Anti Boros, Ini 7 Tips Hemat Uang Saat Langganan Platform Streaming
Pexels/cottonbro studio
SerbaSerbi

Dalam artikel kali ini, WowKeren akan menghadirkan beberapa tips menghemat biaya langganan platform streaming. Jika penasaran, simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Menonton serial maupun film di platform streaming menjadi salah satu hiburan menarik di tengah penatnya aktivitas harian. Aktivitas satu ini dapat meningkatkan suasana hati, mengatasi stres hingga sebagai sarana pembelajaran dan relaksasi.

Namun, mahalnya tagihan layanan platform streaming terkadang bisa menguras kantong kita. Apalagi jika kita berlangganan lebih dari satu platform untuk menikmati banyak konten berbeda.


Hal ini akan semakin menyesakkan jika biaya langganan platform streaming tiba-tiba naik. Di satu sisi, Anda keberatan dengan harga baru yang lebih mahal. Di sisi lain, Anda juga tidak rela berhenti berlangganan.

Namun jangan khawatir jika Anda mengalami masalah ini, sebab ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang saat berlangganan platform streaming. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini:

(wk/eval)

1. Pilih Platform yang Benar-Benar Anda Inginkan


Pilih Platform yang Benar-Benar Anda Inginkan
Pexels/Vlada Karpovich

Pertama, pilih platform yang benar-benar Anda inginkan dan butuhkan demi menghindari pembengkakan biaya. Anda harus memilihnya dengan cermat sembari mempertimbangkan konten yang ingin dinikmati beserta jadwal rilisnya.

Jika Anda ingin menonton serial yang dirilis setiap pekan, sebaiknya tunggu hingga semua episodenya tayang agar bisa ditonton sekaligus. Selain itu, usahakan untuk tidak berlangganan lebih dari dua platform streaming untuk meminimalisir pengeluaran.

2. Pilih Durasi Paket Sesuai Kebutuhan


Pilih Durasi Paket Sesuai Kebutuhan
Pexels/Karolina Grabowska

Tips kedua adalah memilih durasi paket sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakan layanan platform streaming secara teratur, ada baiknya mengambil paket tahunan yang kerap memberi lebih banyak diskon. Namun, tentu saja Anda harus membayar biaya langganan dalam jumlah besar sekaligus.

Selain itu, Anda bisa mengambil paket bulanan jika jarang menggunakan layanan platform streaming. Keuntungan dari paket bulanan adalah Anda tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar, dan bisa membatalkan langganan dalam waktu singkat jika merasa tidak cocok dengan platform tersebut.

3. Langganan Bareng Teman atau Keluarga


Langganan Bareng Teman atau Keluarga
Pexels/Ketut Subiyanto

Solusi berikutnya untuk menghemat biaya langganan platform streaming adalah menggunakan akun sharing. Dalam hal ini, Anda bisa mengajak orang lain untuk berlangganan bersama agar bisa membagi biayanya.

Namun jangan mengajak sembarang orang untuk daftar akun sharing. Pilih anggota keluarga atau teman dekat yang benar-benar Anda kenal karena hal ini berkaitan dengan masalah privasi seperti informasi pembayaran, nomor kartu kredit hingga password.

4. Manfaatkan Promo yang Tersedia


Manfaatkan Promo yang Tersedia
Pexels/Karolina Grabowska

Anda juga harus memanfaatkan promo yang tersedia jika ingin menghemat biaya langganan platform streaming. Beberapa platform streaming biasanya menawarkan tarif khusus bagi pengguna baru. Oleh sebab itu, Anda bisa langsung membuat akun baru menggunakan email dan nomor telepon yang belum pernah didaftarkan sebelumnya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan promo bundel dengan operator seluler yang bekerjasama dengan platform tertentu. Promo ini biasanya memberikan harga diskon untuk biaya langganan sekaligus paket data.

5. Pilih Paket Langganan dengan Iklan


Pilih Paket Langganan dengan Iklan
Pexels/Joshua Miranda

Meskipun kenikmatan layanan streaming adalah bisa menonton program favorit tanpa gangguan, jika Anda tidak keberatan menonton satu atau dua iklan, Anda bisa menghemat uang dalam jumlah banyak. Jika tak masalah dengan hal itu, Anda bisa memilih paket langganan dengan iklan yang biasanya menawarkan harga lebih murah.

Dalam paket ini, Anda masih dapat menonton sebagian besar konten dengan kualitas HD di satu perangkat, di mana iklan akan ditampilkan sebelum atau selama program diputar. Namun, ada beberapa keterbatasan lain seperti tidak disertakannya konten tertentu karena masalah lisensi dan Anda tidak bisa mengunduh apapun untuk ditonton secara offline.

6. Rotasi Layanan Streaming Anda


Rotasi Layanan Streaming Anda
Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Anda juga bisa menghemat uang dengan merotasi layanan streaming yang Anda gunakan. Keuntungan lainnya adalah untuk mencegah kekeringan konten, sehingga Anda tidak akan bosan saat menonton.

Sebagai contoh, Anda bisa membatalkan langganan sebuah platform lalu mendaftar kembali setelah konten favorit Anda tersedia untuk mengejar ketertinggalan. Anda juga bisa melakukan streaming di pertengahan musim untuk memangkas biaya. Karena itu, sistem ini membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi.

7. Mulai dari Awal


Mulai dari Awal
Pexels/Vlada Karpovich

Jika ingin mengurangi semua layanan streaming tapi tidak yakin harus mulai dari mana, salah satu opsinya adalah membatalkan semua langganan dan mulai dari awal. Dengan membatalkan langganan, Anda dapat menghemat sejumlah uang setiap bulannya.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan aktivitas lain untuk mengisi waktu dan memiliki lebih banyak ruang untuk bernapas. Anda bisa berlangganan lagi jika kondisi finansial sudah lebih stabil dari sebelumnya.

Demikian tujuh tips menghemat uang saat berlangganan platform streaming yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait