Telisik Tradisi Natal Unik Dari Berbagai Negara, Ada Yang Tak Rayakan Di 25 Desember
Rawpixel
SerbaSerbi

Umat nasrani dari berbagai penjuru dunia selalu antusias menyambut Hari Natal. Yuk, cari tahu lebih dalam beberapa perayaan Natal unik dari berbagai negara.

WowKeren - Perayaan Natal yang jatuh setiap 25 Desember tinggal menghitung hari. Pohon Natal dan segala macam bentuk ornamen telah menghiasi sejumlah rumah, gereja dan pusat perbelanjaan hingga jalanan kota. Seluruh umat nasrani baik Kristen maupun Katolik begitu antusias menyambut datangnya Natal.

Di berbagai negara termasuk Indonesia, tradisi Natal identik dengan sosok Sinterklas yang diceritakan membawa hadiah untuk anak-anak. Karena itu, bertukar kado telah menjadi tradisi yang dilakukan sejak lama setiap menjelang Natal.


Mereka yang merayakan Natal akan menghias rumah dengan pohon Natal dan beberapa ornamen Natal lainnya. Ibadah Misa malam di gereja juga telah menjadi rutinitas umat nasrani setiap Natal tiba. Hari raya Natal juga menjadi ajang berkumpul antar keluarga besar.

Sejumlah hidangan lezat dan makanan khas Natal akan diletakkan di atas meja makan untuk disantap bersama keluarga. Itulah beberapa tradisi yang umum dilakukan oleh umat nasrani di dunia.

Namun, beberapa negara ternyata memiliki tradisi yang berbeda dan unik. Bahkan tak semua negara memperingati Natal setiap tanggal 25 Desember, loh. Penasaran apa saja tradisi unik Natal di berbagai negara? Yuk, langsung simak di artikel berikut ini ya.

(wk/Sisi)

1. Ukraina


Ukraina
Pxhere

Bila mayoritas setiap negara di dunia memperingati Natal setiap 25 Desember, Ukraina tak demikian. Alih-alih 25 Desember, penduduk Ukraina biasa merayakan Natal setiap tanggal 7 Januari. Di momen tersebut, rakyat Ukraina akan kompak mengenakan pakaian tradisional dan berjalan berkeliling kota sembari menyanyikan lagu-lagu Natal.

Ukraina merayakan Natal setiap 7 Januari lantaran sebagian besar wilayahnya menganut Kristen Ortodoks dan masih mengikuti kalender Julian. Hal yang sama juga berlaku ketika perayaan Tahun Baru. Bila mayoritas negara merayakan Tahun Baru setiap 31 Desember - 1 Januari, orang Ukraina memperingati Tahun Baru pada tanggal 14 Januari.

2. Finlandia


Finlandia
Pxhere

Finlandia juga memiliki tradisi yang cukup unik setiap Natal. Pasalnya, penduduk nasrani di Finlandia biasa merayakan malam Natal dengan menghabiskan waktu di sauna bersama keluarga. Selain mengeratkan hubungan keluarga, tradisi ini difungsikan untuk membersihkan tubuh menjelang Natal.

Di pagi hari, keluarga di Finlandia juga memiliki rutinitas menyantap bubur yang terbuat dari nasi dan susu dengan kayu manis atau mentega di atasnya. Penduduk Finlandia juga percaya akan cerita bahwa seseorang yang menemukan almond di dalam puding akan mendapat keberuntungan.

3. Islandia


Islandia
Pexels

Natal identik dengan tradisi tukar kado. Hadiah yang dipakai bisanya merujuk pada mainan, peralatan sehari-hari atau kado yang diinginkan orang spesial tersebut. Namun, Finlandia memiliki tradisi berbeda setiap Natal.

Bukan barang mahal atau merek keluaran terbaru, masyarakat di Finlandia memiliki tradisi tukar menukar buku setiap Natal. Tradisi ini masih dipertahankan sampai saat ini. Konon, tradisi ini merupakan cara untuk meningkatkan literasi anak-anak Finlandia.

4. Eropa Timur


Eropa Timur
Pexels

Beberapa negara di Eropa Timur seperti Slovakia, Polandia, Latvia dan Republik Ceko memiliki tradisi unik setiap Natal. Alih-alih daging, penduduk Eropa Timur biasa menghidangkan ikan mas di meja makan mereka setiap Natal tiba. Tradisi itu bermula sejak agam Katolik pada abad ke-13 melarang umatnya menyantap daging kecuali ikan menjelang Natal.

Uniknya, ikan mas yang hendak disantap harus direndam terlebih dahulu selama dua atau tiga hari di dalam bak kamar mandi pemilik rumah. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar bau lumpur ikan mas hilang usai direndam dengan air tawar. Alhasil, banyak orang-orang di negara tersebut memiliki pengalaman unik mandi dengan ikan mas menjelang Natal.

5. China


China
Pxhere

Masyarakat Tiongkok yang beragama nasrani percaya bahwa buah apel adalah bentuk keselamatan dan kedamaian di malam Natal. Keterkaitan apel dengan Natal bermula dari pengucapannya yang terdengar sama dalam bahasa Mandarin. Natal dalam bahasa Mandarin dikatakan ping an ye. Sedang, apel disebut ping guo. Kemiripan inilah yang menyebabkan apel menjadi hadiah populer saat Natal.

Karena itu, saling bertukar apel di hari Natal merupakan tradisi unik yang telah dilakukan rakyat Tiongkok sejak lama. Apel bisanya menjadi hadiah populer rakyat Tiongkok untuk teman, kolega dan orang terkasih selama bulan Natal. Apel biasanya diukir dengan pesan positif dan dibungkus dengan sangat spesial.

6. Mesir


Mesir
Pixabay

Sekitar 10-15% penduduk Mesir beragama Kristen dan sebagian besar dari mereka adalah anggota Gereja Ortodaks Koptik. Meski bersifat minoritas, penduduk Mesir beragama Kristen ini memiliki tradisi unik setiap Natal.

Bila mayoritas orang menyantap coklat dan beraneka menu lezat saat Natal, umat Kristen Ortodaks Koptik di Mesir akan berpuasa dari 25 November hingga 6 Januari. Selama itu, mereka akan makan dengan pola vegan yang disebut Puasa Kelahiran Suci.

7. Australia & Selandia Baru


Australia & Selandia Baru
Pxhere

Umumnya, bulan Natal identik dengan musim dingin. Namun, beda cerita jika Anda merayakannya di Australia atau Selandia Baru. Pasalnya, musim panas selalu jatuh pada bulan Desember di benua satu ini.

Alhasil, jika berkunjung ke Australia saat Natal, Anda akan melihat banyak orang berselancar dan berjemur di pinggir pantai menggunakan atribut Natal. Bahkan Australia pernah membuat rekor dunia dengan ratusan Santa Klaus berselancar di pantai.

8. Jepang


Jepang
Maxpixel.net

Mayoritas penduduk Jepang menganut agama Shinto dan Budha, sedang sisanya atheis alias tak memeluk agama apapun. Sementara, sekitar 1% penduduk Jepang mengangut agama Kristen. Meski hanya 1%, umat nasrani di negara ini memiliki tradisi unik setiap Natal.

Alih-alih berkumpul di rumah untuk menyantap hidangan lezat, keluarga Jepang memiliki kebiasaan unik menyantap ayam goreng beramai-ramai. Mereka akan berkumpul di restoran ayam goreng terdekat seperti KFC dan membeli seember ayam goreng untuk dinikmati bersama.

Nah, itu dia 8 tradisi unik setiap Natal dari berbagai negara. Lantas, apakah sobat WowKeren memiliki tradisi unik sendiri bersama keluarga menjelang Natal? Apapun tradisinya, WowKeren mengucapkan selamat Natal bagi semua yang merayakan ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait