HITSfluencer : Nathalia Nabella, 'Dokter Cinta' yang Kuak Rahasia Bangun Hubungan Sehat
Dokumentasi Nathalia
Selebriti

Toxic relationship umumnya berawal dari hal-hal kecil yang jarang disadari. Karena itulah, Nathalia Nabella secara aktif membagikan tips hingga fakta yang menunjang sehatnya sebuah hubungan percintaan. Seperti apa?

WowKeren - Sudah bukan rahasia lagi jika saling menjaga komunikasi adalah salah satu tips membangun sebuah hubungan percintaan agar tetap langgeng. Meski demikian, masih banyak orang yang acuh hingga terjebak dalam sebuah hubungan yang toxic. Agar tak banyak orang terjebak pada hubungan yang tidak sehat, Nathalia Nabella pun kerap membagikan beberapa tips hingga fakta-fakta yang bisa menunjang sehatnya sebuah hubungan.

Aktif di TikTok sejak 2020, pemilik akun TikTok, @nathalianabellaa kini sudah menjaring lebih dari 661 ribu followers. Tak hanya itu saja, Nathalia juga sukses mendapatkan lebih dari 23,8 juta likes. Lewat konten unggahannya, wanita yang lebih akrab disapa Nata ini berhasil membuat makin banyak orang aware tentang kesalahan-kesalahan "kecil" yang kerap membuat hubungan percintaan jadi retak.


Salah satu konten Nata yang amat populer adalah saat ia mengunggah pembahasan tentang gesture cinta Regi Datau, suami Ayu Dewi. Dalam video yang diunggah pada 1 Oktober 2022 ini ia menjelaskan bahwa Regi Datau terlihat tak membalas genggaman Ayu Dewi. Pembahasan mendalam yang mengikuti momen ini pun sukses mendapatkan total lebih dari 7,3 juta penayangan.

Selain pembahasan gesture bahasa cinta, konten Nata lainnya yang tak kalah mencuri perhatian adalah saat ia membahas tentang ciri-ciri cewek yang setia. Video yang sudah diunggah pada September 2021 ini berhasil meninggalkan kesan di hati para penonton. Terbukti, video tersebut sampai mencuri perhatian lebih dari 2,2 juta penonton.

Eksklusif hanya kepada WowKeren, Nata membeberkan rahasia membangun hubungan yang sehat hingga jatuh bangunnya sebagai konten kreator. Penasaran seperti apa kisah selengkapnya? Simak ulasan lengkap Nata berikut ini!

(wk/yoan)

1. Pernah Taklukkan Siswa SD Sampai Sering Jadi Tempat Curhat


Pernah Taklukkan Siswa SD Sampai Sering Jadi Tempat Curhat
TikTok/nathalianabellaa

Nata memulai ketertarikannya mempelajari kepribadian orang sejak ia aktif sebagai guru SD. Saat itu, ia banyak menemukan berbagai permasalahan yang mengharuskan dirinya dekat dengan siswa. Puncaknya, ia berhasil "menaklukkan" siswa yang terkenal cukup nakal.

"Aku sebenarnya background-nya pendidikan guru SD, dulu aku sering menangani permasalahan anak-anak," kenang Nata. "Yang paling membekas ada salah satu anak cowok yang nakal banget. Orang-orang sekitar itu menjauhi tapi aku malah sebaliknya, aku masuk ke dunia dia sebagai teman. Akhirnya dia mau cerita-cerita dan mau mendengarkan perkataanku dan perilakunya berubah jadi lebih baik lagi."

Ketertarikan Nata pun berkembang hingga ia jadi makin rajin mempelajari perilaku orang-orang. "Sejak saat itu, aku jadi ada minat untuk mendalami perilaku orang. Ketika ada yang curhat, aku melihat dari dua sisi. Jadi, aku juga enggak melihat hanya dari satu pihak saja," tutur Nata. "Berawal dari pengalaman pribadi itu, aku sering dijadikan tempat curhat sama teman-teman. Menurut mereka, aku dianggap bisa memberi solusi. Sekarang, ada beberapa followers yang ikut DM terus curhat juga."

2. Dalami Relationship Berbekal Pengalaman


Dalami <i>Relationship</i> Berbekal Pengalaman
TikTok/nathalianabellaa

Banyaknya orang terdekat yang meluapkan isi hati dengan bebas pada Nata membuatnya jadi belajar banyak hal. "Aku mengerti relationship ini juga otodidak. Selain pengalaman pribadi, aku juga sering belajar dari permasalahan percintaan teman-temanku. Ternyata, memang siklusnya gitu-gitu saja dan akhirnya aku simpulkan," terang Nata. "Aku juga sering sharing sama mama dan melihat relationship dari keluargaku sendiri. Selain itu juga dari film dan permasalahan orang-orang disekitarku."

Merasa banyak terbantu setelah curhat, orang-orang terdekat lantas mendorong Nata untuk mengunggah konten di TikTok. Ia pun lantas mengawali konten dengan pembahasan relationship disertai cuplikan adegan-adegan film. Tak diduga, kontennya satu itu mendapatkan cukup banyak sorotan. Nata pun lantas makin makin mengembangkan konten-kontennya.

"Teman-teman (yang curhat) sama aku pada memberi saran untuk coba bikin konten relationship di TikTok. Awalnya aku iseng-iseng bahas tentang toxic relationship yang ada cuplikan adegan film. Ketika ada ilustrasi, orang-orang akan lebih mengerti. Karena kadang kalau misalkan cuma ngomong saja enggak ada ilustrasi, orang bingung," sambung Nata. "Dari situ, lumayan ada orang yang 'nagih' dengan kontenku, akhirnya berkecimpung lah di TikTok."

3. Momen Pertama Kali Viral Hingga di-Notice Ria Ricis


Momen Pertama Kali Viral Hingga di-<i>Notice</i> Ria Ricis
TikTok/nathalianabellaa

Dari potongan adegan film sebagai penguat ilustrasi keadaan, Nata akhirnya banjir pertanyaan lain di kolom komentar. Karena itulah, ia akhirnya memutuskan untuk inframe di depan kamera demi menjelaskan tips-tips hubungan lebih lanjut. Nata pun mengemas konten sedemikian rupa dengan gaya bahasa bak sedang ngobrol dengan teman. Alhasil, video tips unggahannya pun kian viral hingga di-notice Ria Ricis.

"Pertama (upload) memang dengan potongan adegan film. Cuma, lama-kelamaan aku enggak bisa mengutip dari film terus. Ada beberapa followers yang komentar ingin aku menjelaskan, Dari situ akhirnya aku balas komentar dengan inframe," beber Nata. "Pertama kali viral itu waktu aku bahas tentang godaan sebelum menikah, sampai Ria Ricis komentar. Waktu itu mungkin posisinya relate."

Nata mengaku bahwa saat pertama kali videonya viral di jagat maya, ia sama sekali tak menyangka. Pasalnya, dari awal membuat konten ia murni hanya iseng-iseng saja. Mendapatkan banyak respon positif, Nata lantas jadi makin bersemangat menyebarkan energi-energi positif. Ia berharap makin banyak orang terbantu lewat tips dan fakta tentang relationship yang diunggahnya.

4. Dapat Panggilan Khusus Dari Teman Hingga Followers


Dapat Panggilan Khusus Dari Teman Hingga <i>Followers</i>
TikTok/nathalianabellaa

Seringnya memberikan penyelesaian beragam permasalahan seputar cinta membuat Nata sampai-sampai mendapatkan panggilan khusus. Menurutnya, panggilan ini disematkan oleh teman-teman dekat. Bahkan, para followers Nata pun juga sempat mengalamatkan panggilan yang sama. "Dokter cinta. Teman-teman dan beberapa followers-ku sering ada yang bilang aku gitu," ujar Nata sembari tersipu.

Nata mengungkapkan bahwa sebagian besar audiensnya adalah wanita. Hal inilah yang membuatnya kerap membagikan tips dan fakta-fakta yang dikhususkan untuk wanita. Dalam kontennya, ia ingin memberi reminder dan membuka mata para wanita agar selalu menyeimbangan antara perasaan dan logika saat mencintai seseorang.

"Kebanyakan followers-ku cewek. Jadi, aku lebih dominan (memberi tips) untuk cewek. Aku sebenarnya bikin konten itu ingin menyadarkan wanita jaman sekarang agar tidak terlalu bucin (budak cinta). Bucin boleh, tapi harus tahu dulu pasangannya seperti apa. Jangan sampai bucin sendirian," tutur Nata. "Misalkan, banyak orang yang tidak ada potensi untuk jadi suami tapi masih tetap dipertahankan, nah itu aku suka greget banget untuk reminder. Jadi, aku suka banget kalau sudah bahas cara memilih pasangan."

5. Tantangan Eksekusi Ide Hingga Dapat Komentar Negatif


Tantangan Eksekusi Ide Hingga Dapat Komentar Negatif
TikTok/nathalianabellaa

Meski mengaku sangat suka memberikan tips-tips seputar hubungan, Nata juga kerap kali ada di fase kehabisan ide. Saat hal ini terjadi, biasanya ia akan mengambil waktu untuk lebih banyak berinteraksi dengan sekitar. Selain itu, membaca DM curhatan dari followers di Instagram, @nathalianabella juga menjadi jalan ninjanya untuk mencari ide konten.

"Tantangannya terberatnya paling ide. Karena kadang bingung juga mau bikin konten apa. Cuma, yang namanya hubungan kan enggak pernah habis. Saat ideku sudah stagnan, aku biasanya interaksi sama orang-orang, nanti pasti tiba-tiba ada inspirasi," ungkap Nata. "Kadang juga ada yang curhat di DM, aku buat konten tapi namanya aku blur. Karena siapa tahu banyak orang juga yang mengalami hal itu."

Banyak mendengarkan permasalahan orang lain bukan berarti Nata selalu baik-baik saja. Saat hal itu terjadi, susah baginya untuk membuat konten apalagi harus memberikan solusi kepada orang lain. Belum lagi ketika ia mendapatkan komentar negatif dari orang-orang yang menonton kontennya. Meski demikian, Nata bisa melalui semua tantangan tersebut berkat support dari orang-orang terdekat.

6. Tips Jaga Hubungan Agar Sehat dan Langgeng ala Nathalia


Tips Jaga Hubungan Agar Sehat dan Langgeng ala Nathalia
TikTok/nathalianabellaa

Pada WowKeren, Nata secara khusus berbagi tips untuk menjaga hubungan agar tetap sehat dan langgeng. Menurutnya, komunikasi adalah salah satu kunci yang paling penting. Selain komunikasi, ia juga memaparkan bahwa dalam sebuah hubungan perlu adanya toleransi. Saat kedua hal tersebut bisa diaplikasikan, maka hubungan percintaan dijamin akan langgeng.

"Untuk membangun hubungan agar sehat, komunikasinya harus lancar. Kalau ada masalah harus diobrolin baik-baik. Jadi, untuk bikin hubungan yang nyaman dan langgeng itu harus ada komunikasi, toleransi, dan jangan silent treatment," tutur Nata. "Tanda-tanda relationship sudah tidak sehat itu kalau sudah ada kekerasan, tindakan abusive serta penyerangan verbal dan fisik. Kedua, bisa jadi komunikasinya sudah kurang. Kalau ada masalah lari, tidak mau komunikasi untuk menyelesaikan."

Nata juga membagikan pesan bagi orang-orang yang terjebak dalam toxic relationship. "Kadang ada orang yang susah keluar dari hubungan toxic alasan utamanya masih cinta. Jadi, tetap bertahan karena takut walaupun pasangannya sudah bertindak aneh. Biasanya ini disebabkan karena keyakinan pasangannya akan berubah. Padahal, kalau dari awal hubungan sudah ada kekerasan, itu akan susah berubah," beber Nata. "Buat kalian yang terjebak di hubungan toxic, jalani saja sampai capek. Karena walaupun sudah mendapat nasihat dari orang tapi belum capek menjalani, enggak akan didengar. Jadi, jalani saja sampai capek."

7. Temukan Kebahagiaan Lewat Konten


Temukan Kebahagiaan Lewat Konten
TikTok/nathalianabellaa

Nata mengaku bahwa dunia konten kreator mengantarkannya menemukan sebuah kebahagiaan baru. Pasalnya, banyak orang-orang yang terang-terangan mengaku merasa terbantu berkat unggahan kontennya. Keadaan ini tentu saja menjadi motivasi utama Nata untuk selalu aktif membuat konten selanjutnya.

"Selama jadi konten kreator ini, pengalaman menariknya aku merasa orang-orang membutuhkanku. Karena banyak orang yang terbantu dan mencariku ketika galau. Di situlah aku merasa berguna karena ada kepuasan tersendiri ketika bisa membantu orang-orang," beber Nata. "Aku juga semangat bikin konten karena aku menemukan kebahagiaan ketika aku bisa memberi solusi ke orang."

Kedepannya, Nata berencana untuk terus mengembangkan kontennya. "Untuk rencana ke depan aku lagi coba upload YouTube juga. Di sana mungkin nanti aku bikin konten dengar curhatan dari followers, kalau ada yang mau curhat," imbuh Nata. "Untuk TikTok target dekat aku rencananya ingin menyisipkan konten-konten tentang parenting. Karena jujur saja aku sangat suka anak kecil." Dengan kontennya, ia berharap bisa menjangkau dan membantu lebih banyak orang. Semoga sukses selalu, Nata!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru