BTS Tak Gabung Proyek NFT HYBE, RM Diduga Beri Pengaruh Besar
Facebook/bangtan.official
Selebriti

Momentica, platform NFT artis HYBE menunjukkan hasil tidak memuaskan. BTS diketahui tidak berpartisipasi, muncul dugaan RM sendiri yang membuat HYBE mengubah kebijakan.

WowKeren - HYBE telah melakukan kerja sama dengan Dunamu, perusahaan teknologi blockchain untuk meluncurkan platform NFT Momentica. Seiring dengan lesunya geliat fans pada transaksi kripto, diduga RM BTS telah memberikan pengaruh besar terkait kebijakan NFT agensi.

Pada Oktober 2022, HYBE memasukkan SEVENTEEN (II), fromis_9, TXT, ENHYPEN dan LE SSERAFIM ke dalam bisnis NFT. Lewat Momentica, penggemar bisa membeli koleksi digital dari mereka. Tiadanya BTS dalam daftar tentunya tidak luput dari perhatian dan menimbulkan berbagai dugaan.

Baru-baru ini, Momentica dilaporkan telah menunjukkan hasil rendah. Pada 23 Januari, ada total 1231 video LE SSERAFIM dirilis yang mencakup 30 konsep berbeda dari album "ANTIFRAGILE". Namun nyatanya hanya terjual 40 hingga 60 video.

Outlet media setempat menyebutkan Momentica hanya menghasilkan penjualan sekitar 8 juta won (sekitar Rp97 juta). Sementara salah satu perhatian utama platform ini adalah kebijakan penggunanya. BTS sebagai kekuatan terbesar HYBE saat ini tidak berpartisipasi rupanya berbanding lurus dengan hasil yang didapat Mometica.


Keikutsertaan BTS bisa jadi langkah mematikan bagi Momentica. Namun menurut laporan media setempat, RM telah maju menyampaikan presentasi pada eksekutif HYBE untuk mengubah kebijakan perusahaan dan menerima respons baik. Diduga karena itulah BTS tidak berpartisipasi pada proyek NFT HYBE.

Sejak wacana HYBE meluncurkan Momentica, ARMY selaku fans BTS adalah yang paling vokal menunjukkan penolakan. Mereka menilai ketika NFT dirilis, karbon dilepaskan dan bisa mencemari lingkungan. Itulah mengapa Levels (gabungan perusahaan HYBE dan Dunamu) secara terpisah menegaskan bahwa blockchain mereka menggunakan sedikit daya dan berusaha mewujudkan emisi rendah karbon.

Dugaan lain muncul karena Momentica bersifat tertutup. Fans biasanya bergabung aplikasi penggemar setelah melihat konten di dalamnya, namun karena Momentica memblokir upaya mengambil konten maka daya tariknya pada fans rendah.

Dalam dunia NFT sendiri, menyalin atau merekam tidak penting. Nilai yang dihasilkan sebagai keslian konten membuat HYBE dan Dunamu mempertimbangkan NFT sebagai aset. Namun dengan hasil demikian, ada kemungkinan bisnis ini akan ditinjau kelanjutannnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru