7 Trik Cerdas Hindari Kaki Lecet Saat Harus Pakai High Heels Seharian
Gettyimages
Lifestyle

Jangan sampai lecet di kaki akibat harus menggunakan high heels seharian membuatmu tersiksa, hindari dengan trik cerdas ini.

WowKeren - Bagi beberapa perempuan, memakai high heels atau sepatu hak tinggi sudah menjadi suatu kewajiban. Tidak hanya dipakai dalam acara resmi atau pesta saja, sebagian perempuan mungkin sudah menjadikan sepatu hal tinggi tersebut sebagai bagian di hidupnya.

Sayangnya, seringkali, kesukaan pada sepatu hak tinggi tersebut juga harus dibayar dengan luka. Eits, bukan luka yang serius, tapi tetap saja sakit dong.

Bagi sebagian penyuka high heels, mereka biasanya akan mendapatkan luka lecet di kaki usai memakai sepatu hak tinggi seharian, apalagi yang tidak biasa memakai? Akan tetapi, jangan cepat khawatir dulu karena luka lecet akibat memakai sepatu hak tinggi seharian itu ternyata bisa banget lho kamu hindari, yakni dengan melakukan tips-tips berikut ini.

(wk/silm)

1. Masukkan Sepatu dalam Freezer Sebelum Dipakai


Masukkan Sepatu dalam Freezer Sebelum Dipakai
Gettyimages

Tips pertama untuk menghindarimu terkena luka lecet akibat pemakaian sepatu hal tinggi adalah dengan menaruh sepatumu di dalam lemari pendingin. Tak perlu waktu lama, cukup masukkan sepatu hak tinggumu selama 30 menit saja. Hal itu dilakukan untuk membuat materinya beradaptasi dengan kakimu yang lebih hangat.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba memasukkan kantung plastik yang berisi air ke dalam sepatu lalu memasukkannya ke dalam freezer. Air yang membeku akan membantu meregangkan sepatumu sehingga tidak terlalu erat sehingga menimbulkan luka lecet.

2. Akali dengan Selotip Double-sided


Akali dengan Selotip Double-sided
Gettyimages

Jika ingin menghindari lecet dan rasa tidak nyaman akibat memakai sepatu hak tinggi, cara kedua adalah dengan mengakalinya menggunakan selotip double-sided. Selotip ini memiliki perekat di kedua sisinya.

Caranya adalah dengan menempelkan double-sided tape ini di bawah telapak kakimu. Trik tersebut akan membuat kakimu terus menempel di sepatu sehingga menghindari adanya gesekan yang menimbulkan luka lecet. Selain itu, trik ini juga bisa mencegah lepuh dan nyeri di jari-jari kaki.

3. Gunakan Pelembap atau Bedak Bayi


Gunakan Pelembap atau Bedak Bayi
Gettyimages

Trik ketiga hindari lecet adalah dengan mengaplikasikan pelembap atau bedak bayi di kaki sebelum memakai sepatu hak tinggi. Memakai krim pelembap ke tumit sebelum memakai sepatu bisa menghindarimu dari gesekan, nyeri, dan terutama lecet yang ditimbulkan dari sepatu hak tinggi yang baru dan masih sangat ketat.

Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan trik yang sama dengan menggunakan bedak bayi. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya ke kaki untuk mencegah keringat berlebih dan membuatmu tergelincir. Trik menggunakan bedak bayi ini juga bisa digunakan untuk meminimalisasi lecet dan kemungkinan cedera.

4. Mengoleskan Deodoran di Sepatu


Mengoleskan Deodoran di Sepatu
Gettyimages

Trik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terkena luka lecet selanjutnya adalah dengan memakai deodoran. Caranya adalah dengan mengoleskan deodoran ke daerah sepatu yang sering bergesekan dengan kulit kaki.

Cara lain adalah menggunakan deodoran semprot yang diaplikasikan kepada kakimu. Selain mengurangi risiko luka lecet, itu juga bisa menghindarkan kakimu dari bau sepatu yang tidak sedap.

5. Akali dengan Kaus Kaki


Akali dengan Kaus Kaki
Gettyimages

Cara mudah menghindari luka lecet akibat memakai sepatu hal tinggi seharian yang paling mudah adalah dengan memakai kaus kaki. Sayangnya, ini mungkin bisa merusak fesyenmu.

Akan tetapi, tunggu dulu, kaus kaki ini bisa dimanfaatkan dengan cara lain. Gunakan air panas untuk membasahi kaus kaki berbahan katun milikmu. Setelah itu, gunakan kaus kaki yang sudah dibasahi air panas tersebut dan pakai sepatumu. Hal itu akan membuat ukuran sepatumu yang ketat sedikit melebar dan mungkin bisa membuatmu lebih nyaman.

6. Jangan Lepas-Pakai Sepatumu


Jangan Lepas-Pakai Sepatumu
Gettyimages

Bahkan jika sepatu hak tinggi itu sudah terasa membunuhmu, melepas sebentar kemudian memakainya kembali merupakan ide yang buruk. Kamu mungkin akan merasa lega selama beberapa saat. Akan tetapi, kakimu bisa saja langsung membengkak. Akibatnya, memakai sepatumu kembali akan justru menimbulkan sakit yang lebih parah.

Untuk mengatasinya, kamu mungkin bisa mengakalinya dengan merubah cara berjalanmu. Caranya adalah dengan membuat hak sepatumu menjadi bagian yang menyentuh tanah pertama kali. Dengan cara tersebut, kamu bisa berjalan lebih stabil dan menghindari gesekan yang akan menimbulkan luka lecet di kaki.

7. Waktu yang Tepat Membeli Sepatu


Waktu yang Tepat Membeli Sepatu
Gettyimages

Trik terakhir ini bukan hanya menghindarkamu dari lecet, tapi juga membuatmu merasa nyaman dengan sepatu yang akan kamu kenakan sepanjang hari. Ya, caranya adalah dengan membeli sepatu di waktu petang.

Selepas makan siang atau menjelang sore merupakan waktu yang tepat untuk membeli sepatu. Di saat itu, kaki kita sudah menyesuaikan dengan sepatu yang sudah kita pakai seharian. Untuk itu, ukuran sepatu yang kita pilih di saat itulah merupakan ukuran sepatu yang akan sangat nyaman kita gunakan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait