Tengah Viral Di Media Sosial, Kenali Apa Itu AI Avatar & Cara Buatnya
Instagram
Tekno

AI Avatar tengah viral di media sosial dan jutaan orang mulai beramai-ramai memamerkan wujud karakter digital versi mereka. Buat kalian yang masih awam, yuk kenali apa itu AI Avatar dan cara membuatnya.

WowKeren - Sebagian masyarakat pasti masih bertanya apa itu AI Avatar? Atau Anda kerap menemui sederet selebriti membagikan karakter digital versi diri mereka ke media sosial? Ya, teknologi tersebut dinamakan AI Avatar.

Seiring semakin canggihnya teknologi, muncul beragam istilah viral seperti blockchain, cryptocurrency dan metaverse. Topik metaverse belakangan sering menjadi perbincangan hangat seiring makin viralnya teknologi AI Avatar.

Pasalnya, AI atau Artificial Intelligence kategorikan sebagai teknologi kecerdasan buatan yang mempengaruhi pengalaman manusia di dunia maya atau juga dikenal sebagai metaverse. Sederhananya, AI Avatar adalah adalah representasi wujud manusia dalam bentuk virtual.

AI Avatar hadir dengan kemampuan yang lebih kuat seperti memori, emosi dan kreativitas. Saking canggihnya, teknologi AI dapat mengubah foto manusia menjadi karakter virtual bergaya manga, pop hingga wujud dongeng.


AI Avatar yang viral di media sosial akhir-akhir ini merupakan kembaran manusia dalam wujud digital. AI Avatar berfungsi sebagai perpanjangan identitas atau entitas manusia di kehidupan nyata.

Teknologi ini sangat membantu memberikan pengalaman dunia virtual yang lebih realistis dan imersif. Di dunia metaverse misalnya, pengguna dan AI Avatar mereka dapat melihat, mendengar, merasakan bahkan berinteraksi dengan elemen dari dunia virtual berkat teknologi XR.

Sementara, AI Foundation sebagai salah satu perusahaan AI terkemuka di dunia mengartikan AI Avatar sebagai "Representasi digital Anda dalam bentuk video atau foto dengan kecerdasan. AI dapat kembali kepada Anda dan berkata, 'Hei Saya melakukan seribu percakapan dengan orang-orang hari ini. Ini adalah kumpulan dari apa yang orang tanyakan, apa yang mereka pikirkan, apa yang ingin mereka ketahui."

Lantas, bagaimana cara membuat AI Avatar seperti yang tengah viral di media sosial belakangan ini? Buat kamu yang masih awam dan penasaran, yuk simak step by step-nya di ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Mengenal Lensa AI


Mengenal Lensa AI
prisma-ai.com

Aplikasi pencipta AI Avatar yang tengah viral belakangan ini adalah Lensa AI. Aplikasi ini merupakan aplikasi foto edit keluaran Prisma Labs. Lensa AI sudah diluncurkan sejak 2018, namun keberadaannya kian viral di sepanjang tahun 2022.

Fitur yang ada dalam Lensa AI dan kerap dipakai untuk membuat AI Avatar dinamakan 'Magic Avatars'. Sayang, fitur ini tak bisa dipakai secara gratis. Anda diharuskan membayar sejumlah biaya yang ditawarkan aplikasi tersebut.

2. Download aplikasi Lensa AI di Play Store atau Appstore


Download aplikasi Lensa AI di Play Store atau Appstore
play.google.com/apps.apple.com

Untuk mendepatkan Lensa AI, Anda bisa mengunduhnya di Play Store bagi pengguna Android dan Appstore untuk penikmat iPhone. Aplikasi ini berwarna hitam dengan lingkaran putih di dalamnya.

Selesaikan proses dowload sampai aplikasi muncul kata "Open" atau "Buka". Pastikan Anda membaca aturan dan ketentuan yang berlaku agar tak bingung kala mengoperasikan aplikasi tersebut.

3. Buka aplikasi Lensa AI & Pilih Fitur 'Magic Avatar'


Buka aplikasi Lensa AI & Pilih Fitur 'Magic Avatar'
play.google.com/prisma-ai.com

Setelah menyelesaikan proses download, buka aplikasi tersebut. Akan muncul notifikasi bertuliskan "Welcome" atau "Selamat Datang". Kemudian, ikuti petunjuk yang diminta sebagai tanda Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Usai mengikuti semua petunjuk, Anda akan disambut dengan fitur bertuliskan "Magic Avatar". Tekan fitur dan tunggu sampai Anda diberi akses untuk memasukkan foto yang akan diubah ke wujud AI Avatar.

4. Klik 'Tambah Foto'


Klik 'Tambah Foto'
play.google.com

Selanjutnya, tekan petunjuk "Tambah Foto" pada aplikasi tersebut. Sebelumnya, Anda akan diberikan arahan mengenai foto yang layak diunggah dan tidak. Ikuti saran foto yang diminta agar tak terjadi kegagalan dalam mengubah foto ke versi AI Avatar.

Aplikasi tersebut juga akan meminta izin Anda untuk mengakses galeri pengguna ponsel. Pengguna pun hanya perlu mengklik "Allow". Dengan begitu, Anda bisa mengekspor foto dari galeri ke aplikasi tersebut.

5. Tentukan 10-20 Foto Yang Ada Di Galeri


Tentukan 10-20 Foto Yang Ada Di Galeri
play.google.com

Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu memilih 10-20 foto. Foto yang dipakai mayoritas adalah foto selfie. Pilihlah foto dengan kualitas yang paling baik agar hasil AI Avatar memuaskan.

Akan lebih baik jika foto yang ingin diubah ke wujud AI Avatar telah dipersiapkan lebih awal. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi bingung dalam memilah foto. Usai memilih foto yang diinginkan, tekan "Import" untuk memproses AI Avatar.

6. Selesaikan Pembayaran


Selesaikan Pembayaran
Pxhere

Setelah proses memilih foto telah dilakukan, Anda akan diarahkan ke laman gender. Jangan sampai salah memilih jenis kalamin agar AI Avatar menghasilkan gambar yang diinginkan.

Selanjutnya akan muncul permintaan pembayaran. Berbagai harga ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Pilih nominal yang Anda inginkan dengan menekan penawaran yang dipilih.

7. Simpan Hasil AI Avatar Ke Galeri


Simpan Hasil AI Avatar Ke Galeri
apps.apple.com

Langkah terakhir, simpan seluruh hasil AI Avatar Anda ke galeri. Pastikan Anda sudah menyimpannya di galeri agar uang yang telah digelontorkan tak terbuang percuma. Teliti semua foto yang telah diunduh sebelum menutup aplikasi.

Foto AI Avatar Anda pun siap untuk dipamerkan melalui media sosial atau grup obrolan. AI Avatar yang dihasilkan aplikasi ini biasanya berwujud pop, manga, anime atau karakter dongeng.

Nah, itu dia cara untuk menciptakan AI Avatar layaknya yang viral di media sosial akhir-akhir ini. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk sobat WowKeren yang tertarik mencoba fitur satu ini ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait