Aurel Hermansyah dan 11 Artis Ini Jawab Menohok Saat Jadi Korban Body Shaming
Instagram
Selebriti

Setiap artis memiliki caranya masing-masing dalam menghadapi komentar pedas para netizen yang julid dengan tubuh mereka. Begini tanggapan menohok mereka soal body shaming.

WowKeren - Memiliki bentuk tubuh yang ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Namun sayangnya, tidak semua orang mau memahami jika setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda karena suatu hal. Jika ada seseorang yang tidak memiliki bentuk tubuh sesuai ekspektasi mereka, tak jarang ujaranbody shaming pun terlontar. Padahal, body shaming bisa berdampak pada mental para korbannya.

Body shaming bisa dialami oleh siapa saja, bahkan para artis Indonesia pun tak lepas dari menjadi korban aksi tercela yang satu ini. Tak sedikit dari mereka yang harus menerima ujaran kebencian seperti body shaming yang menyayat hati. Biasanya, ujaran body shaming dilontarkan netizen yang kurang puas dengan penampilan seorang artis.


Padahal, sebagai seorang figur publik, mereka tentu berusaha tampil semaksimal mungkin. Paras menawan dan tubuh yang elok pun rupanya masih kurang di mata netizen yang kerap memberikan komentar nyinyir. Ada kalanya, ketika seorang artis mengunggah foto di Instagram namun penampilan mereka tidak sesuai dengan netizen, maka dari situlah kritikan muncul.

Setiap artis pun memiliki caranya masing-masing dalam menghadapi komentar pedas para netizen yang julid dengan tubuh mereka. Ada yang mendiamkan dan ada pula yang tegas memberi balasan menohok untuk membungkam para netizen.

Untuk itu, melalui artikel ini tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk melihat artis mana saja yang tegas memberikan jawaban menohok dalam menanggapi body shaming yang mereka terima. Yuk, simak selengkapnya!

(wk/zodi)

1. Aurel Hermansyah


Aurel Hermansyah
Instagram/aurelie.hermansyah

Kerap tampil anggun dan glamor tak lantas menghindarkan seseorang dari ujaran body shaming. Seperti Aurel Hermansyah yang baru-baru ini mengalami body shaming dari netizen. Hal itu diketahui dari unggahan Aurel di Instagram yang memperlihatkan tangkapan layar dari beberapa komentar netizen yang mengkritik bentuk tubuhnya.

Mereka menyebut jika badan Aurel sudah tidak mencerminkan body goals setelah melahirkan. Bahkan ada yang mengajaknya berolahraga karena menyebut badan Aurel sudah tidak terkontrol. Namun, alih-alih marah, Aurel justru memberikan jawaban anggun namun menohok. Dalam unggahan itu ia tidak mengatakan apa-apa namun hanya sebuah emoji senyum.

2. Prilly Latuconsina


Prilly Latuconsina
Instagram/prillylatuconsina96

Kekesalan atas body shaming juga pernah dialami oleh Prilly Latuconsina. Hal itu bermula ketika ada seseorang yang ingin berfoto dengannya. Alih-alih mengucapkan terima kasih, orang tersebut justru mengomentari kondisi fisik Prilly. Menurut Prilly, komentar semacam itu tidaklah perlu. Lewat Instagram Story, ia mencurahkan isi hatinya.

"Boleh gak sih kalo minta foto, setelahnya bilang 'makasih' bukannya 'ka kalo di TV gendut gede bgtt'," tulis Prilly. Sebab menurut Prilly, komentar-komentar semacam itu bisa berdampak pada dirinya. Sebab, Prilly juga sudah berusaha keras untuk berolahraga dan menjaga pola makan. Ia pun menyayangkan bahwa kejadian itu tak hanya sekali saja.

3. Tasya Kamila


Tasya Kamila
Instagram/tasyakamila

Bentuk tubuh yang berubah setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Namun sayangnya, masih ada saja orang yang belum paham mengenai hal ini. Bahkan, mantan artis cilik Tasya Kamila juga harus bersabar menghadapi body shaming yang didapatnya setelah melahirkan. Lewat unggahan Instagram, ia menegaskan bahwa berat badannya memang bertambah selama hamil.

Ia mengaku tidak habis pikir dengan komentar netizen yang seperti itu. "Buat yg pd komen 'ih gendut ya tembem bgt kak!!' yaiyalah ini baru 3 hari brojolin anak bayi, dan selama hamil pun ngga tanggung2 aku naik 18 kg! Ada2 saja kalian netijen di negara berflower," tulis Tasya sembari menyertakan foto cantik dirinya yang sedang tersenyum.

4. Jennifer Coppen


Jennifer Coppen
Instagram/jennifercoppenreal20

Sering kali, wanita yang memiliki kulit putih mulus dianggap baru bisa memenuhi standar kecantikan yang kerap digaungkan orang-orang. Padahal, setiap orang memiliki kecantikannya masing-masing. Sayangnya, Jennifer Coppen pernah mengalami body shaming hanya karena warna kulitnya yang dinilai tidak sesuai dengan anggapan standard kecantikan orang-orang.

Jennifer pun dengan tegas mengingatkan netizen bahwa komentar-komentar body shaming bisa menyakiti perasaan orang lain, tak terkecuali para artis. Ia meminta ke haters jika memang mereka tidak bisa berkata-kata yang baik maka lebih baik diam. Ia juga mempersilakan mereka yang tidak suka dengannya untuk mengebloknya.

5. Aura Kasih


Aura Kasih
Instagram/auraurakasih

Meski sempat jarang muncul di layar televisi setelah melahirkan anak pertamanya pada pertengahan 2019 lalu, Aura Kasih masih aktif di media sosial. Sebagai ibu menyusui yang baru saja melahirkan, Aura kerap mendapat berbagai komentar pedas mengenai penampilannya. Oleh sebab itu, melalui unggahannya, ia sampai membuat daftar pertanyaan yang harus dihindari ketika berbicara dengan ibu hamil.

Salah satunya adalah mengenai bentuk tubuh yang melar setelah melahirkan. Selain itu, pertanyaan kapan akan mulai menurunkan berat badan dan naik berapa kilo juga tak kalah membuat ibu hamil stres. "Gak mudah menerima perubahan jadi mending gak usah komen tentang perubahan fisik," tegas Aura.

6. Nagita Slavina


Nagita Slavina
Instagram/raffinagita1717

Nagita Slavina dikenal sebagai artis yang tak suka ambil pusing dengan hal-hal negatif. Begitu pula saat dirinya mendapat cibiran soal bentuk tubuh. Ia tak memungkiri jika memang masih ada beberapa orang yang mencibirnya soal bentuk tubuh. Menanggapi ini, Nagita memilih untuk tidak membaca komentar-komentar semacam itu.

Ia memilih untuk tidak meladeni atau ambil pusing dengan hal itu. Sebab, kesibukannya sebagai seorang figur publik juga sudah membuatnya pusing. "Orang beropini ada yang suka ada yang nggak suka. Kita nggak perlu memusingkan, kita udah punya kerjaan bikin pusing, ngurusin ini, ngurusin itu," kata Nagita beberapa waktu lalu.

7. Putri Titian


Putri Titian
Instagram/putrititian

Hingga kini, masih banyak yang beranggapan bahwa body goals adalah dengan memiliki bentuk tubuh yang langsing sehingga jika ada artis yang dianggap tidak sesuai dengan konsep ini maka akan dikritik. Dan seperti biasa, netizen di lain sisi juga kerap ikut campur mengatur kehidupan para artis meski tidak tahu keseharian mereka.

Seperti yang dialami Putri Titian beberapa waktu lalu. Kala itu, ia mengunggah foto dirinya berpose berdiri menyamping dan menoleh ke belakang menghadap kamera. Meski banyak yang memuji, ada juga netizen yang malah menyuruhnya untuk berduet. Putri pun membalasnya dengan ketus, "Makasih, mau diet mau engga bukan urusan lu," katanya.

8. Maudy Ayunda


Maudy Ayunda
Instagram/maudyayunda

Menjadi seorang aktris yang cantik berprestasi rupanya tak membuat Maudy Ayunda terhindar dari body shaming. Ia sempat menjadi korban komentar jahat netizen lantaran bentuk tubuhnya yang dianggap terlalu kurus. Maudy pun sempat mengungkap kekesalannya melalui video di Instagram. Ia mengaku tak habis pikir mengapa orang-orang bisa berkomentar jahat.

Sebab, meski itu hanya komentar namun bisa menyakiti hati orang lain. Maudy juga heran apa yang mereka dapat dengan menghujat kondisi fisik orang lain. "Menurutku, tidak ada seorangpun yang berhak menghakimi atau mem-bully orang lain, mau itu di dunia nyata maupun di dunia maya," katanya.

9. Yuni Shara


Yuni Shara
Instagram/yunishara36

Yuni Shara selama ini dikenal sebagai artis yang awet muda. Betapa tidak, di usianya yang tak lagi muda, wanita yang satu ini masih tampil cantik dan bugar. Kecantikannya seakan tak lekang oleh waktu. Namun sayangnya, ia juga tak terhindar dari komentar jahat haters. Hal itu bermula ketika ia mengunggah foto mengenakan kemben dengan bagian bahu terbuka.

Seorang netizen mencibir bahwa meski Yuni memiliki wajah yang awet muda namun tangan dan bagian tubuh lainnya tetap tidak bisa menyembunyikan tanda-tanda usia yang tak lagi muda. Yuni pun mengakui jika usianya tak lagi muda, dengan menambahkan, "Saya santai banget dengan keriput saya, malah ibu yang kurang santai liatnya. Hehe..."

10. Audy Item


Audy Item
Instagram/audyitem

Audy Item pernah menghadapi body shaming yang amat menyakitkan dari netizen. Pasalnya, ia dianggap tak pantas untuk menjadi istri dari Iko Uwais karena memiliki tubuh yang tidak proporsional. Mendapati istrinya kerap mendapat serangan dari para haters, Iko Uwais pun pasang badan membela sang istri dengan memberikan komentar yang menohok.

Sebab, dia sendiri sama sekali tidak pernah mempermasalahkan bentuk tubuh Audy. Justru, ia mengaku bersyukur memiliki istri seperti Audy yang sangat setia. "Mau cantik, jelek, gembrot, ini istri saya. Alhamdulillah dia sangat mulia, sudah dikasih anugerah sama Allah dua anak sempurna," katanya tegas.

11. Sabrina Chairunnisa


Sabrina Chairunnisa
Instagram/sabrinachairunnisa_

Disebut memiliki badan yang terlalu kurus, Sabrina Chairunnisa mengaku sudah biasa menerima komentar jahat dari para haters. Lewat unggahan Instagram, ia sempat menyinggung masalah ini. Sebab, meski mungkin ia bisa saja berlaku cuek menghadapi ujaran kebencian semacam itu, namun tidak dengan orang-orang sekitarnya sehingga hal itu membuatnya prihatin.

"Kerempeng! Kurus banget! Ga ada montok2 nya! MASAK SIHHHH. Sakit hati ga sih kak di gituin? Down ngga sih? NOPE! Udah biasa, udah kelatih mentalnya dari dulu.." tulisnya. Ia juga mengingatkan bahwa kalimat-kalimat semacam itu bisa berdampak besar dalam diri seseorang. "Kalaupun kalian khawatir dgn bb mereka, kasi masukan dengan bahasa yg HALUS," katanya lagi.

12. Kiky Saputri


Kiky Saputri
Instagram/kikysaputrii

Terakhir, ada Kiky Saputri yang juga tak lepas dari komentar jahat netizen. Ia pernah mengalami body shaming dari haters-nya. Hal itu diketahui dari unggahan videonya beberapa waktu lalu yang memperlihatkan dirinya bernyanyi dengan merdu. Banyak yang memuji suara Kiky dan tak sedikit pula yang mengaku terkejut lantaran Kiky rupanya tak hanya jago ngelawak namun juga menyanyi.

Namun selain itu, ada juga netizen yang selalu memandang sesuatunya dengan cara negatif. Salah satu netizen kedapatan mengomentari bentuk hidung Kiky. Tak tinggal diam, Kiky pun membalas sambil mengingatkan netizen itu. "Setidaknya, aku tidak pernah menyakiti hati orang lain dengan merendahkan fisiknya," katanya.

Nah, itulah tadi sederet seleb yang juga tak lepas dari body shaming. Terkadang, hujatan kebencian memang harus ditanggapi dengan tegas. Agar tidak menyakiti orang lain, maka penting untuk mempertimbangkan kata-kata sebelum berkomentar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait