WowKeren.com Logo
WowKeren Slogan
WK COMMUNITY
Topik Keren
TAGS

Minum Vitamin Tapi Tubuh Malah Makin Lemas? Kamu Mungkin Melakukan Kesalahan Ini

10 Jan 2018 15:43:54 WIB
Mengkonsumsi vitamin juga tak bisa dilakukan asal-asalan agar tak berdampak buruk pada kesehatan.

WowKeren.com - Sebagian orang boleh jadi memilih mengkonsumsi multivitamin di sela hari yang sibuk untuk tetap bisa beraktivitas dalam kondisi prima. Akan tetapi, minum vitamin tak selalu membuatmu lebih fit, tergantung pada beberapa hal.

Banyak dari mereka yang justru merasa sakit dan semakin tak enak badan setelah minum vitamin. Seorang dokter sekaligus ahli gastroenterologi di New York University, Dr. David Poppers menjelaskan, ada beberapa jenis vitamin yang menimbulkan ganggungan perut seperti mual hingga diare.

Kondisi sakit setelah mengkonsumsi vitamin tentu disebabkan karena sejumlah faktor. Berikut beberapa diantaranya seperti WowKeren rangkum berikut ini:

Kamu Mengkonsumsi Vitamin dalam Kondisi Perut Kosong


Jangan sembarangan mengkonsumsi vitamin jika perutmu kosong. Vitamin yang mengandung asam seperti vitamin C atau folat dapat menyebabkan mual jika dikonsumsi saat perut kosong.

"Ada beberapa dampak saat vitamin dikonsumsi dengan camilan atau sedikit makanan," kata Dr. Poppers. Pihaknya menambahkan, ada vitamin yang lebih baik dikonsumsi dengan makanan lain, dan ada yang aman meski dikonsumsi langsung tanpa "pendamping".

Ia juga menyebutkan, jenis vitamin yang bisa larut dalam lemak akan lebih baik bila tidak dikonsumsi bersama makanan. Misalnya saja vitamin A, D, E dan K.

Terlalu Banyak Zat Besi di Pil yang Kamu Konsumsi


Multivitamin yang banyak mengandung zat besi juga dapat menimbulkan rasa mual. Kondisi ini akan kamu alami jika kamu mengkonsumsinya di luar waktu makan. Tapi tunggu dulu, zat besi ini sedikit unit karena ia baik dikonsumsi saat perut kosong, tetapi juga sulit untuk perut kosong karena menyebabkan mual.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Dr. Donald Hensrud. "Kusarankan orang-orang mengkonsumsinya dengan makanan daripada saat perut kosong, lalu menderita dan memutuskan untuk tidak memakannya sama sekali. Mungkin akan mengurangi penyerapan, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali," terangnya.

Kamu Mengkonsumsi Vitamin Bersamaan dengan Obat Lain


Donald Hensrud menyebutkan, sangat penting mempertimbangkan mengkonsumsi vitamin yang satu dengan lainnya. Apalagi jika meminumnya bersamaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin dapat menyebabkan efek samping bila dikonsumsi ketika level esterogen meningkat. Alangkah baiknya jika dalam hal ini kamu berkomunikasi dengan dokter tentang jenis obat-obatan yang akan kamu konsumsi.

Waktu Mengkonsumsinya Tidak Tepat


"Sangat penting untuk berdiskusi dengan ahli mengenai waktu mengkonsumsi vitamin," Dr. Poppers menjelaskan. "Mereka saling melengkapi satu sama lain, dan terkadang juga saling mengganggu penyerapan satu sama lain."

Sebagai contoh, mengkonsumsi zat besi baik bila bersamaan dnegan vitamin C. Sebaliknya, kamu harus menghindari mengkonsumsi zat besi dengan kalsium karena berdampak tidak baik pada tubuh.

Dr. Poppers dan Dr. Hensrud menekankan, sangat penting bagi seseorang untuk mengobrol dengan dokter lebih dulu sebelum memulai rutininas mengkonsumsi vitamin atau suplemen harian. Pasalnya ada sebagian orang yang sesungguhnya tidak membutuhkan tambahan suplemen kecuali jika benar-benar kekurangan.

Dengan melakukan tes darah sederhana oleh dokter, kamu akan mengetahui kekurangan vitamin dan mereka akan merekomendasikan tindakan seperti apa yang harus diambil. "Seperti kebanyakan hal yang berhubungan dengan kesehatan Anda, mengkonsumsi vitamin bisa sangat kompleks," demikian tegas Dr. Poppers. (wk/kr)

Loading...

Berita Unik Menarik terkait :
Inikah Alasan Sebenarnya Kenapa Kamu Harus Aktifkan Mode Pesawat Saat Terbang?
10 Bangsawan Terkaya di Dunia Berikut Dikenal Tajir Melintir, Duitnya Enggak Habis 7 Turunan!
Bawa Bukti Foto, Pria Anonim Ngaku Jadi 'Time Traveller' Datang dari Tahun 6000, Percaya?
Girls, 4 Respon Pujian Ini Bisa Bikin Orang 'Ilfeel' Sama Kamu, Stop Bilang Gini Ya!

BERITA : Seleb | Korea | Film | TV | Musik | Olahraga | Umum | WK on Twitter | WK on Facebook | Mobile Version
Tentang Kami | Kontak | Job Vacancy | Disclaimer | Syarat dan Ketentuan    © 2018 Copyright MEDIA INFO. All Rights Reserved.