Sempat Sebut Kasihan, Kaesang Pangarep Akhirnya Digendong Jokowi di Prosesi Siraman
Twitter/jokowi
Selebriti

Sebelumnya, saat ditanya warganet mengenai prosesi siraman, Kaesang mengatakan kasihan bila Jokowi harus menggendongnya. Namun kini hal tersebut dilakukannya.

WowKeren - Prosesi adat menjelang pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo yakni Kaesang Pangarep telah dimulai pada Jumat (9/12) hari ini. Pada pagi tadi, tampak Jokowi bersama Ibu Iriana dan Kahiyang Ayu serta suaminya, Bobby Nasution yang menjalani prosesi pasang bleketepe di depan kediamannya, Sumber, Solo.

Setelah itu, Jokowi dan Ibu Iriana tiba di lokasi sungkeman. Kaesang pun langsung bersimpuh di hadapan kedua orangtuanya untuk melakukan sungkeman. Prosesi ini dilakukan Kaesang dengan penuh rasa khidmat dan diselimuti rasa haru.

Kemudian, Kaesang bersama kedua orangtuanya berjalan menuju ke kediaman Sumber. Dalam hal ini, Kaesang tampak ditemani kedua kakaknya yakni keluarga Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu.

Photo-INFO

Instagram/@info_kotasolo

Setelah tiba di kediaman, prosesi siraman pun dimulai dengan diawali penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Adapun tujuh sumber mata air itu diketahui berasal dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.


Ketujuh air tersebut kemudian disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman Kaesang. Jokowi dan Iriana selaku orangtua pun memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Kemudian, tampak juga sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu kepada Kaesang, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, dan sejumlah tokoh lainnya yakni Idong Setyo Husodo, Gibran, serta Bobby Nasution.

Setelah prosesi siraman berlangsung, Jokowi selanjutnya memotong rambut Kaesang dan dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya itu. Lalu Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang yang sekaligus mengakhiri prosesi siraman.

Sebelumnya, Kaesang sempat mengatakan kasihan bila Jokowi harus menggendongnya di prosesi siraman. Hal ini disampaikannya kala ada warganet yang bertanya mengenai hal tersebut di Twitter.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru