9 Potret Jadul Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Di 'Si Doel' Sebelum Tutup Usia
Selebriti

Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak dalam serial lawas 'Si Doel Anak Sekolahan' meninggal dunia pada Rabu (21/12). Mengenang kepergian sang aktris legendaris, berikut potret masa muda Aminah Cendrakasih.

WowKeren - Kabar duka datang dari dunia perfilman Tanah Air, Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak dalam serial lawas "Si Doel Anak Sekolahan" meninggal dunia pada Rabu (21/12). Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 84 tahun di kediamannya yang terletak di kawasan Jurangmangu, Tangerang Selatan.

Sang aktris senior tutup usia setelah menderita sakit glukoma cukup lama yakni 14 tahun. Kondisi tersebut membuat aktris legendaris itu tak bisa bangun dari tempat tidur. Rencananya, jenazah Aminah akan dikebumikan hari ini, Kamis (22/12) dimakamkan di tempat peristirahatan yang sama dengan sang ibu.

Mengenang sosok Aminah Cendrakasih yang melegenda, diketahui sang artis memulai karier sejak tahun 1950. Ia telah membintangi ratusan judul film. Berikut sederet kenangan masa muda Aminah Cendrakasih:

(wk/rosi)

1. Kenal Dunia Panggung Sejak di Bangku Sekolah


Kenal Dunia Panggung Sejak di Bangku Sekolah
Twitter/potretlawas

Sejak duduk di Sekolah Keterampilan Putri (SKP), Aminah sudah mengenal dunia panggung. Aminah sendiri memulai debut aktingnya di tahun 1950. Ia aktif di pentas sandiwara dimulai tahun 1955 sebagai pemain dan penyanyi. Di tahun yang sama, Aminah berkesempatan tampil di "Oh Ibuku", "Gambang Semarang", dan "Ibu dan Putri".

2. Popularitas Kala Bintangi 'Serampang 12'


Popularitas Kala Bintangi 'Serampang 12'
Twitter/potretlawas

Di tahun 1956, Aminah membintangi film "Serampang 12" yang membuat namanya kian dikenal luas. Sejak 1955 sampai 1989 saja ia sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama.

3. Sempat Hiatus


Sempat Hiatus
Twitter/potretlawas

Nama Aminah pernah menghilang cukup lama di dunia perfilman usai ia membintangi "Habis Gelap Terbitlah Terang" di tahun 1959 dan kemudian menikah. Usai hiatus kurang lebih 11 tahun dari 1959-1970, Aminah Cendrakasih muncul kembali dengan membintangi film dan sandiwara TV.

4. Peran Ikonik Sebagai tari di 'Asmara Dara'


Peran Ikonik Sebagai tari di 'Asmara Dara'
Youtube

Salah satu momen ikonik Aminah kala membintangi film era jadul adalah ketika ia naik trem dalam film "Asmara Dara". Ia bermain sebagai Tari di film yang juga melambungkan namanya ini. Dalam klip yang beredar, Aminah terlihat bersesakan dalam gerbong trem.

5. Darah Seni Yang Mengalir


Darah Seni Yang Mengalir
Instagram

Aminah Cendrakasih mewarisi darah seni dari kedua orangtuanya yang juga merupakan seorang publik figur. Ayahnya adalah Husni Gaib yang merupakan seorang pelawak dan ibunya adalah Wolly Sutinah yang akrab disapa Mak Wok. Ia memulai debut akting di tahun di tahun 1950.

6. Aktif dalam Organisasi


Aktif dalam Organisasi
Instagram/rahasiaparabintang

Di luar kegiatannya di bidang film, Aminah aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Semasa menjadi bagian dari organisasi, Aminah sempat menjabat sebagai Ketua I Divisi Kesenian. Ia juga sempat menjabat sebagai Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema. Aminah menjadi salah satu aktris yang menyemarakkan kehadiran dunia sinetron.

7. Kembali Dikenal Lewat 'Si Doel Anak Sekolahan'


Kembali Dikenal Lewat 'Si Doel Anak Sekolahan'
Instagram

Aminah Cendrakasih memang telah masuk ke dalam daftar artis besar Tanah Air di tahun 1950-an. Akan tetapi namanya kain meroket usai membintangi "Si Doel Anak Sekolahan" yang diproduseri dan dibintangi oleh Rano Karno. Ia bermain sebagai ibunda Rano Karno yang akrab dengan panggilan Mak Nyak bahkan melekat sampai sekarang.

8. Torehan Tinta Emas


Torehan Tinta Emas
Instagram

Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional berkat pengabdiannya yang begitu lama dalam dunia perfilman di tahun 1992. Beberapa penghargaan lainnya yang diraih Aminah adalah Lifetime Achievement Award dari Festival Film Bandung di tahun 2012 dan Indonesian Movie Awards 2013. Di tahun 2019, ia memenangkan Piala Maya kategori Penampilan Singkat nan Berkesan lewat film "Si Doel the Movie".

9. Aktris Legendaris


Aktris Legendaris
Instagram/asianfashionarchive

Aminah Cendrakasih merupakan salah satu aktor legendaris yang karyanya diingat sepanjang masa. Sayang, ketenaran itu tak berlangsung lama. Aminah Cendrakasih hanya dapat terbaring lemah di ranjang usai tertimpa musibah pada 2017 silam. Sementara itu, di tahun 2019, Aminah sempat terlibat dalam penggarapan film "Si Doel the Movie 2". Kini telah berpulang ke pangkuan Tuhan, duka mendalam dirasakan oleh segenap masyarakat Tanah Air.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait