Jangan Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Tidur, Bila Ingin Tidur Nyenyak
SerbaSerbi

Tidak usah bingung dan khawatir, simak tujuh larangan sebelum tidur dan solusinya berikut ini.

WowKeren - Mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dambaan semua orang. Akan tetapi, nyatanya hal itu tidak melulu soal jam tidur yang tepat pada waktunya.

Kebanyakan orang melakukan beberapa aktivitas yang diyakini bisa mempercepat tidur mereka. Akan tetapi, siapa yang menyangka kalau aktivitas tersebut malah akan mencegah mereka untuk bisa segera terlelap?


Berikut tujuh perilaku umum yang dapat merusak tidurmu. Jangan khawatir, itu sudah termasuk solusinya. Cek segera!

1. Tidak Usah Minum Obat Tidur

Kalau kamu sulit tidur, seringkali kamu menduga mengalami insomnia. Untuk mengatasinya, kamu mungkin saja sengaja mengonsumsi obat tidur.

Akan tetapi, mengonsumsi obat tidur terlalu sering akan menimbulkan beberapa efek samping. Mulai dari nyeri otot sampai kehilangan ingatan bisa menjadi efek sampingnya.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, coba hindari mengonsumsi obat ini untuk tidur. Kalau tidak, tidurmu mungkin saja akan menjadi lebih buruk.

2. Jangan Bekerja di Atas Tempat Tidur

Aktivitas ini sering sekali dilakukan oleh beberapa pekerja. Mereka suka membawa pekerjaan mereka sembari bersantai di atas tempat tidur.

Hal itu harus mulai kamu hindari mulai sekarang. Bekerja di atas tenpat tidur hanya akan membuatmu terjaga sepanjang malam.

Oleh karena itu, disarankan agar kamu menyelesaikan pekerjaanmu dulu sebelum tidur. Hal tersebut akan membuatmu lebih nyaman dan bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Hindari Minum Alkohol

Meminum alkohol sebelum tidur banyak dipercaya akan mempercepat proses tidur. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut dapat membuatmu lebih sulit untuk tidur.

Penelitian juga menemukan bahwa minum alkohol sebelum tidur dapat menekan kondisi normal dari tidur, yakni Rapid Eye Movement atau biasa disingkat REM. Padahal, kondisi tersebut sangat berpengaruh bagi memori dan konsentrasi.

Jadi, mulai sekarang kamu harus menghindari minum alkohol sebelum tidur. Hal itu akan mencegahmu merasa gelisah yang membuatmu sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Berhenti Minum Kafein Setelah Pukul 5 Sore

Kalau kamu penggemar kafein, kamu harus memerhatikan waktu pengonsumsiannya. Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi 400 miligram kafein bahkan hanya dalam enam jam sebelum tidur, bisa mengganggu kualitas tidurmu.

Terbukti, orang-orang yang tidak mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur mendapatkan waktu tidur satu jam lebih banyak. Oleh karena itu, peneliti menganjurkan untuk membatasi konsumsi kafeinmu paling lambat hanya sampai jam lima sore.

5. Hindari Makanan Berlemak

Secara khusus, makan makanan yang berlemak sebelum tidur akan mengurangi waktu yang dihabiskan pada proses REM. Hal ini terutama terjadi pada wanita.

Jika terpaksa lapar di tengah malam, para ahli merekomendasikan untuk makan biji-bijian yang dipadukan dengan protein. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti selai kacang atau roti gandum.

6. Jangan Olahraga Berat

Kalau kamu punya aktivitas yang padat di siang hari, sepertinya satu-satunya waktu yang tersisa untuk olahraga hanya di malam hari. Akan tetapi, para ahli merekomendasikan untuk menghindari kegiatan tersebut.

Jika kamu melakukan olahraga di malam hari, temperatur tubuhmu akan naik. Akibatnya, kamu akan semakin sulit untuk tertidur.

Daripada melakukan olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga-olahraga sederhana sebelum tidur. Kamu bisa melakukan yoga atau peregangan sederhana untuk membuatmu merasa rileks sebelum tidur.

7. Jangan Main Ponsel Sebelum Tidur

Di zaman sekarang, gadget sudah menjadi teman kita sehari-hari. Nah, kalau ingin cepat tidur, kamu harus segera meninggalkan ponsel dan segala macam peralatan elektronikmu saat akan tidur.

Menatap cahaya biru dan putih yang dipancarkan layar digital bisa mencegah otakmu melepaskan hormon melatonin. Hormon tersebut merupakan hormon yang memungkinkan tubuhmu untuk segera tidur.

Oleh karena itu, bermain ponsel sebelum tidur akan membuatmu semakin sulit untuk segera tertidur. Sebagai gantinya kamu bisa membaca buku sebelum tidur.

You can share this post!

Related Posts