Feby Febiola dan 9 Artis Ini Bagikan Cerita Pilu Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual
Instagram
Selebriti

Pelecehan seksual bisa terjadi pada siapa saja. Namun sayangnya, tak semua korban memiliki keberanian untuk menceritakannya karena masih banyak yang menganggapnya sebagai hal memalukan.

WowKeren - Dalam hidup, seseorang pasti pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Namun, bentuknya bermacam-macam, mulai dari yang tidak seberapa hingga yang paling menyedihkan. Bahkan, tak jarang pula pengalaman buruk itu meninggalkan trauma yang mendalam bagi mereka yang menjadi korban kejadian kurang menyenangkan.

Jika sudah seperti ini, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengatasinya. Salah satu pengalaman buruk yang paling menyedihkan adalah ketika menjadi korban pelecehan seksual. Siapa pun tentu tidak ingin menjadi salah satu darinya. Namun, kejadian ini bisa menimpa siapa saja. Meskipun efeknya mungkin akan berbeda-beda setiap orang dalam menyikapinya, namun kejadian semacam ini tidak bisa dibenarkan.


Bahkan, tak jarang dari para korban sampai harus mengalami trauma mendalam akibat ulah yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sayangnya, tak semua korban mau membuka atau berbicara mengenai pengalaman semacam itu. Hal ini tidak mengherankan lantaran bagi sebagian orang, mengalami kejadian semacam itu adalah aib yang memalukan sehingga mereka memilih untuk bungkam.

Kejadian buruk semacam ini bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan, sederet artis Tanah Air pun tak luput dari kejadian buruk ini. Sebagian dari mereka ada yang mengalami trauma dan membutuhkan waktu untuk bisa sembuh dari trauma itu. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk menyimak cerita pilu para artis yang menjadi korban pelecehan seksual. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Feby Febiola


Feby Febiola
Instagram/febyfebiola_

Baru-baru ini, Feby Febiola membuat heboh dengan pengakuannya. Peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu saat dia berada di pusat perbelanjaan. Kala itu, ia sedang berada di toilet dan suasananya memang sepi karena mal tersebut memang mau tutup.

Kondisi toilet memang terbuka di bagian atas dan Feby pun merasa bahwa ada yang merekamnya dari atas. Dan benar saja, di bilik sebelah ternyata memang ada orang. Pelaku pun tertangkap setelah Feby mengejarnya. Sempat melaporkan kejadian ini ke polisi, Feby pun akhirnya mencabut laporannya setelah keluarga korban meminta maaf.

2. Enzy Storia


Enzy Storia
Instagram/enzystoria

Siapa sangka, pelecehan seksual bisa terjadi saat casting iklan. Seperti yang dialami oleh presenter Enzy Storia. Pengalaman pahit itu terjadi saat dirinya membintangi casting produk body lotion. Waktu itu, ia diminta memakai pakaian terbuka seperti tanktop. Tak merasa curiga, ia pun menurutinya.

Namun ternyata, pihak casting hanya ingin menyalahgunakan foto Enzy. Alih-alih digunakan oleh klien, foto itu hanya digunakan sebagai bahan fantasi. Hal itu diketahui Enzy beberapa tahun kemudian setelah temannya memberitahukan perihal nasib file hasil casting tersebut. "Aku anggap ini jadi part of journey. Pasti aku bukan satu-satunya orang yang hadapi ini," kata Enzy.

3. Hannah Al Rashid


Hannah Al Rashid
Instagram/hannahalrashid

Pelecehan seksual pernah dialami oleh Hannah Al Rasyid. Ia pernah dilecehkan oleh dua orang pria yang mengendarai motor. Itu terjadi saat dia tengah berjalan kaki menuju indekosnya di malam hari. Ia pun berteriak dan berusaha mengejar pelaku. Pelaku pun sempat kembali namun Hannah lebih sigap.

Namun sayang, meskipun berhasil menangkap tangan pelaku namun mereka berhasil kabur. Ia sempat menceritakan hal ini ke orang terdekat namun respons mereka justru membuatnya kecewa, yang seolah-olah justru menyalahkannya. Sempat mengalami trauma berbulan-bulan, Hannah akhirnya membulatkan tekad untuk mengungkap ke publik.

4. Aming


Aming
Instagram/amingisback

Pelecehan seksual rupanya tak hanya dialami oleh wanita namun itu bisa juga terjadi pada kaum Adam. Aming beberapa waktu lalu sempat menceritakan pengalamannya menjadi korban pelecehan seksual. Hal itu dialaminya saat duduk di bangku SD. Dan yang lebih parahnya, pelaku adalah orang terdekatnya.

Orang tersebut mengajaknya tidur dan melakukan sesuatu negatif. Karena masih kecil, ia pun tidak tahu jika hal itu merupakan bentuk pelecehan. Ia juga mengaku takut untuk bercerita kepada orang lain. "Di saat gue mau keluar dari jerat itu gue merasa segala sesuatu yang berharga dalam diri gue itu udah kehisap habis sampai gue merasa tidak punya harga (diri) lagi," kata Aming.

5. Atta Halilintar


Atta Halilintar
Instagram/attahalilintar

Artis pria lain yang juga pernah mengalami pelecehan seksual adalah Atta Halilintar. Hal itu terjadi saat dirinya berada di bangku sekolah dasar. Atta bercerita bahwa dirinya pernah dilecehkan saat berada di atas motor oleh seorang pria. Waktu itu, ia diantar berangkat sekolah dan duduk di depan.

Namun, pengendara motor itu tiba-tiba meraba bagian bawah tubuh Atta. Atta yang masih kecil merasa itu aneh. Bahkan pengalaman itu terjadi dua kali. "Abis itu, aku enggak mau naik motor, aku ada pikiran takut, sama orang yang sama. Dari kejadian itu, aku enggak pernah cerita ke siapa pun," katanya.

6. Widy Vierratale


Widy Vierratale
Instagram/widikidiwdkdw

Widy Vierratale pernah menjadi korban pelecehan seksual saat pulang dari kerja. Malam itu, ia hendak pulang dengan berjalan kaki. Widi tak memiliki kecurigaan apa pun karena dirinya memang sudah akrab dengan kawasan tersebut. "Jalan kaki sebenarnya fine, kita kenal sama tukang warung, restoran, itu fine, cuman gue memang apes aja saat itu," ungkapnya saat mengobrol dengan Deddy Corbuzier dan Cinta Laura.

Sebuah mobil tiba-tiba datang dan menculiknya. Mobil itu berisi sejumlah laki-laki mabuk. Meski tak mengungkap secara detail, ia akhirnya bisa lolos dari mereka setelah menegaskan bahwa dirinya vokalis band Vierratale. Takut kasusnya diperpanjang, para pria itu akhirnya meminta maaf karena sudah berbuat yang tidak-tidak kepadanya.

7. Jessica Iskandar


Jessica Iskandar
Instagram/inijedar

Seperti dijelaskan sebelumnya, pelecehan seksual bisa dialami siapa saja dan di mana saja. Tak terkecuali di tempat umum seperti salon sekalipun. Hal itu seperti yang dialami oleh Jessica Iskandar. Kejadian itu sampai membuat wanita yang akrab disapa Jedar ini trauma untuk pergi ke salon lagi.

Tak tinggal diam, ia pun membawa kasus ini ke jalur hukum. Ia melaporkan pengalaman buruk yang menimpanya itu ke Polda Metro Jaya. Dalam laporannya, Jedar juga menyertakan empat orang saksi. Tak hanya itu, Jedar juga mengingatkan kepada semua wanita untuk lebih waspada dan hati-hati di mana pun mereka berada.

8. Cantika Abigail


Cantika Abigail
Instagram/abigailcantika

Membagikan cerita pengalaman seperti menjadi korban pelecehan seksual memang bukan hal yang mudah. Sebab, hal itu membutuhkan keberanian yang besar. Beberapa waktu lalu, Cantika Abigail sempat bercerita bahwa dia baru saja mengalami pelecehan seksual. Meski peristiwa itu membuatnya kaget, namun ia tetap berencana membagikan cerita itu.

Meski tak membagikan ceritanya secara detail, ia mengingatkan bahwa pelecehan seksual tak hanya dilakukan dalam bentuk fisik namun juga bisa berupa kata-kata. Ia mengisyaratkan bahwa pelakunya adalah rekannya sendiri. "Satu hal penting: PILIH TEMANMU DENGAN BIJAK," tegasnya.

9. Kirana Larasati


Kirana Larasati
Instagram/kiranalarasati

Tak banyak yang memiliki keberanian lebih untuk menyuarakan pelecehan seksual yang dialaminya. Bahkan Kirana Larasati pun mengakui hal itu. "Sebagai penyintas pelecehan seksual, ini mungkin udah selang 25 tahun saya baru berani cerita sekarang," katanya dalam kanal YouTube miliknya.

Kirana ternyata pernah menjadi korban pelecehan seksual saat masih duduk di bangku sekolah SD. "Saya (menjadi korban) sejak usia SD, itu secara fisik maupun mental. Saya sudah pernah mengalami dan itu sangat sulit untuk cerita," lanjutnya. Ia pun mengajak orang yang pernah mengalami kejadian itu untuk tidak berkecil hati dan tidak merasa sendirian.

10. Happy Asmara


Happy Asmara
Instagram/happy_asmara77

Pengalaman kurang menyenangkan berupa pelecehan seksual yang dialami oleh Happy Asmara bahkan membuatnya sampai merasa takut dan tak mau lagi tampil bernyanyi di atas panggung kala itu. Peristiwa itu terjadi saat Happy Asmara tampil dalam sebuah acara peresmian.

"Terus ada satu orang yang resek. Jadi dia itu kayak pegang-pegang," katanya. Meski hal itu membuatnya takut tampil di atas panggung, namun seiring berjalannya waktu ia mulai mengumpulkan keberaniannya agar bisa menyanyi lagi di atas panggung. Kendati demikian, rasa trauma itu masih ada hingga kini.

Nah, demikian tadi sederet artis yang pernah mengalami pelecehan seksual. Untuk mengatasi rasa trauma, dukungan orang-orang sekitar memang sangat penting.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait