Meme Lagi Trend, Simak Tips Anti Ribet Ciptakan Yang Simple Tapi Menghibur
Pexels/Mikhail Nilov
SerbaSerbi

Penggunaan Meme saat ini sedang populer di tengah masyarakat. Yuk, simak 8 tips membuat meme yang mudah dan simpel namun tetap menghibur hati banyak orang.

WowKeren - Akhir-akhir ini banyak bermunculan trend meme lucu di media sosial. Trend meme ini tak jarang menghibur hati masyarakat. Bahkan banyak orang mulai berlomba-lomba menciptakan meme terbaik dan menghibur.

Meme sendiri adalah suatu karya lucu dan menarik yang dapat dibagikan berulang-ulang. Meme bersifat menghibur, humoris, menarik perhatian dan biasa relate dengan kehidupan sehari-hari. Meme menyebar begitu cepat melalui media sosial seperti Twitter, Instagram bahkan ruang obrolan grup.


Meme biasa muncul dalam bentuk gambar atau video. Tak cuman menghibur, meme juga kerap dibuat dengan tujuan mengkritik atau menyampaikan gagasan budaya. Kemunculan meme viral biasanya diiringi dengan fenomena atau topik yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Pengertian meme itu disetujui oleh Kara Swanson selaku Marketing Content Specialist.

"Sebagian besar meme gambar adalah foto dengan judul yang dimaksudkan untuk menghibur. Seringkali juga sebagai cara untuk mencemooh perilaku manusia. Meme menyebar secara viral melalui situs media sosial seperti Facebook dan Twitter, di mana orang memperhatikan dan membaginya dengan orang lain," kata Kara.

Lantas, apa langkah yang harus Anda lakukan kala tertarik memiliki meme yang viral dan menghibur? Tak perlu khawatir, WowKeren akan berbagi tips mudah untuk membuat Meme yang simpel tetapi tak meninggalkan kesan menghibur. Yuk, langsung simak dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Cari Topik Yang Sedang Hangat


Cari Topik Yang Sedang Hangat
Pexels/RODNAE Productions

Langkah awal yang harus Anda pikirkan sebelum membuat meme adalah mencari topik yang sedang hangat menjadi perbincangan masyarakat. Gunakan meme yang berkolerasi dengan topik viral agar meme cepat tersebar luas dan menarik perhatian masyarakat.

Perhatikan juga topik dan jenis meme yang tengah viral di media sosial. Dengan begitu, Anda akan mendapat ide atau pandangan terkait meme yang hendak dibuat. Jika ingin mengangkat topik lama, usahakan meme yang dibuat tetap memorable agar mudah dipahami masyarakat.

2. Pilih Aplikasi Meme Yang Mudah Digunakan


Pilih Aplikasi Meme Yang Mudah Digunakan
Pexels/Pixabay

Langkah selanjutnya, pilih aplikasi pembuat meme terbaik yang sesuai dengan selera Anda. Pilih aplikasi yang mudah dan praktis. Pastikan mencari aplikasi yang tak membuat Anda kesulitan kala mengoperasikannya.

Pelajari juga setiap fitur editing yang tersedia di aplikasi yang Anda pilih. Hal itu dilakukan guna memudahkan Anda mengedit meme dengan cepat. Pastikan aplikasi yang dipakai menyediakan fitur yang mendukung selera meme Anda.

3. Pakai Gambar Populer Dan Mudah Dimengerti


Pakai Gambar Populer Dan Mudah Dimengerti
Unsplash/Liao Je Wei

Agar meme tak berakhir absurd dan gagal, pakai gambar yang tengah populer serta mudah dimengerti. Dengan begitu, daya tarik masyarakat dan kecepatan menyebarnya di media sosial akan semakin baik.

Gambar viral dan topik populer juga akan meningkatkan nilai humor meme tersebut. Anda dapat memakai cuplikan adegan populer dari sebuah film, wawancara atau ekspresi sosok terkenal untuk mengungkap reaksi terhadap suatu peristiwa.

4. Beri Sentuhan Humor Yang Meghibur


Beri Sentuhan Humor Yang Meghibur
Pexels/Andrea Piacquadio

Semakin tinggi sentuhan humor, semakin menarik meme tersebut. Pasalnya, sifat meme sendiri guna menghibur hati masyarakat. Penting untuk mengikuti trend yang tengah viral agar Anda mengerti jenis humor yang pasti menghibur banyak orang.

Tak jarang, humor yang dipakai dalam meme bersifat sarkasme. Artinya, meme mengandung pesan yang menyindir seseorang atau fenomena viral. Meme yang menyatu dengan fenomena atau peristiwa viral tentu menambah daya tarik masyarakat.

5. Pastikan Gambar dan Text Selaras


Pastikan Gambar dan Text Selaras
Pexels/George Milton

Usai menentukan topik dan selera humor yang pas, pastikan gambar yang dipakai sesuai dengan text yang tertulis. Seperti contoh, bila topik yang dibahas dalam meme untuk menertawakan suatu kejadian, maka gambar atau ekspresi orang yang dipakai harus selaras.

Karena itu, penting untuk membagikan meme pada waktu yang tepat dengan bahasa yang pas pula. Dengan begitu, meme Anda tak akan gagal dan selera humor yang disuguhkan dapat tersampaikan di hati masyarakat.

6. Susun Gambar Dan Text Dengan Jelas


Susun Gambar Dan Text Dengan Jelas
Unsplash/Markus Spiske

Penting juga untuk memperhatikan susunan letak gambar dan text yang tertulis pada meme. Dengan begitu, pesan yang tersirat dalam meme akan mudah tersampaikan kepada masyarakat.

Hindari terlalu kecil memberi ukuran font pada text atau terlalu besar meletakkan gambar. Bila gambar dan text kurang jelas maka meme Anda akan sia-sia dan gagal menghibur pengguna media sosial.

7. Perhatikan Copyright


Perhatikan Copyright
Unsplash/Markus Winkler

Hal penting namun kerap disepelehkan adalah copyright atau hak cipta. Pastikan gambar yang Anda pakai untuk membuat meme bebas copyright. Jangan sampai meme yang tujuan awalnya untuk menghibur mala memicu kerugian.

Jangan mengunduh atau menggunakan gambar dari situs yang tak bebas dari copyright. Bila perlu, Anda disarankan untuk terlebih dahulu meminta izin kepada creator yang bersangkutan atau memberikan credit hak cipta dalam meme.

8. Hindari Topik Yang Mengandung SARA


Hindari Topik Yang Mengandung SARA
Pexels/Tima Miroshnichenko

Terakhir, pastikan meme yang Anda buat tak mengandung unsur SARA atau topik yang akan mengundang kontroversi. Pasalnya, hal tersebut hanya akan mengundang perpecahan, alih-alih menghibur masyarakat.

Meskipun ingin membuat meme yang relate dengan topik viral, Anda harus bijak dalam bersosial media. Jangan sampai karya yang dibuat malah menjadi bom waktu untuk Anda sendiri.

Nah, itu dia tips mudah yang bisa dibagikan WowKeren untuk membuat meme yang simpel tetapi tetap menghibur. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk sobat WowKeren yang berminat membuat meme ya. See you di next artikel!

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait