakukannya. Seperti untuk bekerja di balik layar. "Karena gua mau coba bisnisnya itu kayak gimana sih? Apa sih yang dilihat dari kacamata seorang produser untuk memproduksi film bagaimana jalaninnya strateginya seperti apa, gitu," katanya beberapa waktu lalu.

5. Prilly Latuconsina


Prilly Latuconsina
Instagram/prillylatuconsina96

Prilly Latuconsina tak hanya dikenal membintangi film, namun juga sebagai produser. Ia debut sebagai produser lewat film "Kukira Kau Rumah". Film yang mengangkat tema kesehatan mental ini juga diperankan oleh Prilly. Ia pun sempat menceritakan pengalamannya. "Deg-degannya lebih dari apapun. Karena bener-bener ngurusin dari nol sampe hari ini," katanya awal tahun lalu.

Debut kerja di balik layar, Prilly pun mengakui jika dirinya masih dipandang sebelah mata. Dia dianggap terlalu berani bahkan nekat untuk memulai debut produsernya mengingat dia masih muda. "Cuma kan kita nggak bisa menutup pendapat orang-orang ya, jadi buktikannya lewat karya aja," katanya santai.

6. Derby Romero


Derby Romero
Instagram/derbyromero

Derby Romero pertama kali membintangi film di usia sepuluh tahun lewat "Petualangan Sherina". Setelah membintangi sejumlah judul film, dia pun memulai debut sutradaranya lewat "Mati Anak" yang dibintangi oleh Cinta Laura. Menurutnya, bekerja di balik layar cukup seru. "Tantangan terbesar adalah bagaimana mewujudkan apa yang ada di otak gue," katanya beberapa waktu lalu.

Tak berhenti di kursi sutradara, Derby pun merambah ke produser. Hingga lewat "Sekte", ia memulai debutnya sebagai produser. Di film ini, dia juga bermain sebagai pemeran bersama Rizky Nazar, Asmara Abigail, dan Gesata Stella. Selain sibuk di dunia hiburan, Derby memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya dan menetap di luar negeri.

7. Wulan Guritno


Wulan Guritno
Instagram/wulanguritno

Sukses membintangi sederet judul film terkenal seperti "Janji Joni", "Gie", hingga "Nagabonar Jadi 2", membuat Wulan Guritno tertantang untuk merasakan kerja di balik layar. Ia pun terjun untuk memproduseri film. Tampaknya, ia mulai ketagihan setelah memproduseri "I Am Hope" pada tahun 2016 lalu. Ia kini sedang mempersiapkan film keduanya.

"Terakhir 'kan aku bikin film udah lama banget. Kemarin tuh sempat semangat lagi terus pandemi dateng tapi tetep dengan tim aku brainstorming mau bikin cerita apa," katanya kepada wartawan. Lebih jauh, Wulan juga memaparkan jika tanggung jawab menjadi produser jauh lebih besar dibanding aktor.

8. Dian Sastro


Dian Sastro
Instagram/therealdisastr

Julukan artis multitalenta yang melekat pada artis cantik Dian Sastro memang bukan tanpa alasan. Tak hanya jago akting, Dian juga terjun sebagai produser di "Guru-Guru Gokil" tahun 2020 lalu. Adapun alasannya memilih film komedi adalah bahwa itu lebih menantang karena perlu memutar otak bagaimana untuk bisa membuat orang tertawa.

Rupanya tak hanya berhenti di situ, Dian juga ingin mengembangkan kemampuannya bekerja di balik layar dengan menjadi sutradara dalam Quarantine Tales untuk "Nougat". Sebagai pengalaman baru, Dian menyebut profesi ini menjadi tantangan baginya. Tak hanya itu, ia menyebut jika profesi sutradara juga menyenangkan baginya.

9. Rano Karno


Rano Karno
Instagram/si.rano

Rano Karno telah terjun ke dunia hiburan sejak tahun 1971 lewat "Malin Kundang, Anak Durhaka". Sudah ada puluhan film yang dibintanginya hingga kini. Rano juga aktif bekerja di balik layar sebagai penulis cerita lewat "Anak-Anak Malam" dan "Macan Kampus". Hingga pada tahun 2018, ia memulai debut penyutradaraan lewat "Si Doel the Movie".

Di film itu, mantan gubernur Banten tersebut juga bertindak sebagai penulis skenario dan produser eksekutif. Kini, Rano tengah sibuk dengan syuting "Si Doel The Series". Hal itu diketahui dari unggahan di Instagram miliknya. Di serial ini, Rano Karno akan membintangi bersama Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha hingga Aminah Cendrakasih.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait