Hugh Jackman Profile
Hugh Jackman Profile Photo

Hugh Jackman

Profesi
Aktor
Nama Asli
Hugh Michael Jackman
Tgl Lahir
Oct 12, 1968
Lahir di
Sydney, New South Wales
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Wolverine di "X-Men" (2000)
Tempat Lahir
Sydney, New South Wales
Tinggi Badan
189
Kewarganegaraan
Australia
Ayah
Chris Jackman
Pekerjaan Ayah
Akuntan
Ibu
Grace Watson
Pendidikan
  • Lulus dari Knox Grammar School di Wahroonga, NSW
  • Lulus dari the Sydney University of Technology dengan gelar BA di Communications, program studi Jurnalistik
  • Lulus dari Western Australian Academy of Performing Arts (WAAPA) di Perth tahun 1994
Saudara
Ian Jackman (kakak), Ralph Jackman (kakak), Sonya Jackman (kakak), Zoe Jackman (kakak)
Suami/Istri
Deborra-Lee Furness (sejak 11-Apr-96)
Anak-anak
Oscar Maximillian Jackman (adopsi, lahir 15-Mei-00), Ava Eliot Jackman (adopsi, lahir 10-Jul-05)
Populer Sejak
Berperan sebagai Wolverine di "X-Men" (2000)

Hugh Jackman yang menyandang nama asli Hugh Michael Jackman, lahir 12 October 1968, di Sidney, Australia. Dia adalah anak bungsu dari pasangan Chris Jackman (akuntan) dan Grace Watson. Hugh memiliki empat orang kakak yakni Ian. Ralph, Sonya dan Zoe.

Masa kecil Hugh bisa dikatakan cukup tragis. 18 bulan pertama setelah kelahirannya Hugh malah harus tinggal bersama orang tua baptisnya karena sang ibu, Grace, mengalami sindrom depresi pasca kelahiran. Grace menjadi semakin tertekan karena tidak mendapat perhatian dari Chris. Merasa tak tahan membesarkan lima anak sendirian, Grace memutuskan meninggalkan Chris dan anak-anaknya tepat ketika Hugh berusia 8 tahun. Grace kemudian menikah lagi dan memiliki anak perempuan.

Meski telah ditinggal oleh sang ibu sejak masih kecil, Hugh tumbuh menjadi pemuda yang berperilaku baik dan sangat disiplin. Hal ini berkat didikan Chris yang dianggap Hugh sebagai pria yang tak pernah membicarakan hal buruk dan mengejek orang lain. Hugh merasa bangga karena sang ayah tetap menghargai Grace meski istrinya tersebut telah menikah dengan orang lain.

Bakat akting Hugh terasah ketika dia menempuh pendidikan di sekolah khusus pria, Knox Grammar School. Saat itu, Hugh kerap terlibat dalam beberapa pementasan drama dan juga terpilih menjadi kapten sekolah. Beranjak dewasa, Hugh meneruskan pendidikan di University of Technology, Sydney, dan mengambil gelar sarjana bidang komunikasi. Dia pun mengembangkan bakat aktingnya dengan mengikuti pelatihan satu tahun di Actors' Centre di Sidney.

Usai mengikuti pelatihan akting, Hugh sempat ditawari untuk tampil di opera sabun TV Australia, "Neighbours". Sayangnya, Hugh menolak karena ingin meneruskan kuliah di Western Australian Academy of Performing Arts di Edith Cowan University, Perth. Setelah lulus tahun 1994, Hugh pun siap mengembangkan bakatnya sebagai aktor dan memulai debutnya lewat serial TV Australia "Law of the Land" (episode "Win, Lose and Draw").

Setahun kemudian, Hugh terpilih untuk memerankan karakter utama Kevin Jones di mini seri TV ABC, "Correlli". Berkat kepiawaiannya memerankan tokoh narapidana jahat tersebut, nama Hugh pun mulai dikenal. Tahun 2000, karir Hugh sebagai aktor meningkat pesat ketika dia terpilih membintangi film adaptasi dari komik Marvel berjudul sama, "X-Men". Dalam film arahan sutradara Bryan Singer tersebut, Hugh terpilih untuk menghidupkan karakter mutan superhero bernama Logan / Wolverine. Selain "X-Men", Hugh juga kembali tampil sebagai Wolverine di sekuel film tersebut seperti "X-Men 2", "X-Men: The Last Stand" dan "X-Men Origins: Wolverine". Kepiawaiannya berakting juga dapat disaksikan di beberapa film terkenal diantaranya "Someone Like You" (2001), "Van Helsing", "The Prestige", "Deception" dan "Australia".

Di usianya yang ke-41, Hugh telah menjalani kehidupan yang sukses baik dari sisi pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Saat baru meniti karir sebagai aktor, Hugh bertemu dengan dengan sang kekasih, aktris Australia Deborra-Lee Furnes, ketika mereka terlibat penggarapan mini seri TV "Correlli". Dalam mini seri tersebut, Hugh digambarkan jatuh cinta pada seorang ahli terapis yang diperankan oleh Deborra. Rupanya, kisah asmara di mini seri tersebut berlanjut di kehidupan nyata. Setahun setelah serial tersebut berakhir, Hugh menikah dengan Deborra pada 11 April 1996. Dari pernikahan tersebut mereka memiliki dua anak adopsi yakni Oscar Maximillian (15 Mei 2000) dan Ava Eliot (10 Juli 2005).


Loading...