Rio Motret Beber Prosedur Body Checking Sebenarnya di Dunia Kontes Kecantikan
Instagram/riomotret
Selebriti
Dugaan Skandal Ajang Miss Universe Indonesia

Mencuat isu dugaan finalis Miss Universe Indonesia 2023 diduga difoto tanpa busana, Rio Motret ikut beberkan prosedur dari tahapan tersebut yang seharusnya di dunia kontes kecantikan.

WowKeren - Ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 tengah disorot tajam saat ini. Hal tersebut tak lain terjadi usai mencuat isu finalis MUID 2023 diduga difoto tanpa busana saat sesi body checking alias pengecekan tubuh. Alhasil, kini insiden "body checking" pun tengah menjadi topik perbincangan dimana-mana.

Terkait prosedur dari body checking sendiri, fotografer Rio Motret sempat buka suara saat muncul di podcast Deddy Corbuzier bersama salah satu finalis MUID 2023. Saat itu keduanya banyak menanggapi perihal isu dugaan adanya pelecehan terhadap finalis di ajang tersebut.

Salah satunya Rio menjelaskan lagi terkait kronologi insiden body checking. Rio yang tak terlibat mengetahui terkait hal itu dari laporan seseorang. Ia pun gercep mendatangi area body checking dan meminta foto-foto tersebut untuk dihapus.

"Gue turun minta hapus. Tapi CEO nya udah duluan nyamperin, marahin 'Hapus sekarang' gitu. Akhirnya penghapusannya di depan mata mereka," ungkap Rio Motret saat hadir di podcast Deddy Corbuzier yang tayang hari ini, Kamis (10/8).

Mendengar hal itu, Deddy Corbuzier menyoroti sebuah kejanggalan. "Kalau memang CEO-nya mengatakan hapus, harusnya itu tidak dibutuhkan dari awal?" tanya Deddy. "Karena memang tidak ada prosedur foto," jawab Rio Motret.


Saat itu lah Rio lantas membeberkan terkait prosedur body checking sebenarnya di dunia kontes kecantikan. Ia menyebut jika prosedur tersebut hanya berupa tulisan dan bukan difoto.

"Tidak butuh memang, tidak boleh. Itu memang udah ada normanya bahwa orang telanjang itu tidak boleh difoto. Sebenarnya hanya di sketch (gambaran berupa tulis). Lu bawa buku, terus 'Oh ini di sini ada tato' digambar," ungkap Rio. "Ini kan paling kayak ada gambar wanita, terus ditandai-ditandai gitu kan?" tanya Rio. "Iya benar, begitu, itu prosedur yang sebenarnya," jawab Rio.

Bahkan orang terdekat Rio yang berkecimpung di dunia kontes kecantikan pun menyebut jika dugaan difoto saat body checking ini adalah pertama kalinya. "Karena teman-teman kita ada yang punya beauty pageant kan, dia memberikan tips bahwa ini tidak pernah ada dalam sejarah beauty pageant difoto," sambungnya.

Penjelasan serupa disampaikan oleh Rio Motret saat menjadi bintang tamu di sebuah acara televisi. Saat itu ia juga membeberkan prosedur body checking seharusnya yang benar-benar menjaga privasi sang peserta.

"Kalau menurut saya, prosedur body check itu memang ada di dunia pageant. Teman-teman saya kebetulan banyak ada yang memiliki pageant juga atau yayasan-yayasan lain yang memberikan informasi tersebut bahwasanya kalau mau ada body check itu harus di ruangan yang tertutup rapat, dan dicek oleh yang berjenis kelamin sama dan juga kompeten di bidang medis. Lalu tidak boleh ada proses foto-memoto, tidak boleh ada CCTV, dan tidak boleh ada orang lain yang nontonin. That's it. Hanya dicatat bagian-bagian mana sekiranya 'oh ada tato, ada luka, atau mungkin ada koreng' gitu. (Difoto) Tidak boleh," ungkap Rio Motret saat tampil di acara "Pagi Pagi Ambyar" seperti yang juga ditayangkan di YouTube TRANS TV OFFICIAL hari ini, Kamis (10/8).

(wk/sept)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru