Kenal Dekat: Ardhito Pramono, Musisi Jazz Bertalenta yang Lagunya Di-Notice Idol K-Pop
Instagram/ardhitopramono
Selebriti

Ardhito Pramono merupakan seorang musisi jazz yang dikenal lewat lagu 'Bitterlove' hingga 'What Do You Feel About Me'. Intip jatuh bangun Ardhito di dunia hiburan lewat ulasan berikut ini!

WowKeren - Ardhito Pramono terkenal sebagai salah satu musisi Tanah Air yang penuh talenta. Selain menjadi penyanyi dan pencipta lagu, Ardhito juga berprofesi sebagai seorang aktor yang pernah membintangi sejumlah film layar lebar.

Lagu-lagu bernuansa jazz yang easy listening menjadi salah satu ciri khas karya Ardhito. Dengan kualitas musik yang mumpuni, lagu-lagu Ardhito berhasil di-notice idol K-Pop mulai dari Cho Seungyoun eks X1 hingga V BTS.


Selain karya dan segudang prestasinya, kehidupan pribadi Ardhito juga kerap mencuri perhatian publik. Pasalnya, Ardhito merupakan salah satu selebriti Tanah Air yang tertutup dan jarang mengekspos kehidupan pribadinya ke media sosialnya.

Ia sempat mengejutkan publik ketika tiba-tiba diketahui sudah menikahi seorang model cantik bernama Jeanneta Sanfadelia. Ardhito dan Jeanne telah dikaruniai seorang putri bernama Asmara yang jarang diekspos ke media sosial.

Meski demikian, Ardhito sempat menuai kontroversi. Ia sempat mendapat kritik dari penggemar K-Pop, dan bahkan pernah harus berurusan dengan polisi. Ingin tahu kasus apa yang menjerat Ardhito? Penasaran dengan kisah cinta Ardhito dan Jeanne? Cari tahu jawabannya lewat ulasan profil dan riwayat hidup Ardhito Pramono berikut ini!

(wk/Bert)

1. Profil Umum


Profil Umum
Instagram/ardhitopramono

Nama Selebriti: Ardhito Pramono

Nama Asli: Ardhito Rifqi Pramono

Tanggal Lahir: 22 Mei 1995

Tempat Lahir: Jakarta

Tinggi Badan: 175 cm

Gender: Pria

Zodiak: Gemini

Kewarganegaraan: Indonesia

Pekerjaan: Penyanyi, Aktor, Pencipta Lagu

Warna Rambut: Hitam

Warna Mata: Hitam

Pekerjaan Ayah: Pemasok mesin pesawat

Pekerjaan Ibu: Terapis

Nama Istri: Jeanneta Sanfadelia

Nama Anak: Asmara

Pendidikan:

  1. JMC Academy, Australia

Terkenal sejak: Mengunggah cover lagu di YouTube (2013)

Akun Media Sosial Resmi:

  1. Instagram: ardhitopramono
  2. Twitter: ardhitoprmn
  3. TikTok: ardhitopramono1
  4. YouTube: Ardhito Pramono Official

2. Diskografi


Diskografi
Instagram/ardhitopramono/Spotify

Mini Album

  1. ”Ardhito Pramono” (2017)
  2. ”Playlist, Vol. 2” (2017)
  3. ”A letter to my 17 year old” (2019)
  4. ”Craziest thing happened in my backyard” (2020)
  5. ”Semar & Pasukan Monyet” (2021)

Studio Album

  1. ”Wijayakusuma” (2022)

Single

  1. ”Fake Optics” (2018)
  2. ”Bitterlove” (2018)
  3. ”New Year’s Eve” (2020)

Soundtrack

  1. ”Bila” – OST “Susah Sinyal” (2017)
  2. ”Fine Today” – OST “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” (2020)
  3. ”Sudah” – OST “Story of Kale” (2020)
  4. ”Teman Perjalanan” – OST “Dear Nathan, Thank You Salma” (2021)

Kolaborasi

  1. ”Waktuku Hampa” bersama Detik Waktu Quartet (2021)
  2. ”Yth: NAIF” bersama Diskoria, Isyana Sarasvati, dan KawaNAIF (2021)
  3. ”Masa Masa” bersama Erwin Gutawa (2021)

3. Filmografi


Filmografi
Instagram/ardhitopramono

Film

  1. "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" sebagai Kale (2020)
  2. "Story of Kale: When Someone's in Love" sebagai Kale (2020)
  3. "Story of Dinda: Second Chance of Happiness" sebagai Kale (2021)
  4. "Dear Nathan: Thank You Salma" sebagai Afkar (2022)

Web Series

  1. Bittersweet” sebagai Dion (2016)
  2. "Cerita Tentang Menyudahi" sebagai Ardhito (2021)

4. Penghargaan


Penghargaan
Instagram/ardhitopramono

Anugerah Musik Indonesia

  1. 2018: Karya Produksi Terbaik-Terbaik (nominasi), Artis Jazz Vokal Terbaik (nominasi)
  2. 2019: Artis Jazz Vokal Terbaik, Artis Solo Pria Pop Terbaik (nominasi), Karya Produksi Folk/Country/Balada Terbaik (nominasi)
  3. 2020: Artis Jazz Kontemporer Terbaik, Karya Produksi Terbaik-Terbaik (nominasi), Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik (nominasi), Produser Rekaman Terbaik (nominasi), Artis Solo Urban Terbaik (nominasi)
  4. 2021: Karya Produksi Terbaik-Terbaik (nominasi), Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik (nominasi), Album Terbaik-Terbaik (nominasi), Album Jazz Terbaik (nominasi), Artis Jazz Kontemporer Terbaik (nominasi)

Indonesian Movie Actors Awards

  1. 2020: Pemeran Pendatang Baru Terfavorit

Piala Citra Festival Film Indonesia

  1. 2020: Pencipta Lagu Tema Terbaik

5. Trivia


Trivia
Instagram/ardhitopramono
  1. Bukan gitar atau piano, alat musik pertama yang dikuasai Ardhito adalah drum
  2. Pertama kali pacaran saat duduk di bangku SD
  3. Saat SD pernah bercita-cita jadi sopir dan juragan bemo karena terinspirasi sinetron
  4. Putuskan homeschooling usai merasa dipermalukan guru di depan kelas saat SMA
  5. Neneknya adalah seorang penyanyi Istana yang suka memberi referensi lagu jazz
  6. Pernah mengamen saat masih kuliah di Australia dan sering membawakan lagu “Bengawan Solo”
  7. Sempat jadi pekerja kantoran sebelum memutuskan untuk menekuni dunia musik
  8. Mengaku ingin masuk “Indonesian Idol” namun tidak pernah kesampaian
  9. Ikut ajang MTV VJ Hunt 2014 dan bertahan sampai posisi 6 besar
  10. Lagu-lagu yang diciptakan kerap terinspirasi dari cerita pribadinya
  11. Pernah diabaikan label musik kala menawarkan lagu ciptaannya
  12. Lagu “Here We Go Again/Fanboi” milik Ardhito sempat masuk dalam playlist favorit V BTS di Spotify
  13. Cho Seungyoun eks X1 sempat membagikan lagu “Bitterlove” dan “What Do You Feel About Me” milik Ardhito ke Instagram-nya
  14. Lagu “What Do You Feel About Me” milik Ardhito sempat trending di salah satu platform musik Korea Selatan, Melon
  15. Pertama kali ekspos wajah putrinya ke Instagram pada 21 Oktober 2022

6. Riwayat Hidup


Riwayat Hidup
Instagram/ardhitopramono

Ardhito Rifqi Pramono atau yang lebih dikenal sebagai Ardhito Pramono lahir di Jakarta pada 22 Mei 1995. Ia berasal dari keluarga kaya dengan ayah yang berprofesi sebagai pemasok mesin pesawat. Menurut Ardhito, ayahnya dulu sering menggunakan private jet alias jet pribadi sebagai alat transportasi. Sedangkan ibunya adalah seorang terapis yang membuka tempat praktik di Jakarta.

Ayah Ardhito disebut sebagai sosok orang yang sangat disiplin. Saking takutnya pada sang ayah, Ardhito kecil biasa bersembunyi kala melihat mobil ayahnya tiba di rumah. Meski begitu, hal tersebut tak menghentikan Ardhito dari mengalami banyak kejadian lucu semasa kecil. Salah satunya adalah ketika ia bermain lumpur dan menyusuri gorong-gorong dekat rumah bersama teman-temannya.

”Pulang-pulang, gue langsung ditanyain sama nyokap, 'Kamu ngapain ke gorong-gorong?' Terus gue jawab, 'Oh, main saja. Gue sampai sekarang saja masih jijik kalau ingat kejadian itu. Waktu itu, pas keluar, tiba-tiba gue muncul di got perkampungan gitu,” tutur Ardhito kepada Kumparan pada 2018 lalu.

Meski Ardhito dibesarkan sebagai anak orang kaya, kondisi keuangan keluarganya sempat mengalami penurunan. Menurut Ardhito, kesuksesan perusahaan milik ayahnya sudah mulai menurun di tahun-tahun menjelang 2010. “Sangat sangat tajir. Bokap gue ada di kemiliteran. Terus habis itu sekarang, menuju tahun 2010-2011 bokap gue udah mulai, perusahaannya udah mulai agak, flop banget. Udah sekarang gue yang menghidupi,” beber Ardhito kala menjadi bintang tamu di konten YouTube Vindes pada 2020 lalu.

Sementara itu, kecintaan Ardhito pada musik juga sudah terbentuk sejak kecil. Ia sempat mengikuti les drum dan belajar memainkan piano secara otodidak. Ardhito juga pernah diajari bermain piano oleh guru les matematikanya. Ia kemudian hendak kuliah di jurusan musik, namun terhalang karena tak bisa membaca not balok. Akhirnya, Ardhito mengambil jurusan film kala bersekolah di JMC Academy di Australia.

Ardhito pun terus menunjukkan kecintaannya pada musik dengan mengunggah sejumlah cover lagu ke YouTube. Ia pertama kali mengunggah cover lagu “She Was Mine” milik AJ Rafael ke YouTube. Selain itu, Ardhito juga mulai menciptakan lagu sendiri dan berhasil memikat pendengar dengan suara merdunya.

Pada tahun 2016, Ardhito merilis sejumlah lagu ciptaannya sendiri seperti “The Sun”, “I Placed My Heart” dan “What Do You Feel About Me”. Lagu-lagu tersebut kemudian dimuat dalam mini album pertamanya yang bertajuk "Ardhito Pramono" pada tahun 2017. Di tahun yang sama, Ardhito juga merilis mini album keduanya yang bertajuk “Playlist, Vol. 2”. Ardhito turut dipercaya untuk membawakan lagu “Bila” yang dijadikan soundtrack film “Susah Sinyal” garapan Ernest Prakasa.

Popularitas Ardhito kemudian meroket usai ia merilis ulang lagu “Bitterlove” pada 2018. Lagu tersebut awalnya dirilis pada 2016 dan juga termuat dalam mini album “Ardhito Pramono”. “Bitterlove” juga menjadi soundtrack web series “Bittersweet” yang turut dibintangi oleh Ardhito pada 2016. Adapun Ardhito merilis ulang lagu tersebut lantaran karena ingin menyempurnakannya secara produksi.

Dengan produksi yang lebih bagus, lagu “Bitterlove” versi 2018 sukses viral dan melambungkan nama Ardhito di dunia hiburan Indonesia. Berkat lagu “Bitterlove”, Ardhito berhasil mendapat nominasi Artis Solo Pria Pop Terbaik dari ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2019 yang bergengsi. Meski belum berhasil memenangkan penghargaan Artis Solo Pria Pop Terbaik, Ardhito sukses membawa pulang piala AMI Awards 2019 untuk kategori Artis Jazz Vokal Terbaik lewat lagunya yang berjudul “Superstar”.

Selain dunia musik, Ardhito juga tekun menggeluti dunia peran. Setelah sempat membintangi web series “Bittersweet” bersama Abel Cantika, Ardhito debut di layar lebar lewat film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” yang rilis pada 2020. Meski sempat kuliah di jurusan film, Ardhito mengaku memerankan tokoh Kale di film tersebut tidaklah mudah.

”Jadi kenapa gue pilih karakter Kale, karena Kale itu adalah gue pada beberapa tahun yang lalu. Saat gue bener-bener mencoba untuk menjadi frontman untuk menjadi penyanyi, ternyata enggak bisa-bisa,” beber Ardhito.

Debut akting Ardhito di layar lebar langsung diganjar penghargaan Pemeran Pendatang Baru Terfavorit dari ajang Indonesian Movie Actors Awards 2020. Ia juga mendapat penghargaan Artis Jazz Kontemporer Terbaik dari AMI Awards 2020 untuk lagu “Fine Today” yang turut menjadi soundtrack “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”.

Masih di tahun 2020, Ardhito kembali memerankan tokoh Kale dalam film “Story of Kale: When Someone's in Love”. Film tersebut merupakan spin-off dari “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” yang fokus pada kisah Kale. Ardhito sebagai Kale juga kembali lewat film “Story of Dinda: Second Chance of Happiness” yang rilis pada 2021.

Kembali fokus pada musik, Ardhito merilis album “Semar & Pasukan Monyet” pada 2021. Dalam album tersebut, Ardhito menyuguhkan lagu anak-anak yang bernuansa jazz. “Melalui EP ini, saya ingin memperkenalkan dan mengingatkan kembali betapa kayanya kita dengan cerita asli Indonesia. Itulah sebabnya saya memilih karakter wayang Semar sebagai tokoh utama project ini,” terang Ardhito.

Di tahun 2022, Ardhito kembali ke dunia akting lewat film “Dear Nathan: Thank You Salma”. Dalam film tersebut, Ardhito berperan sebagai Afkar. Ia juga merilis studio album pertamanya yang bertajuk "Wijayakusuma" pada 13 Juli 2022.

Meski dikenal sebagai penyanyi dengan segudang prestasi, sosok Ardhito tak lepas dari kontroversi. Pada tahun 2020, Ardhito sempat dikritik penggemar K-Pop karena dinilai telah menghina mantan member boygroup X1, Cho Seungyoun alias WOODZ. Kritik itu bermula dari Cho Seungyoun yang membagikan salah satu lagu Ardhito ke media sosial. Merasa berterimakasih, Ardhito pun mengirimkan DM kepada Cho Seungyoun namun tak dibalas. Kala menceritakan hal tersebut di podcast Makna Talks, Ardhito sempat mengeluarkan kata-kata kasar.

"Gue ngerasa ternyata musik gue bisa didengar sama orang luar juga ya. Gue kira cuman satu kali, tetapi dia ternyata post lagi," ucap Ardhito kala itu. "Tapi anj**gnya, si bangke ini, gue terima kasihin, gue DM enggak dibales. Gue bilang, 'Bales cuy!' Enggak dibales juga, bangke!"

Pernyataan Ardhito tersebut sontak dianggap pengemar K-Pop sebagai hinaan terhadap Seungyoun. Banyak dari mereka yang menyayangkan sikap Ardhito saat namanya dikenal fans K-Pop berkat Seungyoun. Mengetahui ucapannya tersebut menyinggung para fans Seungyoun, Ardhito mengungkapkan isi hatinya lewat Twitter. "Yaampun, ada aja masalah gue..." cuit Ardhito di Twitter pada 1 Februari 2020.

Selain itu, Ardhito juga sempat berurusan dengan polisi karena kasus narkoba. Pelantun "Fine Today" tersebut ditangkap polisi pada 12 Januari 2022 karena dugaan kepemilikan dan konsumsi ganja. Ia diamankan polisi di kediamannya dan sudah sempat berstatus sebagai tersangka. Menurut Kombes Endra Zulpan selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya kala itu, Ardhito mengkonsumsi narkoba dengan alasan agar bisa fokus kala bekerja.

Lima hari setelah ditangkap, Ardhito mengajukan permohonan rehabilitasi narkoba. Permohonan tersebut dikabulkan dan Ardhito dipindah dari rutan Polres Jakbar ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta. "Sesuai dengan hasil asesmen, saudara AP direkomendasikan menjalani rehabilitasi selama enam bulan," jelas AKP Taufik Ikhsan selaku Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Barat kala itu.

Pada 9 Juni 2022, Ardhito mengumumkan selesainya masa rehabilitasi yang dijalaninya. Lewat unggahannya di Instagram, Ardhito juga meminta maaf kepada pihak-pihak yang telah dikecewakannya dengan kasus tersebut. "Saya sudah menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta Timur selama 6 bulan sesuai dengan hasil asesmen dari Badan Narkotika Nasional DKI Jakarta. Sekali lagi, saya meminta maaf yang sebesar besarnya jika saya mengecewakan teman teman. Izinkan-lah saya kembali berkarya, kembali berjalan untuk menghibur teman teman semua," tulis Ardhito.

Dari sisi kehidupan pribadi, Ardhito termasuk salah satu selebriti yang cukup ketat menjaga privasinya. Pernikahannya dengan model cantik bernama Jeanneta Sanfadelia bahkan tidak terendus media dan baru terungkap ketika sang istri mengunjungi Ardhito di kantor polisi pada 13 Januari 2022.

Ardhito dan Jeanne dikabarkan sudah menjalin asmara selama lima tahun hingga akhirnya menikah diam-diam. Uniknya, Ardhito sempat mengaku bahwa dirinya pernah berselingkuh dan langgeng menjalin hubungan dengan selingkuhannya. Banyak yang menduga sosok selingkuhan Ardhito tersebut adalah Jeanne yang kini sudah resmi menjadi istri sang musisi.

"Ini gue sama cewek gue yang sekarang selingkuhan, awalnya selingkuhan. Dulu gue pacaran sama orang satu kantor, mungkin lu kenal juga. Terus abis itu gue selingkuhlah sama si cewek gue yang sekarang," beber Ardhito kepada Arief Muhammad pada 2020 lalu.

Dari pernikahannya dengan Jeanne, Ardhito dikaruniai seorang putri bernama Asmara. Ardhito pertama kali mengekspos Asmara ke publik dan mengunggah fotonya ke media sosial pada 21 Oktober 2022. Dalam foto tersebut, Asmara tampak sudah cukup besar dan bahkan bisa berdiri sendiri. "Halo, ini Asmara," tulis Ardhito di unggahannya.

Selain sebagai seorang family man, Ardhito juga diketahui kerap menggunakan platformnya untuk berbuat kebaikan. Ia menjadi salah satu musisi yang berpartisipasi dalam gerakan Konser #dirumahaja saat pandemi COVID-19 melanda. Rangkaian konser yang digelar 25-28 Maret 2020 itu berhasil menggalang dana sebesar Rp 9 miliar untuk membantu penanganan COVID-19.

Tak hanya itu, Ardhito juga mendukung gerakan peduli lingkungan dengan menghindari pemakaian plastik dan sedotan. "Gua udah gak pakai plastik udah lama, gak pake sedotan, gue berusaha jadi smart user kalau soal listrik, gua ikut komunitas," terang Ardhito.

Belakangan, Ardhito sempat jatuh pingsan di atas panggung pada 11 Februari 2023. Ardhito mengaku memiliki gaya hidup yang kurang sehat seperti pola diet tak teratur hingga konsumsi kopi berlebihan di perut kosong. Meski begitu, Ardhito memastikan bahwa kondisinya telah membaik. Ardhito lantas berpesan kepada anak muda untuk selalu menjaga kesehatan agar tak bernasib sama sepertinya.

Hingga kini, Ardhito sendiri masih aktif berkarya di dunia hiburan Indonesia. Setelah merilis studio album pertamanya pada pertengahan 2022, Ardhito pun kerap hadir di berbagai acara musik dan festival. Ingin tahu lebih banyak mengenai Ardhito? Ikuti perkembangan terbaru Ardhito melalui laman profilnya ini!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait