Kalahkan Rekor William-Kate, Pernikahan Harry-Meghan Cetak Rating Tertinggi
Getty Images
Selebriti

Pencapaian ini berhubungan dengan latar belakang Meghan yang sebelumnya merupakan seorang aktris Amerika.

WowKeren - Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry bisa dibilang menjadi salah satu perayaan yang paling dinantikan oleh seluruh masyarakat dunia. Bahkan antusiasme Royal Wedding yang digelar pada 19 Mei tersebut berhasil melampaui rekor pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011 silam.

Berdasarkan data Nielsen, sekitar 29,2 juta warga Amerika Serikat turut menyaksikan tayangan pernikahan kerajaan yang dilangsungkan di kapel St. George, Windsor Castle tersebut. Data tersebut diperoleh dari jumlah pemirsa yang menonton 15 saluran televisi yang menayangkan upacara pernikahan secara langsung, antara pukul 07.00 hingga 08.00 pagi waktu setempat.

Selain penonton televisi, Nielsen juga mencatat bahwa ada sekitar 6,9 juta interaksi di media sosial Twitter dan Facebook mengenai Royal Wedding. Sedangkan pernikahan kakak Harry, Pangeran William dan Kate hanya ditonton 22,8 juta pemirsa di 11 jaringan televisi.

Sebelumnya, sebuah survei yang dilakukan sebelum pernikahan memang menunjukkan bahwa acara tersebut akan mendapat rating utama, bahkan melebihi William dan Kate. Sepertiga dari koresponden survei mengklaim bahwa mereka cenderung menonton karena Meghan adalah orang Amerika.

Meski demikian, pernikahan William dan Kate lebih menarik perhatian warga Inggris. Kala itu, tercatat ada lebih dari 24 juta orang Inggris menonton pernikahan mereka, sementara Harry dan Meghan hanya ditonton 18 juta pemirsa. Namun jika digabung, Harry dan Meghan masih lebih unggul dengan total penonton 47,2 juta di Amerika dan Inggris, sementara William dan Kate mengumpulkan angka 46,8 juta.


Sebelumnya, pada Senin (21/5) lalu, Meghan dan Pangeran Harry sendiri sempat berterima kasih kepada seluruh pihak yang hadir dan mengikuti pernikahan keduanya melalui akun Instagram resmi Istana Kensington. Tak hanya itu, keduanya juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada siapa pun yang telah menyaksikan hari bahagia mereka melalui siaran televisi.

"Duke dan Duchess of Sussex ingin berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang mengambil bagian dalam perayaan pernikahan mereka pada Sabtu," tulis pernyataan Istana Kensington. "Mereka merasa beruntung dapat membagikan hari bahagia mereka dengan semua yang hadir di Windsor dan juga kepada siapa pun yang melihat pernikahan mereka di televisi di seluruh Inggris, negara persemakmuran, dan dunia."

Pernikahan Harry dan Meghan sendiri disaksikan 600 tamu undangan termasuk dari kalangan selebriti. Sementara itu, sekitar 100 ribu orang warga hadir memadati kapel St. George, Windsor Castle.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait