Nike Ardilla dan 9 Penyanyi Legend Ini Musiknya Masih Diminati Walau Sudah Tiada
Instagram
Musik

Mendengarkan lagu lawas membuat seseorang bisa bernostalgia. Terlebih, lagu-lagu lawas biasanya dibawakan dengan suara musik yang khas sehingga tidak mudah terlupakan.

WowKeren - Berbicara mengenai musik Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Ada berbagai macam genre musik yang bisa dinikmati. Hal itu tak lepas dari banyaknya talenta penyanyi maupun pencipta lagu yang berbakat. Indonesia banyak memiliki penyanyi dengan suara emas yang membuatnya dicintai oleh penggemar.

Namun soal lagu, tak hanya suara emas penyanyinya saja yang mungkin membuatnya banyak didengar. Pesan yang terkandung dalam lagu melalui barisan liriknya tak jarang membuat lagu-lagu tersebut seakan tak pernah membuat bosan meskipun sudah didengarkan lagi dan lagi. Para pencipta lagu tak jarang menyisipkan cerita-cerita kehidupan sehari-hari masyarakat sehingga lagu yang didengar bisa relate dengan mereka.


Sejak dulu kala, Indonesia sudah banyak memiliki penyanyi maupun penulis lagu yang berbakat. Lagu-lagu mereka pernah populer di zamannya dan banyak diputar di radio-radio. Namun, tak hanya sempat populer di zamannya namun juga masih didengarkan hingga sekarang. Bahkan, meskipun penyanyinya sudah berpulang namun lagu-lagu yang pernah mereka bawakan seakan tak lekang oleh waktu.

Tentu saja, mendengarkan lagu lawas membuat seseorang bisa kembali bernostalgia dengan masa lalu. Terlebih, lagu-lagu lawas biasanya dibawakan dengan suara musik yang khas sehingga tidak mudah terlupakan. Ditambah dengan liriknya yang bisa membuat baper, tak heran jika lagu-lagu lawas masih diminati sampai sekarang. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian melihat penyanyi legendaris Indonesia yang lagunya masih populer tak lekang oleh waktu. Yuk, simak selengkapnya.

(wk/zodi)

1. Nike Ardilla


Nike Ardilla
YouTube/MusicaKlasik

Nama Nike Ardilla baru-baru ini kembali menjadi perbincangan hangat. Hal itu bermula dari sebuah akun TikTok yang mengunggah video yang menampilkan koleksi makeup sang mendiang. Tersimpan rapi di Museum Nike Ardilla, koleksi makeup-nya menjadi perbincangan lantaran berasal dari brand ternama dunia.

Sementara itu, lagu-lagu Nike Ardilla sendiri juga seakan tak lekang oleh waktu. Meski telah meninggal sejak 1995 lalu, namun sosok Nike selalu ada di hati para penggemarnya. Lagu-lagunya banyak diminati bahkan sampai sekarang. Di Spotify, lagunya yang berjudul "Bintang Kehidupan" telah diputar lebih dari 15 juta kali. Sedangkan "Sandiwara Cinta" diputar 11 juta kali.

2. Glenn Fredly


Glenn Fredly
YouTube/SonyMusicEntertainmentInd

Kematian Glenn Fredly pada tahun 2020 lalu sempat mengejutkan dunia musik Tanah Air. Semasa hidupnya, Glenn tak hanya dikenal sebagai penyanyi namun juga penulis lagu, produser, dan aktor. Glenn juga dikenal sebagai seorang musisi yang sangat idealis dalam berkarya.

Glenn dikenal sebagai penyanyi legendaris. Ia meninggal dunia di usia 44 tahun akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Beberapa lagunya yang populer adalah "Akhir Cerita Cinta" dan "Sekali Ini Saja". Lagunya yang berjudul "Januari" bahkan telah diputar lebih dari 61 juta kali di Spotify. Lalu ada juga "Adu Rayu" yang diputar sebanyak 97 juta kali.

3. Mike Mohede


Mike Mohede
YouTube/impactmusikindonesia

Salah satu penyanyi Tanah Air yang memiliki suara emas, Mike Mohede telah berpulang pada 31 Juli 2016 lalu. Ia mengembuskan napas terakhirnya karena serangan jantung. Mike Mohede dikenal kerap membawakan lagu-lagu rohani dengan lirik yang menyentuh. Salah satunya lagu "Tetap Setia" yang sangat populer.

Single tersebut telah didengar lebih dari 2,7 juta kali di YouTube. Lagu lainnya yang juga bikin baper adalah "Semua untuk Cinta". Semasa hidupnya, Mike juga sempat me-recycle judul lagu penyanyi lain seperti "Cinta Kan Membawamu Kembali" karya Ahmad Dhani dan juga "Sahabat jadi Cinta" yang pernah dipopulerkan oleh Zigaz.

4. Alda Risma


Alda Risma
YouTube/GPMusikpedia

Publik sangat dikejutkan dengan kabar kematian penyanyi Alda Risma pada tahun 2006 silam. Terlahir dengan nama Alda Risma Elfariani, penyanyi asal Jawa Barat ini memulai kariernya sebagai model majalah remaja pada tahun 1996. Alda kemudian memulai solo kariernya setelah lulus SMP pada tahun 1998.

Alda menjadi populer setelah debut dengan singlenya yang berjudul "Aku Tak Biasa", di usia yang masih remaja. Lagu ini menjadi hit hingga membuatnya menerima penghargaan Anugerah Musik Indonesia. Lagu itu pun masih banyak diperdengarkan hingga kini. Bahkan, Syahrini juga sempat menyanyikan kembali lagu itu.

5. Iceu Wong


Iceu Wong
YouTube/InsictechMusicland

Semasa hidupnya, Iceu Wong sangat dikenal lewat lagunya yang berjudul "Pacar Lima Langkah". Namun sayang, ia mengembuskan napas terakhirnya pada 22 Juli 2015 lalu setelah berjuang melawan penyakit kanker payudara yang dideritanya. Penyanyi kelahiran Bandung itu diketahui memang sudah lama mengidap kanker payudara dan harus bolak-balik rumah sakit.

Namun meski sudah berpulang lebih dari tujuh tahun yang lalu, lagu fenomenal Iceu Wong tersebut masih ramai diputar. Dari kanal YouTube Insictech Musicland diketahui jika video klip "Pacar Lima Langkah" telah ditonton lebih dari 4,7 juta kali. Dari kolom komentar, boleh dibilang jika banyak netizen yang masih suka dan sering bernostalgia dengan lagu ini.

6. Chrisye


Chrisye
YouTube/MusicaStudios

Tak dipungkiri, Chrisye sebagai salah satu musikus legendaris Tanah Air telah sukses membuat lagu-lagu yang fenomenal. Bahkan, lagu-lagunya itu tak lekang oleh waktu. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya penyanyi yang meng-cover lagunya. Seperti "Anak Sekolah" yang sempat populer di TikTok.

Tak kalah populer, "Lilin Kecil" yang dirilis pada tahun 1977 silam juga masih banyak dinyanyikan. Lagu ini banyak di-cover oleh sejumlah penyanyi di YouTube. Bahkan Yuni Shara juga pernah menyanyikan kembali lagu ini. Termasuk lagu "Kala Cinta Menggoda" yang pernah dinyanyikan kembali oleh NOAH dan telah ditonton lebih dari 50 juta kali di YouTube.

7. Didi Kempot


Didi Kempot
YouTube/DidiKempotOfficialChannel

Kabar kematian penyanyi legendaris Didi Kempot cukup mengejutkan publik pada tahun 2020 silam. Penyanyi bernama asli Didik Prasetyo ini sangat dikenal sebagai pencipta lagu campur sari. Sejumlah lagu yang ia ciptakan adalah yang bertemakan patah hati dan kehilangan. Yang mana, lagu-lagu itu sangat populer dinyanyikan.

Bukan tanpa alasan, Didi Kempot memang sengaja memilih tema itu lantaran pengalaman seperti itu banyak terjadi pada orang-orang. Didi Kempot juga dikenal kerap menyertakan nama-nama tempat dalam lagunya. Seperti "Stasiun Balapan" yang begitu sendu. Begitu juga "Suket Teki" yang juga masih banyak diperdengarkan hingga kini.

8. Benyamin S


Benyamin S
YouTube/BenyaminS-Topic

Semasa hidupnya, Benyamin S tak hanya dikenal sebagai pemeran dan pelawak namun juga seorang penyanyi. Semasa hidupnya, ia telah menghasilkan lebih dari 75 album musik. Di platform Spotify, "Ondel-Ondel" dan "Kompor Meleduk" menjadi dua lagu yang paling banyak diputar dari Benyamin.

Setiap bulannya, tercatat ada lebih dari 22.000 orang yang masih mendengarkan lagu-lagu musikus legendaris yang satu ini. Hasil karyanya semasa hidup telah membuatnya masuk ke dalam daftar The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi Rolling Stone Indonesia.

9. Broery Marantika


Broery Marantika
YouTube/HPRecords

Berbicara mengenai lagu-lagu kenangan, tak lengkap rasanya jika belum memasukkan karya-karya Broery Marantika. Broery merupakan seorang penyanyi sekaligus komponis yang lahir pada tahun 1942. Ia meninggal di usia 57 tahun pada tahun 2000 silam setelah menjalani perawatan karena penyakit stroke yang dideritanya.

Salah satu lagunya yang paling populer adalah "Angin Malam" pada tahun 1962. Namun, lagu itu masih banyak diputar hingga kini. Begitu juga dengan "Mawar Berduri" yang pernah sangat populer di tahun 1964. Tak banyak yang tahu, selain lihai di dunia tarik suara, Broery juga pernah membintangi sejumlah film antara tahun 1971 hingga 1977.

10. Gombloh


Gombloh
YouTube/VMCMusicIndonesia

Gombloh merupakan seorang seniman musik Indonesia yang hidup antara tahun 1948-1988. Sebagai pencipta lagu balada sejati, ia kerap mengangkat gambaran kehidupan sehari-hari rakyat kecil dalam lagunya. Selain itu, ia juga memiliki tema khas dalam karya-karyanya, yakni nasionalisme. Oleh sebab itu, tak heran jika lagunya masih banyak diperdengarkan sampai sekarang.

Seperti lagu yang sangat fenomenal "Kebyar Kebyar" yang masih banyak diputar ketika peringatan acara HUT RI hingga kini. Lirik lagunya dapat membangkitkan rasa nasionalisme bagi pendengarnya. Selain "Kebyar Kebyar", lagu Gombloh yang juga tak kalah populer adalah "Apel" yang telah diputar lebih dari 5 juta kali di YouTube dan juga "Kugadaikan Cintaku".

Nah, itulah tadi sederet lagu dari musikus legendaris Tanah Air yang lagunya tak lekang oleh waktu. Bagaimana, apakah kamu juga merasa bernostalgia mendengarkan lagu-lagu di atas?

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait