Selain Pemutih, Ini 9 Tips Ampuh Mengatasi Noda Kelunturan
Lifestyle

Menggunakan pemutih bukan satu-satunya cara untuk membersihkan noda luntur. 9 cara ini juga ampuh mengatasi kelunturan. Mau tahu?

WowKeren - Apakah kalian pernah bermasalah dengan kelunturan? Hal ini merupakan masalah yang cukup menjengkelkan lantaran membuat baju kita memiliki noda atau bahkan berubah warna seluruhnya.

Untuk menghilangkan noda luntur, biasanya pemutih menjadi solusi yang tepat. Namun, beberapa noda bandel tidak bisa hilang hanya dengan pemutih. Tentu saja ibu-ibu memiliki seribu akal untuk urusan ini.

Menggunakan pemutih bukan satu-satunya cara untuk membasmi noda luntur. Rupanya banyak bahan-bahan yang lebih ampuh, lho. Simak di bawah ini ya.

(wk/nris)

1. Vetsin (Micin)


Vetsin (Micin)

Vetsin atau yang dikenal dengan MSG merupakan penyedap rasa yang biasa digunakan untuk masakan. Noda luntur rupanya sisa diatasi dengan vetsin, lho.

Pertama-tama, siapkan air hangat, vetsin dan detergen. Jangan gunakan air panas karena malah akan merusak pakaian. Campurkan ketiga bahan tersebut, penggunaan detergen tidak boleh lebih banyak dari vetsin.

Lalu rendam pakaian yang kelunturan. Pastikan pakaian tersebut terendam secara utuh. Diamkan selama 30 menit kemudian kucek. Setelah selesai kalian bisa mencucinya kembali dengan detergen murni dan bilas.

2. Aseton


Aseton

Ada yang tahu aseton, cairan yang biasanya digunakan untuk menghilangkan kuteks? Jika kalian mempunyai cairan ini di rumah, kalian bisa menggunakannya untuk membersihkan noda luntur.

Caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu menuangkan aseton pada noda yang ingin dihilangkan. Kemudian tunggu selama sekitar 30 menit. Lalu tinggal di kucek dan dicuci seperti biasa.

3. Citrun


Citrun

Salah satu yang dikenal ampuh membersihkan noda luntur adalah citrun atau sitrun. Noda yang sulit teratasi seperti tinta akan mudah hilang dengan larutan ini.

Penggunaannya juga gampang. Cukup mencampurkan citrun ke dalam air atau langsung ke pakaiannya. Rendam selama beberapa menit hingga noda memudar, kemudian kucek dan bilas. Selain itu, kalian bisa menambahkan detergen dan garam pada campuran air citrun tadi.

4. Jeruk Nipis


Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang diketahui sebagai penghilang noda dan bau. Seperti noda kuning gigi, kuku, menghilangkan bau amis pada ikan dan ayam. Dan rupanya, buah yang biasa digunakan untuk makanan ini juga dapat membantu menghilangkan noda luntur pada pakaian.

Kalian cukup memeras air jeruk nipis pada noda. Atau gosokkan potongan jeruk nipis pada noda tersebut. Setelah dikucek sampai bersih, cuci kembali menggunakan detergen.

5. Air Hangat dan Detergen


Air Hangat dan Detergen

Campuran air hangat dan detergen dapat menjadi jawaban untuk masalah kelunturan. Apalagi jika kalian tidak memiliki atau malas membeli bahan-bahan sebelumnya.

Sama seperti sebelumnnya, air yang digunakan disini adalah air hangat bukan air panas. Sediakan air hangat dan campurkan detergen. Kemudian rendam pakaian yang kelunturan beberapa menit. Setelah dingin kucek dan bilas pakaian tersebut.

6. Baking Soda


Baking Soda

Baking soda adalah bahan makanan selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda luntur. Memang manfaat baking soda sendiri cukup beragam, tak hanya pengembang kue, tetapi juga untuk perawatan kecantikan, menghilangkan noda di gigi juga piring.

Cara menggunakan baking soda masih hampir sama dengan beberapa bahan lain. Cukup mencampurkan baking soda dengan detergen. Kemudian oleskan pada noda luntur dan rendam dalam air hangat. Lalu kucek dan bilas hingga bersih.

7. Asam Cuka


Asam Cuka

Penggunaan asam cuka tak hanya untuk makanan tetapi juga mengatasi masalah kelunturan. Kalian cukup menyiapkan detergen, asam cuka dan air untuk mencuci.

Tuangkan asam cuka pada pakaian kemudian kucek sedikit. Lalu rendam pakaian tersebut di air yang telah diberi detergen. Setelah noda hilang, bilah pakaian hingga bersih.

8. Alkohol


Alkohol

Alkohol dapat digunakan untuk noda yang berasal dari tinta. Caranya mudah banget. Kalian tinggal menyiapkan alkohol, detergen dan air biasa.

Tuangkan alkohol pada noda hingga memudar. Sebelum cairan mengering, celupkan pakaian dan kucek dalam air yang telah dicampurkan detergen.

9. Belimbing Wuluh


Belimbing Wuluh

Bukan hanya jeruk nipis, asam di belimbing wuluh juga ampuh mengatasi noda luntur. Detergen juga masih dibutuhkan dalam tips satu ini.

Potong belimbing wuluh menjadi dua, lalu gosokkan ke noda luntur. Diamkan selama sekitar 30 menit lalu cuci menggunakan detergen dan bilas hingga bersih. Mudah, kan? Selamat mencoba!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru