Feby Febiola Korban Pelecehan Seksual, Alasan Berani Speak-Up Bikin Kagum
Instagram/febyfebiola_
Selebriti

Feby Febiola sempat cerita soal pengalaman dirinya menjadi korban pelecehan seksual dari seorang mahasiswa. Tak malu, Feby justru memotivasi kaum hawa agar berani speak-up seperti dirinya.

WowKeren - Artis cantik Feby Febiola mendadak jadi sorotan publik. Dikenal sebagai sosok yang optimis, Feby ternyata pernah mengalami insiden pelecehan seksual.

"Jadi aku lagi ada acara di mall di Jakarta. Waktu itu mallnya sudah mau tutup, tapi aku mau ke toilet. Itu suasananya sepi banget, karena kan sudah mau tutup," kata Feby di acara "Pagi-Pagi Ambyar". "Kebetulan toiletnya itu atasnya setengah kebuka gitu kan. Nah, waktu itu aku lagi buang air kecil. Habis aku buang air kecil aku feeling kayak ada yang rekam pakai kamera dari atas. Ternyata benar, di ruang sebelah ada orang."

Feby pun bergegas mengejar pelaku yang kabur dari toilet tersebut. Namun meski berusaha kabur, pelaku akhirnya tertangkap dan ponselnya sempat digeledah.

"Dia ke lobi, kejar-kejaran. Sampai di lobi ada sekuriti, langsung ditangkap. 'Ada apa ini?' Saya bilang, 'Pak buka handphone-nya sekarang, buka handphone-nya'," kata Feby. "Ternyata di dalam folder video handphone-nya itu dia banyak memvideokan perempuan-perempuan di toilet umum."

Feby pun sempat mempolisikan sang pelaku yang ternyata masih anak kuliahan. Namun setelah pihak keluarga pelaku datang meminta maaf, Feby akhirnya mencabut laporannya.


"Mesti dibawa ke kantor polisi biar ada efek jera. Kalau nggak, nggak kapok. Korbannya banyak nih. Dia kuliah di universitas swasta di Jakarta, nggak jelek juga universitasnya, bagus. Ibunya datang, bapaknya datang, adik-adiknya datang minta maaf. Terus cerita, 'Anak saya ini nggak bandel, baik, tertutup, kalem," kata Feby. "Pelakunya masih kuliah. Saya juga kaget, ternyata masih muda. Ya, masih banyak kesempatan untuk berubah. Jadi beberapa hari kemudian laporannya saya cabut. Dia sempat menginap di kantor polisi."

Sementara itu, Feby menyadari kalau tak banyak perempuan yang berani speak-up seperti dirinya. Ia pun mengungkap alasan dibalik keberaniannya itu. Feby rupanya ingin memotivasi kaum hawa agar berani bersikap seperti dirinya.

"Kalau trauma nggak, cuma saya lebih hati-hati," kata Feby. "Harus speak-up, kalau gak berani mungkin sebelum ke publik, bisa ke Komnas Wanita. Saya juga punya teman yang semacam mediator, atau mungkin cari pengacara untuk awalnya. Untuk bisa mengadu. Kenapa penting untuk speak-up supaya ini bisa jadi pelajaran untuk semua dan tidak ada kejadian serupa."

Feby juga berbagi tips buat kaum hawa yang mengalami masalah serupa. "Yang pertama kalau sudah menjadi korban jangan takut untuk lapor, jangan takut untuk bicara, jangan takut untuk mengambil sikap karena kita bicara untuk semua perempuan," sarannya.

Tips Feby ini mengundang reaksi kagum dari banyak pihak. "Nah ini namanya perempuan terhormat jelas baru di videokan saja sudah merasa di lecehkan 👍👍," ujar netter. "Keren kak Feby, berani speakup," kata netter.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait