Sering Kelabakan dan Kehabisan Uang Karena Tagihan? Ikuti 6 Tips Agar Sukses Bayar Hutang
SerbaSerbi

Ingin sukses bayar hutang dan tagihan bulanan? Ikuti 6 tips ala orang yang hidup bebas hutang berikut ini deh.

WowKeren - Kalian mungkin sering kewalahan mengatur uang bulanan. Soalnya banyak tagihan bulanan yang harus dipenuhi, sementara harga kebutuhan pokok semakin meningkat dan ada saja yang perlu ditambah. Nggak jarang juga kita tergiur untuk membeli barang yang sebenarnya nggak penting-penting banget.

Nah, biar kalian nggak kelabakan mengatur keuangan dan kesulitan bayar hutang, ikuti 6 tips ala orang yang hidup bebas hutang berikut ini deh. Dijamin tagihan kredit, listrik, air, telepon dan hutang kalian nggak akan nunggak deh. Penasaran apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Menerapkan Sistem Khusus

Kalau ingin sukses membayar tagihan dan hutang, kalian harus tahu dan belajar tentang rumusnya. Jadi kalian harus tahu ke mana saja arah uang bulanan kalian mengalir agar hutang cepat lunas. Untuk lebih mudahnya, terapkan sistem SMART: atau sistem untuk menetapkan target dengan pintar.

Sistem itu terdiri dari Spesific menentukan tujuan, Measurable atau terukur saat menentukan sesuatu, Attainable atau mudah dicapai, Relevant atau sesuai kebutuhan, dan Time-bound atau terikat waktu. Dengan begini, kalian bisa fokus tentang keuangan kalian.

2. Memperhatikan Detail Pengeluaran

Orang yang bebas dari hutang juga selalu memperhatikan keuangan secara mendetail. Misalnya saja rincian tagihan bulanan, tagihan kartu kredit dan pengeluaran untuk kebutuhan pokok. Mereka juga bisa menentukan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Sehingga kalian nggak akan kelabakan saat membayarnya.

3. Biasakan Hidup di Bawah Penghasilan Sebenarnya

Kalau ingin hidup hemat dan nggak kehabisan uang di akhir bulan, biasakanlah untuk tidak berhutang dengan hidup di bawah penghasilan yang sebenarnya. Atau biasakan mengatur keuangan hanya dengan 75 persen penghasilan saja. Dengan begitu akan ada uang yang masih tersisa di akhir bulan untuk ditabung atau digunakan keperluan lain yang urgent.


4. Berpikir Jangka Panjang

Orang yang terlilit hutang biasanya sering bertindak tanpa berpikir jarak panjang. Jadi sebaiknya kalian nggak menuruti keinginan pribadi sebelum bisa mengatur keuangan secara baik ya. Kalau mau membeli sesuatu, pikirkan matang-matang apakah benda itu benar-benar kalian butuhkan. Kalau nggak butuh-butuh banget, kan uangnya masih bisa dipakai intuk kebutuhan lain.

5. Lebih Menghargai Pengalaman Daripada Keinginan Sesaat

Kamu juga harus mengingat pengalaman sulitmu saat nggak punya uang sebelum membeli barang. Dengan begitu, secara otomatis kalian akan lebih berhati-hati dalam membeli. Nggak perlu lah mengejar kepuasan sesaat untuk memiliki barang mahal kalau sebenarnya tak terlalu bermanfaat.

6. Berani Berkata Tidak Sebelum Mengeluarkan Uang

Kesulitan membayar hutang juga sering dialami oleh orang yang sulit berkata tidak. Misalnya saja ada teman yang mengajak makan di restoran mewah dan kalian langsung menyetujuinya atau teman yang hobi minta ditraktir.

Mulai sekarang nggak perlu sungkan deh, katakan tidak kalau kalian ingin mengatur keuangan lebih baik. Dengan begitu uangmu nggak akan terbuang sia-sia kan. lebih baik untuk membayar tagihan bulanan dan hutang.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk terbebas dari hutang. Daripada hidup dengan gali lubang tutup lubang karena kebiasaan buruk, mending kalian hidup secara cerdas. Dijamin hutang dan tagihan bulanan nggak akan jadi beban lagi deh.

(wk/)

You can share this post!

Related Posts